Serius Soal Transparansi, Cake DeFi Rilis Proof of Reserves Berbasis Merkle Tree!

Serius Soal Transparansi, Cake DeFi Rilis Proof of Reserves Berbasis Merkle Tree!

Perusahaan layanan keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang berbasis di Singapura, Cake DeFi, telah mengumumkan perilisan proof-of-reserve menggunakan metode Merkle tree yang diaudit secara kriptografis.

Simak informasi selengkapnya mengenai apa itu proof-of-reserve, Markle tree, dan apa rencana dibalik peluncuruan proof-of-reserve Cake DeFi seperti dilansir dari laman Cointelegraph berikut ini.

Apa Rencana Cake DeFi Atas Peluncuran Proof-of-reserves Berbasis Merkle Tree?

Apa Rencana Cake DeFi Atas Peluncuran Proof-of-reserves Berbasis Merkle Tree?
Cake DeFi Blog

Dalam mewujudkan semangat transparansi, Cake DeFi mencoba memungkinkan para penggunanya untuk melihat bagaimana Cake DeFi mendapatkan keuntungannya dengan menggunakan data on-chain real-time tentang dana pelanggan.

Baca Juga: Dampak The Merge Bagi Investor

Perilisan proof-of reserves berbasis Merkle tree di ekosistem Cake DeFi ini diharapkan dapat mempromosikan transparansi dan menjadi salah satu indikator bahwa perusahaan berada dalam posisi keuangan yang baik.

Sering disalahartikan, proof-of-reserve sangat berbeda dari proof-of-work dan proof-of-stake. Salah satu contoh aplikasi metode proof-of-stake adalah perlisan The Merge atau yang dikenal juga sebagai Ethereum 2.0.

Apa itu Proof-of-Reserve dan Merkle Tree?

Apa itu Proof-of-Reserve dan Merkle Tree?
Cake DeFi Blog

Dikembangkan oleh Ralph Merkle pada tahun 1979, metode Merkle tree adalah cara untuk membuktikan bahwa suatu bagian data tertentu termasuk dalam satu set data, tanpa mengungkapkan seluruh set data.

Di bawah metode proof-of-reserves, Merkle tree digunakan untuk membuktikan bahwa cryptocurrency exchange memiliki cadangan yang diklaimnya, tanpa mengungkapkan jumlah pasti dari setiap cryptocurrency yang dimilikinya. Hal ini dilakukan guna melindungi privasi platform dan penggunanya.

Baca Juga: Ethereum Shanghai Upgrade Maret 2023: Ethereum to the Moon?

Menurut perusahaan layanan DeFi, pengguna saat ini dapat memverifikasi aset mereka, serta kewajiban perusahaan, dalam fitur yang baru diluncurkan yang memberikan akses publik ke proof-of-reserve Merkle tree, yang tersedia di situs webnya.

Alat ini dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna melakukan audit mandiri atas dana mereka sendiri di bawah struktur data Merkle tree.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: