Bitcoin Bergoyang di $72.000 Setelah Data CPI AS Februari Dirilis!

Bitcoin Bergoyang di $72.000 Setelah Data CPI AS Februari Dirilis!

Pasar mata uang kripto bergejolak setelah Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk bulan Februari. Bitcoin sempat naik turun beberapa ratus dolar setelah angka CPI yang dirilis ternyata sedikit lebih tinggi dari perkiraan. Meskipun demikian, tren keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat inflasi mulai menurun. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Data CPI AS Februari: Lebih Tinggi dari Perkiraan

CPI inti untuk bulan Februari naik sebesar 3,9%, sedikit lebih tinggi dari angka yang diantisipasi. Angka sebenarnya sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan, tetapi tren keseluruhannya adalah bahwa tingkat inflasi mulai menurun. Ekspektasi umum untuk CPI inti memperkirakan peningkatan 0,3% dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada kenyataannya, angkanya sedikit dilebih-lebihkan karena perbedaannya hanya 0,1% (3,7% terhadap 3,8%). Kenaikan bulan sebelumnya untuk metrik yang mengecualikan sektor yang lebih fluktuatif seperti makanan dan energi adalah 3,9%. Total CPI untuk bulan Februari 2024 dibandingkan dengan Februari tahun lalu berada di 3,2% – sedikit lebih tinggi dari 3,1% yang diantisipasi.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik di Maret 2024

Reaksi Pasar Kripto: Bitcoin Stabil, Altcoin Tertekan

Pengumuman CPI AS sekitar setahun yang lalu membawa peningkatan volatilitas ke pasar kripto. Namun, itu tidak terjadi selama beberapa bulan terakhir. Trennya tetap sama untuk saat ini, dengan BTC turun 0,5% sebelum pulih dari semua kerugian dan kembali ke $72.000. Ingatlah bahwa mata uang kripto utama mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa kemarin di bawah $73.000.o

Meskipun inflasi tetap tinggi, Bitcoin telah reli 70% year-to-date ke rekor tertinggi baru di atas $70.000 berkat permintaan besar-besaran dari ETF spot. Perubahan hawkish pada prospek kebijakan moneter sejauh ini tidak menjadi halangan bagi Bitcoin.

Kesimpulan

Data CPI AS yang lebih tinggi dari perkiraan telah menyebabkan sedikit gejolak di pasar kripto, tetapi Bitcoin berhasil bertahan stabil di sekitar $72.000. Altcoin lainnya mengalami tekanan jual, tetapi secara keseluruhan pasar kripto masih dalam tren bullish.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi