Revolusi dari OMA3: Sistem Portal Antar-Dunia Metaverse yang Dapat Beroperasi Bersama!

author:

Revolusi dari OMA3: Sistem Portal Antar-Dunia Metaverse yang Dapat Beroperasi Bersama!

Open Metaverse Alliance untuk Web3 (OMA3), sebuah organisasi berbasis di Zug, Swiss, baru-baru ini mengumumkan proyek untuk membangun standar yang memungkinkan pengguna untuk bepergian melalui Metaverse.

OMA3, yang merupakan konsorsium dari perusahaan Metaverse teratas di Web3, mengumumkan proyek Inter-World Portaling System (IWPS) atau Sistem Portal Antar-Dunia dan merilis makalah posisi IWPS untuk memulai proyek tersebut.

Sistem Portal Antar-Dunia (IWPS)

sistem antar dunia metaverse oma3
Play to Earn

Misi OMA3 adalah membangun standar dan infrastruktur untuk memungkinkan Metaverse yang dimiliki dan dikendalikan oleh pengguna. IWPS akan memungkinkan pengguna untuk berjalan melalui portal antar-dunia untuk bepergian dengan lancar di antara platform metaverse seperti Alien Worlds, My Neighbor Alice, Sandbox, Space, Superworld, dan Upland.

Baca juga: Meski Dunia Maya Lesu, Investasi Metaverse Capai Rp10 Triliun di 2023!

Revolusi industri sebagian besar didorong oleh kemajuan dalam teknologi transportasi. Jaringan konektivitas fisik seperti kereta api, jalan raya, dan bandara berfungsi sebagai saluran penting, menghubungkan pusat komersial yang berbeda dan memfasilitasi aliran bebas barang, layanan, dan orang. Jaringan ini meningkatkan produktivitas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Lebih lajut, pengenalan standar HTTP dalam dunia digital merupakan momen penting dalam evolusi internet. HTTP bertindak sebagai penerjemah universal, memungkinkan sistem yang beragam untuk berkomunikasi dan berinteraksi, dan mengarah pada ledakan informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Potensi IWPS sebagai Teknologi Transformasi

OMA3 menyatakan bahwa IWPS memiliki potensi untuk menjadi pengembangan penting berikutnya dalam barisan teknologi transformatif. Sama seperti kereta api dan jalan raya menghubungkan ruang fisik, dan HTTP menghubungkan repositori digital, IWPS berjanji untuk menjembatani lingkungan Metaverse yang berbeda.

IWPS menyediakan sarana “transportasi” dalam dunia digital, memungkinkan pengguna untuk bergerak dengan lancar antara platform Metaverse yang berbeda, sehingga meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan. Pengembangan dan standarisasi IWPS berdiri sebagai batas terdepan dalam evolusi Metaverse, dengan potensi untuk membuka tingkat baru konektivitas, perdagangan, dan pengalaman bersama dalam dunia digital.

sistem portal oma3
Aktor porting OMA3

OMA3 telah merilis makalah posisi yang merinci pentingnya IWPS serta kasus penggunaan dan kerangka kerja pengembangan. Makalah ini dapat ditemukan di repositori Github OMA3.

Partisipasi Komunitas dalam Pengembangan IWPS

Usaha ini paling baik dicapai dengan keterlibatan seluruh komunitas Web3 Metaverse. OMA3 menerima komentar di Github. Organisasi yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan standar harus bergabung dengan OMA3.

Baca juga: Menang Tender, Kakao Healthcare Bakal Kembangkan Platform Kesehatan Metaverse!

Membangun standar untuk Metaverse adalah langkah penting dalam memastikan bahwa teknologi ini dapat digunakan dan diakses oleh sebanyak mungkin orang. Dengan standar ini, pengguna dapat bergerak dengan lancar antara platform metaverse yang berbeda, membuka potensi baru untuk konektivitas, perdagangan, dan pengalaman bersama.

Dengan pengembangan IWPS, masa depan Metaverse terlihat lebih cerah. Teknologi ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital dan membuka potensi baru untuk konektivitas, perdagangan, dan pengalaman bersama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: