North Dakota Meluncurkan Program Dompet Digital Blockchain untuk Siswa, Seperti Apa?

author:

North Dakota Meluncurkan Program Dompet Digital Blockchain untuk Siswa, Seperti Apa?

Baru-baru ini, North Dakota telah meluncurkan program revolusioner yang memungkinkan semua lulusan sekolah menengah untuk menyimpan kredensial mereka, transkrip, diploma, dan lainnya, dalam dompet digital yang didukung oleh blockchain.

Tujuan utama dari Penggunaan Open Credential Publisher di negara bagian ini adalah untuk memberikan otoritas kepada siswa atas dokumen penting mereka saat melamar pekerjaan, seperti yang dijelaskan oleh Tracy Korsmo, salah satu arsitek utama program ini.

Dompet Digital: Kendali Penuh atas Kredensial Pengguna

Jika siswa memilih untuk menggunakan dompet digital ini, mereka akan dapat memberikan kredensial yang diverifikasi kepada siapa pun yang memintanya – mungkin sebuah perguruan tinggi atau calon pemberi kerja – dengan bantuan blockchain yang diberi izin.

Baca juga: Semakin Berkembang, Synthetix dan Uniswap Membangun DEX Baru!

Blockchain yang digunakan oleh Departemen Teknologi Informasi North Dakota (NDIT) awalnya dikembangkan oleh Evernym di Seattle dan dioperasikan sebagai jaringan Sovrin. Perusahaan perangkat lunak Avast mengakuisisi Evernym pada Desember 2021 dan akan menutup blockchain tersebut, jadi NDIT harus mencari rantai baru pada musim gugur, kata Korsmo kepada Blockworks.

“Cara kerjanya dalam blockchain yang berdaulat sendiri adalah bahwa orang tersebut tidak ada di blockchain. Data mereka juga tidak ada di blockchain,”

Institusi atau sekolah yang memiliki izin untuk menerbitkan kredensial atas nama siswa akan menjadi satu-satunya entitas yang ada di blockchain.

Penerapan Dompet Digital: Dari Pendidikan hingga Pekerjaan

dompet digital blockchain
Sumber: GovTech

Dalam skenario di mana mantan siswa K-12 atau perguruan tinggi sedang duduk untuk wawancara kerja, pemberi kerja dalam wawancara tersebut dapat memiliki aplikasi yang menghasilkan kode QR. Melalui kode QR tersebut, siswa akan dapat mengirimkan kredensial pilihan mereka dalam pertukaran peer-to-peer yang secara otomatis memvalidasi mereka.

Saat ini, kata Korsmo, siswa North Dakota dapat mengirimkan tautan undangan melalui email ke pemberi kerja yang akan membawa mereka ke dompet blockchain sehingga mereka dapat memverifikasi dan mengunduh kredensial yang dibagikan kepada mereka.

Hal ini menghilangkan langkah yang merepotkan dari pemberi kerja harus menelepon kantor depan sekolah tinggi untuk mendapatkan dan memverifikasi dokumen, kata Korsmo.

Baca juga: Bank Federal Reserve San Francisco Tawarkan Gaji Rp2 Miliar untuk Proyek CBDC, Kamu Minat?

Visi Masa Depan: Lebih dari Sekadar Transkrip dan Diploma

Meski begitu, Korsmo membayangkan dunia di mana diploma dan transkrip bukanlah satu-satunya kredensial yang akan orang simpan di dompet digital mereka.

“Kami sudah mulai membawanya ke dalam kredensial yang diakui. Salah satunya adalah praktik kerja yang siap karir dan pengalaman belajar berbasis kerja. Kredensial itu sebenarnya adalah penghargaan pembelajaran sebelumnya untuk jam kredit di community college,” kata Korsmo.

Pada dasarnya, community college yang berpartisipasi, yang mencakup Lake Region State College dan Bismarck State College, akan dapat menerima kredensial digital ini dan memberikan kesetaraan kursus. Korsmo mengatakan dia sedang bekerja untuk membuat proses pemberian penghargaan ini otomatis.

Sementara itu, NDIT juga bekerja sama dengan community college untuk mulai memberikan gelar cybersecurity dalam bentuk kredensial digital. Ada juga upaya untuk mendapatkan kredensial serupa untuk EMT, ungkap Korsmo.

Pada akhirnya, filosofi ini tidak terbatas hanya di North Dakota, tetapi merupakan bagian dari konsorsium delapan negara bagian melalui National Governors Association yang mencoba untuk memajukan resume digital yang aman yang dapat diverifikasi dan memberikan penekanan lebih besar pada keterampilan orang sehingga mereka dapat dicocokkan dengan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka.

Dengan perkembangan ini, North Dakota nampaknya membuka jalan bagi revolusi pendidikan di era digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: