Eks Kepala Teknologi Coinbase: Kontrol Bank Sentral Atas Uang Bukanlah Demokrasi!

Eks Kepala Teknologi Coinbase: Kontrol Bank Sentral Atas Uang Bukanlah Demokrasi!

Jika bank sentral mengendalikan semua penggunaan uang, ini bukanlah demokrasi, demikian keyakinan mantan kepala teknologi Coinbase, Balaji Srinivasan.

Pengusaha ini mengomentari pernyataan oleh kepala Bank of International Settlements (BIS) selama pertemuan IMF yang membahas tentang pembayaran lintas batas.

Subjudul: Balaji Srinivasan Mengungkapkan Kekhawatirannya Atas Kontrol Sentralisasi Uang Melalui CBDC

Balaji Srinivasan, mantan Chief Technology Officer di Coinbase, mengungkapkan kekhawatirannya tentang mata uang digital bank sentral (CBDC) yang memungkinkan otoritas moneter mengendalikan uang. Pada 11 Juli 2023, Srinivasan menulis di Twitter:

“Ketika kepala BIS mengatakan ‘bank sentral akan memiliki kontrol absolut’ atas semua penggunaan uang, itu bukan demokrasi.”

Baca Juga: Pertama Kalinya, Bank Thailand Beri Izin Layanan Bank Virtual Untuk Aktif di Tahun 2025!

Investor Amerika ini merujuk pada pernyataan yang dibuat oleh Manajer Umum Bank of International Settlements (BIS) Agustín Carstens dalam sebuah video conference yang diselenggarakan oleh International Monetary Fund (IMF) pada tahun 2020.

Kontrol Absolut Bank Sentral Atas Uang Melalui CBDC

cbdc dan kennedy
Sumber: Chain Debrief

Para pembuat kebijakan yang berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, membahas perubahan masa depan dalam pembayaran lintas batas dengan datangnya teknologi baru dan munculnya mata uang digital.

Selama pertemuan virtual tersebut, Carstens menekankan bahwa, tidak seperti uang tunai, dengan CBDC bank sentral akan memiliki “kontrol absolut atas aturan dan peraturan yang akan menentukan penggunaan ekspresi kewajiban bank sentral” serta “teknologi untuk menegakkannya.”

“Ini adalah saat Keynesianisme akhirnya menjatuhkan topeng dan menjadi komunisme yang jelas: kontrol sentralisasi total atas semua sumber daya oleh birokrat yang tidak dipilih,” elaborasi Srinivasan.

Baca Juga: Bank-bank di Jerman Mulai Menerima Crypto di Tengah Kabar Resesi

Komentarnya memicu diskusi Twitter yang hidup tentang topik ini:

Tweet Balaji Srinivasan bertepatan dengan rilis survei BIS tentang CBDC dan aset crypto. Lembaga tersebut, yang memfasilitasi kerjasama antara otoritas moneter di seluruh dunia, menemukan bahwa pada tahun 2022, 93% dari 86 bank sentral yang disurvei terlibat dalam pekerjaan terkait CBDC dan lebih dari setengah dari mereka sudah melakukan uji coba dan pilot.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: