Reading Time: 9 minutes

 

Syarat dan Ketentuan

Terakhir diperbaharui : 01/07/2020

Syarat dan ketentuan umum (selanjutnya disebut “SKU”) PT Pintu Kemana Saja (“PINTU”) merupakan syarat dan ketentuan mengenai penggunaan layanan, produk, teknologi, fitur layanan yang disediakan oleh PINTU termasuk dan tidak terbatas pada penggunaan aplikasi, semua situs web, Application Programming Interface (API), dan layanan terkait (secara kolektif disebut “Layanan PINTU”).

 

Sebelum menggunakan Layanan PINTU, disarankan agar Anda membaca dengan seksama seluruh isi SKU ini serta dokumen lain yang disebutkan di dalamnya. Dengan mendaftar sebagai pengguna, maka Anda menyatakan bahwa Anda telah MEMBACA, MENGERTI, MEMAHAMI, MENGAMATI, MENYETUJUI dan MENERIMA semua syarat dan ketentuan yang terkandung dalam SKU ini yang menjadi efektif dan mengikat secara hukum.

 

PINTU dapat mengunggah perubahan / mengganti SKU pada halaman ini secara berkala. Versi revisi akan berlaku pada tanggal efektif publikasi. Anda bertanggung jawab untuk meninjau SKU ini dari waktu ke waktu. Apabila Anda tidak setuju dengan perubahan / penggantian SKU ini maka Anda harus segera berhenti menggunakan Layanan PINTU. PINTU tidak bertanggung jawab atas kerugian terkait kegagalan Anda dalam peninjauan dan persetujuan terhadap perubahan dan / atau penggantian SKU ini.

 

Definisi

  • Situs Web merupakan layanan, situs, konten, atau layanan lain yang disediakan oleh PINTU. Situs web ini merujuk pada https://www.pintu.co.id yang dikelola oleh PINTU, namun tidak terbatas pada pemilik, investor, karyawan dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan PINTU.

  • Aplikasi merupakan perangkat lunak yang menyediakan layanan, konten, atau fitur lain yang disediakan oleh PINTU. Aplikasi ini merujuk pada aplikasi PINTU yang dikelola oleh PINTU, namun tidak terbatas pada pemilik, investor, karyawan dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan PINTU.

  • Aset Kripto merupakan komoditas digital dengan teknologi blockchain dan diperdagangkan pada aplikasi PINTU.

  • Blockchain merupakan sistem pencatatan transaksi atau database yang tersebar luas di jaringan peer-to-peer online.

  • PIN merupakan nomor identifikasi pribadi untuk mengotentikasi kembali pengguna aplikasi PINTU dan / atau untuk mengkonfirmasi aktivitas yang dilakukan oleh pengguna di dalam aplikasi PINTU.

  • OTP (One-Time Password) merupakan kata sandi yang dapat digunakan satu kali saja untuk memverifikasi pengguna aplikasi PINTU dan / atau untuk mengkonfirmasi aktivitas yang dilakukan oleh pengguna di dalam aplikasi PINTU

  • Pengguna merupakan individu berusia 17 tahun keatas yang melakukan pendaftaran di aplikasi PINTU dan terverifikasi.

  • Kata Sandi merupakan enkripsi yang dapat melindungi akun PINTU dengan kombinasi alfanumerik yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol

  • Deposit atau Top-up merupakan proses penyetoran Rupiah oleh pengguna PINTU untuk menambah nilai Rupiah di akun pengguna.

  • Withdraw atau Tarik merupakan proses penarikan Rupiah yang dilakukan pengguna PINTU untuk menarik Rupiah dari akun Pintu ke bank pribadi yang telah terverifikasi.

  • Miner fee adalah biaya yang perlu dibayar pengguna ketika mengirimkan aset kripto  ke blockchain.

 

Pengungkapan Risiko

Perdagangan Aset Kripto merupakan aktivitas berisiko karena harga dapat berubah-ubah secara signifikan dari waktu ke waktu. PINTU tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi nilai tukar aset kripto, resiko kerugian akibat membeli, menjual, memegang, berinvestasi, dan memperdagangkan aset kripto apapun. Risiko – risiko ini adalah murni tanggung jawab pengguna. Oleh karena itu, pengguna diharapkan untuk berhati-hati dan mengukur kondisi keuangan serta memastikan bahwa pengguna siap untuk menghadapi resiko sebelum mengambil keputusan. Segala keputusan mengenai perdagangan aset kripto merupakan keputusan independen pengguna secara sadar dan tidak ada paksaan apapun. 

 

Proses Pendaftaran

Pengguna PINTU harus berusia lebih dari 17 tahun. PINTU membagi pengguna menjadi dua, yaitu pengguna terdaftar dan pengguna terverifikasi. Hal yang membedakan jenis pengguna tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna terdaftar hanya mendaftarkan email, kata sandi dan nomor handphone.

  2. Pengguna terverifikasi harus mendaftarkan nama lengkap, nomor KTP/ SIM/ Paspor, foto KTP/ SIM/ Paspor, foto selfie beserta KTP / SIM / Paspor. Pengguna terverifikasi dapat mengakses semua fitur PINTU yaitu:

  • Beli dan jual Bitcoin dan aset kripto lainnya yang didukung PINTU

  • Deposit dan tarik Rupiah

  • Kirim dan terima Rupiah, Bitcoin, dan aset kripto lainnya yang didukung PINTU.

 

Jaminan

Sehubungan dengan syarat dan ketentuan pendaftaran, calon anggota menyatakan dan menjamin bahwa hal-hal yang berkaitan dengan data / dokumen / informasi / pernyataan pribadi yang diberikan ketika proses pendaftaran pada aplikasi PINTU adalah benar, asli, lengkap dan aktual. Pengguna setuju untuk melakukan pembaharuan data / dokumen / informasi / pernyataan pribadi apabila terdapat perubahan terhadap informasi yang telah diberikan. Semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran baik berupa penyerahan data  / dokumen / informasi / pernyataan pribadi akan dikumpulkan PINTU dan PINTU berhak untuk melakukan verifikasi, menjaga kerahasiaan dan menggunakannya untuk kepentingan PINTU sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa ada kewajiban bagi PINTU untuk memberitahukan, meminta persetujuan, memberikan kompensasi untuk alasan apapun. PINTU akan mengelola dan melaksanakan pengawasan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh PINTU. Pengguna terdaftar / pengguna terverifikasi menyetujui dan memberi wewenang kepada PINTU untuk menggunakan data / dokumen / informasi/ pernyataan yang diperoleh oleh PINTU.

 

Identifikasi Pengguna

PINTU melakukan identifikasi agar akun yang didaftarkan yang dikelola oleh PINTU sesuai dengan pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi. Penggunaan akun pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi merupakan tanggung jawab dari pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi yang tercatat dalam database PINTU. Pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi harus memasukkan email dan kata sandi yang sudah diverifikasi oleh PINTU pada saat pendaftaran. Aplikasi PINTU memiliki sistem yang dapat menolak untuk pemberian layanan apabila email atau kata sandi yang diberikan tidak benar. 

 

Pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi bertanggung jawab atas penggunaan kata sandi dan akun pada aplikasi pintu serta bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, akses masuk ke email, dan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi di PINTU. Apabila terjadi penggunaan akun tanpa izin dan atau terjadi pelanggaran lainnya maka pengguna terdaftar dan / atau pengguna terverifikasi dapat mengirimkan email ke [email protected] disertai dengan bukti pendukung.

 

PINTU berkomitmen untuk menjaga keamanan dana pengguna pada aplikasi PINTU dengan standar yang berlaku di Industri aset kripto.  Meskipun demikian, semua tindakan yang dilakukan oleh masing-masing pengguna memiliki potensi resiko dan pengguna setuju untuk melindungi kredensial (seperti user email dan password) sebagai informasi rahasia, dan bertanggung jawab agar informasi tersebut tidak jatuh ke pihak manapun selain PINTU dan pengguna. Pengguna setuju untuk mengambil semua langkah keamanan yang diperlukan demi menjaga kerahasiaan informasi akun PINTU. 

 

PINTU tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dikarenakan penyalahgunaan akun dan/ atau kata sandi baik dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna terdaftar dan/ atau terverifikasi. Pengguna terdaftar dan/ atau terverifikasi menyetujui untuk menggunakan layanan PINTU bukan untuk tindak pidana dalam bentuk apapun termasuk tetapi tidak terbatas pada kegiatan pencucian uang, kegiatan teroris, kegiatan peretasan, perjudian dan pembelian barang ilegal. Apabila pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi melanggar peraturan ini maka PINTU akan memberhentikan layanan dan pengguna terdaftar / terverifikasi harus bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh PINTU, pengguna lain, atau pihak lain yang terkait. PINTU berhak untuk menutup akun dan membekukan dana, aset kripto, dan transaksi di dalamnya jika menemukan aktivitas mencurigakan hingga waktu yang tidak ditentukan.

 

Keamanan Informasi Pribadi

Kerahasiaan data / dokumen / informasi/ pernyataan pribadi anda adalah hal yang terpenting bagi PINTU. PINTU akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data / dokumen / informasi/ pernyataan pribadi anda dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. 

 

Perubahan / Pembaharuan Data Pengguna

Pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi hanya dapat melakukan perubahan dan pembaharuan data dengan cara mengirimkan email permohonan perubahan data pengguna ke [email protected], kecuali jika pilihan perubahan data memang sudah tersedia melalui formulir dalam situs / aplikasi PINTU. PINTU akan melakukan verifikasi data dan konfirmasi kepada pengguna melalui data yang sudah diberikan sebelumnya untuk menghindari adanya tindak pidana penipuan. Pengguna juga dapat melakukan perubahan nama hanya dengan alasan yang diizinkan oleh PINTU, yaitu kesalahan dalam mengeja nama.

 

Perubahan Kata Sandi dan PIN

Pengguna dapat melakukan pengaturan ulang kata sandi dengan cara meminta untuk mendapatkan tautan pada email terdaftar agar dapat memasukkan kata sandi baru. Pengguna dapat melakukan pengaturan ulang PIN dengan memasukkan PIN lama yang disertai dengan memasukkan PIN baru pada aplikasi. Kami tidak dapat mengubah maupun mengatur ulang secara manual kata sandi maupun PIN pengguna demi keamanan seluruh pengguna kami.

 

Biaya Transaksi dan Harga Aset

Biaya administrasi untuk deposit tidak dibebankan kepada pengguna. Biaya administrasi untuk withdraw serta biaya transfer bank bila diperlukan yang dibayarkan melalui potongan langsung dari transaksi withdraw. Pengiriman aset kripto ke sesama dompet PINTU sebesar Rp. 0,- (GRATIS). Biaya pengiriman aset kripto keluar dompet PINTU akan dibebankan berdasarkan miner fee yang digunakan serta kurs bila ada pengkonversian nilai pada saat itu. Pintu berhak untuk mengubah biaya administrasi atau transaksi sewaktu-waktu tanpa adanya pembaruan terbaru pada halaman ini. Pengguna paham bahwa terdapat kemungkinan perbedaan harga antara harga beli dan jual pada satu waktu. PINTU tidak menjamin pengguna dapat melakukan transaksi jual beli pada suatu kurs dan harga yang ada semata-mata bergantung pada pasar terbuka. PINTU tidak menjamin pengguna dapat melakukan transaksi jual beli pada setiap waktu ataupun harga tertentu. Pengguna dimohon untuk memeriksa aplikasi PINTU secara langsung untuk mengetahui biaya administrasi atau transaksi terbaru.

 

Transaksi Aset Kripto di Atas Jaringan Blockchain

Pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi memahami dan menyetujui bahwa setiap transaksi termasuk pengiriman aset kripto dari PINTU ke jaringan blockchain yang dilakukan bersifat final, tidak dapat dibatalkan. PINTU tidak bertanggung jawab atas segala kerugian termasuk tetapi tidak terbatas pada kerugian yang timbul akibat keterlambatan atau kelalaian seperti kesalahan alamat pengiriman dalam proses transaksi. 

 

Pengguna terdaftar / terverifikasi paham dan setuju bahwa ketika pengguna atau pihak ketiga mengirimkan aset kripto dari dompet kripto eksternal ke PINTU, pihak yang melakukan inisiasi transaksi bertanggung jawab sepenuhnya untuk melakukan eksekusi secara benar, termasuk di dalamnya melakukan konfigurasi miner fee yang cukup agar transaksi sukses dan memastikan bahwa alamat tujuan di PINTU adalah benar dan akurat. Kurangnya miner fee dapat menyebabkan transaksi yang dilakukan tertunda diluar kontrol PINTU dan kurang akuratnya alamat tujuan dapat berakibat pada hilangnya aset kripto pengguna. PINTU tidak bertanggung jawab atas tertundanya atau hilangnya aset kripto pengguna yang diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian yang terjadi. 

 

Setelah transaksi dikirimkan ke jaringan blockchain, transaksi aset kripto dari dompet kripto eksternal menuju PINTU melalui blockchain akan tertunda selama beberapa saat hingga ada konfirmasi yang cukup dari jaringan blockchain tersebut. Aset kripto yang tertunda dapat disebabkan oleh kurangnya konfirmasi dari suatu jaringan blockchain belum akan diperhitungkan sebagai saldo pengguna di PINTU. Oleh karena itu pengguna belum dapat melakukan transaksi apapun terhadap aset kripto tersebut hingga memiliki konfirmasi yang cukup dari jaringan blockchain

 

Pemantauan, Penangguhan dan Penghentian Akun Pintu

PINTU memiliki wewenang untuk memantau aktivitas akun dan transaksi dari pengguna terdaftar dan / atau terverifikasi sebagai tindakan pencegahan terhadap kejahatan finansial. Pengguna secara sadar memberi izin kepada PINTU untuk melakukan penyelidikan, baik secara langsung maupun melalui pihak ketiga yang berwenang, jika berdasarkan pertimbangan PINTU dirasa perlu demi melakukan verifikasi terhadap identitas, transaksi dan aktivitas pengguna dengan tujuan untuk menjaga keamanan pengguna dan / atau PINTU terhadap penipuan atau bentuk aktivitas kriminal lainnya. Ketika PINTU menjalankan penyelidikan, pengguna paham dan setuju bahwa pihak berwenang pemerintah atau ahli profesional seperti auditor ataupun pengacara dapat mengakses data pribadi pengguna. Aktivitas ini murni merupakan bagian dari verifikasi identitas pengguna dan tidak mengakibatkan kerugian bagi pengguna.

 

Pintu memiliki hak untuk segera menangguhkan akun pengguna dan akun – akun lainnya yang mungkin terkait dengan aktivitas mencurigakan pengguna, menunda dan / atau menolak transaksi, dan membekukan aset kripto pada akun – akun tersebut untuk tindak investigasi lebih lanjut. Pada kasus dimana PINTU dapat mengkonfirmasi adanya tindak pelanggaran, PINTU memiliki hak penuh untuk menghentikan akun pengguna

 

Aktivitas mencurigakan dapat didefinisikan sebagai aktivitas apa pun yang diyakini telah melanggar SKU PINTU atau hukum dan regulasi yang berlaku, termasuk dan tidak terbatas kepada manipulasi pasar dan harga, penipuan, dan tindak kriminal yang akan dan / atau sudah dilakukan. PINTU mematuhi penuh Hukum tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Hukum Pencucian Uang, dan Hukum Pendanaan Terorisme yang berlaku. Dengan demikian, PINTU harus memastikan penegakan hukum yang tepat untuk aktivitas mencurigakan apa pun.

 

Sisa Dana, Aset Kripto, dan Informasi Setelah Penghentian Akun PINTU

 

Apabila akun PINTU pengguna dihentikan karena adanya indikasi penipuan, pelanggaran SKU, dan pelanggaran hukum, seluruh dana pada akun pengguna dapat ditinjau terlebih dahulu dan dapat dibayarkan langsung ke PINTU jika terdapat kemungkinan kerugian dan kewajiban akibat kesalahan pengguna tersebut. Setelah pembayaran semua tagihan ke PINTU (jika berlaku), pengguna PINTU memiliki waktu 7 (tujuh) hari kerja untuk menarik semua dana dan / atau aset kripto dari akun PINTU.

 

Di sisi lain, PINTU dapat memegang hak penuh atas informasi, dana, dan aset kripto pada akun pengguna PINTU yang mungkin diserahkan kepada pihak berwenang untuk penyelidikan lebih lanjut terkait dengan penipuan, pelanggaran SKU, dan pelanggaran hukum.

 

Indemnifikasi

Dengan menggunakan layanan PINTU, pengguna setuju untuk mengganti rugi dan membebaskan PINTU, direktur, karyawan, dan afiliasinya (secara kolektif disebut sebagai Pihak PINTU) dari setiap tuntutan hukum, klaim, tindakan, proses, penyelidikan, permintaan, biaya atau pengeluaran, termasuk tanpa batasan denda atau penalti dan biaya pengacara, yang timbul dari atau berkaitan dengan:

1. Penyalahgunaan atau pelanggaran pengguna sehubungan dengan layanan PINTU

2. Penipuan pengguna, pelanggaran PINTU SKU, dan / atau pelanggaran hukum

3. Kegagalan pengguna untuk mengamankan informasi akun PINTU dan kredensial keamanannya

4. Sumber dana atau aset kripto pengguna yang disimpan dan dikelola pengguna dalam layanan PINTU

 

PINTU, dengan segenap pengetahuan dan kemampuannya, akan selalu memastikan bahwa ada tindakan pencegahan yang kuat untuk menangkal kesalahan dan pelanggaran dalam layanan PINTU. Namun, jika terjadi penyalahgunaan dan pelanggaran, PINTU SKU ini akan berlaku lebih kuat dan Para Pihak PINTU akan diberi ganti rugi dan dibebaskan.

 

Keadaan Kahar

Keadaan kahar adalah setiap peristiwa atau kejadian yang berada di luar kekuasaan / kemampuan, tidak dapat dihindari dan terjadi bukan karena kesalahan/kelalaian, termasuk tetapi tidak terbatas pada peristiwa bencana alam seperti gempa bumi, banjir, badai, angin topan, banjir, tanah longsor, letusan gunung berapi, bencana alam lainnya, perang, demonstrasi, kerusuhan, terorisme, sabotase, embargo, pemogokan massal, pandemik dan aturan pemerintah dan perundang-undangan khususnya di bidang ekonomi dan moneter yang dapat mengganggu keberlangsungan usaha PINTU.

 

PINTU akan melaksanakan segala kewajiban sesuai hukum dan peraturan pemerintah Indonesia terkait keadaan kahar dan tidak dapat memberikan kompensasi dan / atau pertanggung jawaban dalam bentuk apapun baik kepada anggota terdaftar / terverifikasi maupun pihak lain manapun atas resiko yang mungkin timbul akibat keadaan kahar.

 

Pemberitahuan

PINTU menyediakan layanan komunikasi dalam format elektronik yang dianggap sebagai format tertulis, Pengguna terdaftar / terverifikasi menyetujui semua syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, perjanjian, pemberitahuan dan pengungkapan. Pengguna terdaftar / terverifikasi setuju untuk menerima pemberitahuan melalui email mengenai akun, transaksi, promosi, dsb.

 

Lain-lain

SKU ini disusun dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, kedua versi akan mengikat Anda dan PINTU. Dalam hal terdapat ketidaksesuaian antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris, versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.

 

SKU ini diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan layanan kami akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.