Syarat dan Ketentuan Pintu Web3 Wallet

Reading Time: 13 minutes

Syarat dan Ketentuan Pintu Web3 Wallet

Terakhir diperbaharui: 19 maret 2024

Selamat datang di Fitur Web3 Pintu! Fitur Web3 dibuat dan dioperasikan oleh Pintu Ltd., sebuah perusahaan anggota Pintu Group yang didirikan secara sah berdasarkan hukum Seychelles (Pintu Ltd. dan, jika relevan dan berlaku, afiliasinya akan disebut sebagai “Pintu” / “kami”).

Syarat dan Ketentuan ini (“S&K Web3”) merupakan perjanjian antara Anda, sebagai pengguna Fitur Web3 (“Anda” atau “Pengguna”) dan Pintu sehubungan dengan fitur dompet Web3 (Web3 wallet) sebagaimana tersedia di Platform Pintu (“Fitur Web3” atau juga dapat disebut dalam publikasi lainnya sebagai “Pintu Web 3 Wallet” / “Pintu Web 3”)). Semua istilah yang diawali dengan huruf kapital yang tidak didefinisikan secara lain di dalam S&K Web3 ini akan memiliki arti yang sama dengan yang diberikan untuk istilah-istilah tersebut dalam Syarat dan Ketentuan serta kebijakan sebagaimana diuraikan dalam paragraf di bawah ini. 

Dengan mengakses, menggunakan, atau mengklik Fitur Web3, Anda mengonfirmasi dan menyetujui bahwa terlepas dari lokasi dan/atau kewarganegaraan Anda, Anda telah membaca, memahami, dan setuju untuk terikat oleh (i) Syarat dan Ketentuan Platform Pintu, (ii) Kebijakan Privasi Platform Pintu, dan kebijakan Pintu lainnya yang berlaku, serta (iii) S&K Web3 ini beserta perubahan dan penambahannya di masa mendatang sebagaimana dipublikasikan dari waktu ke waktu di pintu.co.id/pages/syarat-dan-ketentuan-pintu-web3-wallet, melalui Platform Pintu, dan/atau media lain yang ditetapkan oleh Pintu, dan penggunaan berkelanjutan oleh Anda atas Fitur Web3 setelah perubahan tersebut, merupakan persetujuan dan penerimaan Anda terhadap S&K Web3 yang diperbarui. 

Jika Anda tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, kebijakan yang disebutkan di atas, dan/atau S&K Web3 ini, Anda tidak boleh mengakses atau menggunakan atau dengan cara apa pun harus berhenti mengakses atau menggunakan Fitur Web3 Pintu.

A. Ketersediaan Fitur Web3

  1. Anda memahami dan menyetujui bahwa Fitur Web3 disediakan untuk Anda sebagaimana adanya (as is). Sepanjang diizinkan oleh hukum yang berlaku dan sesuai dengan kebijakan tunggal Pintu, Pintu berhak untuk memodifikasi, mengembangkan, menangguhkan sementara, menghentikan penyediaan, dan/atau menghapus, baik seluruhnya atau sebagian, Fitur Web3. Pintu dengan upaya terbaiknya, akan memberi tahu Anda tentang setiap tindakan yang disebutkan di atas.
  2. Kecuali dinyatakan lain dalam S&K Web3 ini, sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Pintu dan afiliasinya atau penyedia layanannya tidak memberikan pernyataan, jaminan atau janji apa pun, baik secara eksplisit maupun implisit, mengenai kinerja, ketersediaan, keandalan, dan keakuratan: 1) perangkat lunak dan/atau perangkat keras apa pun yang digunakan sehubungan dengan Fitur Web3; 2) setiap aplikasi, situs web, dan/atau fitur yang Anda gunakan atau akses sehubungan dengan penggunaan Fitur Web3 oleh Anda; dan 3) kualitas jaringan telekomunikasi yang Anda gunakan untuk mengakses Fitur Web3.

 

B. Penjelasan mengenai Fitur Web3

Fitur Web3 terdiri dari non-custodial Web3 wallet yang dapat dibuat dan diakses oleh Pengguna melalui Platform Pintu (“Web3 Wallet”) yang memungkinkan Pengguna untuk mengelola aset digitalnya, baik itu Aset Kripto (termasuk token) dan/atau Non-Fungible Token (“NFT”) (Aset Kripto dan NFT yang selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Aset Digital”), dengan cara menyimpan, mengirim, menerima (secara bersama-sama disebut sebagai “Transaksi”), dan memonitor. Sebagai fitur tambahan, Pengguna juga dapat mengakses aplikasi terdesentralisasi (decentralized applications) yang dioperasikan oleh pihak ketiga (“dApps”) melalui Web3 Wallet. 

Web3 Wallet yang disediakan oleh Pintu adalah non-custodial multi-network wallet yang menggunakan teknologi komputasi multi-pihak (multi-party computation technology) (“Teknologi MPC”) yang membagi kunci pribadi (private key) menjadi beberapa kunci terbagi (key shares) untuk mengamankan Aset Digital Pengguna (“Key Share”). Melalui Teknologi MPC, Pengguna akan diberikan:

  1. keamanan yang kuat karena Key Share Pengguna Pintu Web3 dibagi menjadi dua bagian; dan
  2. memudahkan dan menyederhanakan pemulihan Web3 Wallet (jika diperlukan) karena Pengguna dapat memulihkan Web3 Wallet mereka dengan menggunakan Key Share yang disimpan di pencadangan cloud (cloud back-up) Pengguna.

C. Akses dan Penggunaan Fitur Web3

  1. Fitur Web3 saat ini hanya tersedia dan dapat diakses melalui Platform Pintu untuk perangkat dengan sistem iOS dan/atau Android dan hanya dapat dimanfaatkan oleh Pengguna yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan kelayakan sebagaimana ditetapkan oleh Pintu melalui Syarat dan Ketentuannya.
  2. Untuk mengakses dan menggunakan Web3 Wallet, Anda harus masuk terlebih dahulu ke Akun Anda di Platform Pintu melalui perangkat Anda; dan setelah masuk, Anda dapat mengakses Web3 Wallet dengan mengklik ikon Web3 Wallet yang ditampilkan di Platform Pintu.
  3. Terdapat 3 tahap yang harus diselesaikan sebelum Anda dapat menggunakan Web3 Wallet, yaitu: (i) pembuatan Akun di Platform Pintu (mohon merujuk pada Bagian E (Registrasi Pengguna) di Syarat dan Ketentuan Pintu); (ii) pembuatan Web3 Wallet, yang mana Anda harus mengklik/mengetuk ikon terkait; dan (iii) setelah Web3 Wallet dibuat, akan ada 2 Key Share yang dihasilkan yaitu: (a) Key Share pertama yang akan disimpan di server Pintu dan (b) Key Share kedua yang akan disimpan secara otomatis di drive cloud pribadi Anda (baik iCloud atau Google Drive).
  4. Web3 Wallet memiliki fungsi-fungsi berikut:
    1. Pengiriman (Send): fungsi pengiriman akan memungkinkan Anda untuk mengirim Aset Digital yang Anda miliki di Web3 Wallet ke alamat wallet mana pun yang Anda tentukan. Untuk menjalankan fungsi ini, Anda harus terlebih dahulu memberikan persetujuan dengan mengonfirmasi transaksi pengiriman di Web3 Wallet Anda. Pintu kemudian juga akan melakukan permintaan verifikasi di mana Anda harus (i) memasukkan PIN Web3 Wallet Pengguna; atau (ii) ID Wajah (Face ID). 
    2. Penerimaan (Receive): fungsi penerimaan akan memungkinkan Anda untuk menerima Aset Digital dari pengirim mana pun.
    3. Penghubung Wallet (Wallet Connect): fungsi ini akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan dApps pilihan Anda ke Web3 Wallet, di mana (i) Anda harus terlebih dahulu mengakses dApps melalui perangkat terpisah dan kemudian menyebabkan QR penghubung wallet dari dApps tersebut ditampilkan pada layar perangkat tersebut; dan (ii) memindai QR tersebut dengan menggunakan fungsi penghubung wallet yang dibuka di perangkat Anda yang lain. 
    4. Pratinjau Transaksi (Transaction Preview): Pintu akan menyediakan halaman pratinjau kepada Anda yang menampilkan rincian Transaksi sebelum konfirmasi Anda, misalnya: (i) jumlah token yang ingin Anda kirimkan; (ii) jaringan blockchain; (iii) biaya blockchain; dan (iv) alamat wallet penerima.
    5. Pelindung Web 3 (Web3 Firewall): Dengan Pelindung Web3, Pintu dapat memberi peringatan kepada Anda ketika Anda akan berinteraksi atau mengonfirmasi Transaksi apa pun dengan kontrak atau platform yang mencurigakan atau berisiko.
  5. Dengan menggunakan Fitur Web3, Anda dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa:
    1. Anda akan menanggung semua tanggung jawab atas semua tindakan yang terkait dengan penggunaan Anda atas Fitur Web3. Untuk menghindari keraguan, tanggung jawab ini tetap berlaku baik tindakan tersebut diizinkan oleh Anda, atau dilakukan oleh Anda, pihak ketiga yang mencakup agen, kontraktor, atau perwakilan Anda. Pintu tidak bertanggung jawab atas akses tanpa izin ke Fitur Web3 atau Web3 Wallet Anda, meskipun akses tersebut diakibatkan oleh aktivitas penipuan, upaya phishing, atau tindakan melanggar hukum lainnya yang dilakukan oleh pihak ketiga terhadap Anda. Anda diwajibkan untuk memastikan bahwa penggunaan Fitur Web3 oleh Anda mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang relevan; 
    2. Anda mungkin tunduk pada syarat dan ketentuan tambahan, atau kebijakan lain yang berlaku yang ditetapkan oleh penerbit Aset Digital, operator dApps, operator protokol yang didukung, dan/atau pihak ketiga terkait lainnya;
    3. Web3 Wallet merupakan versi awal produk dan belum sepenuhnya diaudit. Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang mungkin Anda alami, dan Pintu juga tidak berkewajiban untuk memberikan kompensasi atau mengganti kerugian atas Aset Digital yang hilang kepada Anda;
    4. Pintu tidak mengontrol/mengendalikan protokol blockchain dan smart contract apa pun dan oleh karena itu tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang disebabkan oleh kesalahan protokol blockchain dan/atau smart contract
    5. Pintu tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat pengiriman Aset Digital ke alamat(-alamat) yang salah. Anda harus memastikan penyetoran Aset Digital Anda berada di alamat yang tepat yang ditentukan oleh Pintu untuk menerima Aset Digital Anda untuk ditransfer ke blockchain pihak ketiga melalui penggunaan Fitur Web3 oleh Anda. Anda harus memberikan alamat Web3 Wallet Anda dengan benar yang Anda gunakan untuk menerima Aset Digital Anda untuk ditransfer dari blockchain pihak ketiga melalui penggunaan Fitur Web3. Pintu tidak bertanggung jawab atas setiap dan seluruh kerugian akibat kesalahan atau kelalaian Anda sendiri, termasuk namun tidak terbatas pada: Anda salah dalam memberikan alamat wallet Anda atau alamat lain untuk menerima Aset Digital, atau Anda mentransfer aset Anda ke alamat yang salah;
    6. sehubungan dengan Pelindung Web3, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa kami tidak dapat memberikan jaminan mutlak bahwa Pelindung Web3 kami akan menangkap semua transaksi yang memiliki potensi risiko. Oleh karena itu, Anda dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa Anda akan memiliki tanggung jawab penuh untuk meninjau dan memverifikasi Transaksi apa pun yang Anda ingin konfirmasi. Selain itu, mohon diingat bahwa meskipun Pelindung Web3 Pintu mengidentifikasi suatu transaksi yang memiliki potensi risiko, Anda tetap memiliki keleluasaan untuk memilih apakah akan melanjutkan atau membatalkan Transaksi;
    7. dalam hal Aset Digital dikirim ke atau diterima dari alamat blockchain/wallet yang menurut Pintu, berdasarkan kebijakannya sendiri, terkait dengan aktivitas terlarang atau tindakan yang melanggar ketentuan yang diuraikan dalam S&K Web3 ini (disebut sebagai “Alamat Yang Dibatasi“), Pintu dapat melakukan tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada membekukan Web3 Wallet Anda, menolak, dan/atau menangguhkan Transaksi dari Web3 Wallet Anda. Selain itu, langkah-langkah mungkin diambil untuk menutup akun Anda sesuai dengan hukum yang relevan. Dalam situasi tertentu, Pintu mungkin juga merasa perlu untuk melaporkan dugaan aktivitas yang melanggar hukum kepada lembaga penegak hukum yang berwenang. Anda mungkin diminta untuk bekerja sama dengan Pintu dan/atau otoritas terkait selama proses investigasi dan penyelesaian Aset Digital yang terkena dampak untuk memulihkan penggunaan Web3 Wallet secara normal dan sah; dan 
    8. beberapa penjelasan/ketentuan mengenai hal-hal spesifik (termasuk Aset Digital spesifik yang dapat dimanfaatkan/didukung oleh Web3 Wallet) dapat diberikan langsung pada Platform Pintu dan/atau publikasi Pintu lainnya, dan oleh karena itu, Anda setuju untuk juga terikat oleh penjelasan/ketentuan tersebut dan apabila terdapat ketidaksesuaian antara penjelasan/ketentuan tersebut dengan S&K Web3 ini, maka yang berlaku adalah yang disediakan pada Platform dan/atau publikasi.

 

D. Kewajiban dan Pembatasan terhadap Pengguna

  1. Anda selanjutnya setuju untuk melindungi dan menjaga keamanan Web3 Wallet, serta bertanggung jawab atas segala pengungkapan atau penggunaan Web3 Wallet Anda. Jika Anda mengetahui, atau ada alasan untuk mencurigai bahwa kerahasiaan Web3 Wallet Anda telah bocor atau jika terdapat penggunaan tidak sah atas Web3 Wallet Anda, Anda harus segera: a) mengubah kredensial masuk Anda; dan b) memberi tahu Pintu dan mengizinkan Pintu untuk menonaktifkan Web3 Wallet Anda untuk penyelidikan lebih lanjut. 
  2. Untuk menghindari keraguan, Anda dilarang mengungkapkan detil keamanan atau kata sandi Web3 Wallet Anda kepada Pintu atau pihak lain, apa pun keadaannya atau dengan cara apa pun. Kegagalan untuk mematuhi larangan ini akan mengakibatkan Anda sepenuhnya bertanggung jawab dan menanggung semua Transaksi yang dilakukan melalui Web3 Wallet Anda, baik dengan atau tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Perlu diperhatikan, Pintu tidak dapat membatalkan, mengembalikan, atau mengembalikan uang apa pun dari transaksi yang telah menggunakan kode keamanan Web3 Wallet Anda, baik oleh Anda sendiri atau pihak ketiga yang memiliki akses ke Web3 Wallet tersebut.
  3. Pintu akan selalu berasumsi dan menganggap bahwa setiap penggunaan yang mewakili Web3 Wallet Anda dilakukan oleh Anda, dan Pintu berhak menyimpulkan bahwa penggunaan atau aktivitas tersebut dilakukan atau dimulai oleh Anda. Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan apa pun yang timbul akibat kegagalan Anda dalam menjaga informasi akun Anda.
  4. Anda dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa seluruh hak kekayaan intelektual yang relevan (baik terdaftar maupun tidak terdaftar) adalah milik Pintu dan/atau pihak ketiga terkait, dan Anda tidak diperbolehkan, dengan cara apa pun, melanggar hak cipta, hak merek dagang, dan hak kekayaan intelektual lainnya atau hak dan kepentingan hukum Pintu dan/atau pihak ketiga mana pun.
  5. Dalam penggunaan Anda atas Fitur Web3, Pintu mungkin diminta untuk menetapkan dan memverifikasi identitas Anda, atau identitas setiap pemilik manfaat yang relevan sesuai dengan hukum, peraturan, pemberitahuan, dan pedoman yang berlaku. Oleh karena itu, Pintu mungkin meminta Anda untuk memberikan dokumen identifikasi atau mengumpulkan informasi pribadi Anda untuk tujuan ini. Anda dengan ini mengakui bahwa Pintu dapat mengumpulkan data tersebut berdasarkan permintaan, dan menggunakan data tersebut yang diberikan untuk tujuan menetapkan identitas Anda dan menerapkan program pemantauan berkelanjutan untuk memastikan kepatuhan Pintu dan Anda terhadap hukum, peraturan, pemberitahuan dan pedoman yang berlaku, dan juga membagikan data tersebut secara internal dengan afiliasinya dan dengan pihak ketiga yang relevan dan berwenang dari Pintu (baik di Seychelles maupun di luar negeri), serta sehubungan dengan transfer dan pelaporan data tersebut dan Transaksi Anda kepada otoritas terkait, dan otoritas pemerintah atau regulator lainnya sebagaimana Pintu mungkin anggap tepat atau sebagaimana diwajibkan berdasarkan hukum, peraturan, pemberitahuan dan/atau pedoman yang berlaku.

 

E. Pemberitahuan mengenai Risiko 

Anda mengetahui dan menyetujui bahwa penggunaan Fitur Web3 melibatkan risiko-risiko tertentu. Risiko-risiko ini mencakup, namun tidak terbatas pada, hal-hal berikut:

  1. Risiko Pihak Ketiga
    1. Layanan pihak ketiga atau dApps tertentu mungkin mengharuskan Anda untuk menerima kontrak atau perjanjian yang diatur oleh syarat dan ketentuan masing-masing. Perjanjian kontraktual ini dapat mencakup klausul yang berkaitan dengan pembagian data, komitmen keuangan, dan mekanisme penyelesaian perselisihan. Sebelum terlibat dengan layanan pihak ketiga, Anda harus meninjau dan memahami persyaratan kontrak dengan cermat untuk memastikan kepatuhan yang ketat. Kami juga menyarankan agar Anda mencari penasihat hukum untuk membantu Anda jika diperlukan. 
    2. Penggunaan layanan pihak ketiga, dApps, atau protokol blockchain bersama dengan Web3 Wallet Anda dapat membuat Anda menghadapi risiko tambahan. Layanan pihak ketiga ini beroperasi secara independen dan keamanan, keandalan, serta kepatuhannya terhadap peraturan yang berlaku mungkin berbeda. Anda bertanggung jawab untuk mengevaluasi risiko yang terkait dengan layanan pihak ketiga, serta memahami ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi masing-masing. Untuk menghindari keraguan, tindakan atau kebijakan layanan pihak ketiga berada di luar kendali Pintu, dan Pintu dengan tegas menyatakan bahwa Pintu tidak dan tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian atau perselisihan yang timbul akibat interaksi Anda dengan layanan pihak ketiga.
  2. Risiko Smart Contract
    Web3 Wallet seringkali terlibat dengan smart contracts, yang merupakan kode yang dijalankan sendiri yang diterapkan pada jaringan blockchain. Meskipun smart contracts dirancang untuk beroperasi secara mandiri, kontrak tersebut tetap rentan terhadap kesalahan, kerentanan, dan skenario yang tidak terduga. Smart contracts yang cacat dan dikompromikan berpotensi menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga, kerugian finansial, atau dana terkunci. Sangat penting bagi Anda untuk meninjau dan memverifikasi dengan cermat fungsionalitas dan keamanan setiap smart contracts yang Anda pilih/gunakan, dan menyadari bahwa Anda menanggung risiko dan tanggung jawab yang terkait dengan keterlibatan Anda dengan smart contracts
  3. Risiko Phising atau Penipuan
    Terdapat risiko di mana situs web phishing, dApps yang menipu, dan/atau skema penipuan akan berusaha menipu Anda agar mengungkapkan informasi sensitif terkait Web3 Wallet Anda. Pintu tidak memiliki kendali penuh atas kemungkinan phishing atau penipuan. Namun, Pintu, dengan upaya terbaiknya secara komersial yang dapat dilakukan, akan berusaha mencegah segala tindakan phishing dan/atau penipuan dalam Fitur Web3. Terlepas dari hal-hal tersebut, Anda bertanggung jawab untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan Fitur Web3;
  4. Tidak Ada Jaminan Profit Investasi (Returns)
    Nilai Aset Digital dapat berubah, baik meningkat maupun menurun, secara signifikan dari waktu ke waktu. Pintu dengan ini secara tegas menyatakan bahwa Pintu tidak memberikan jaminan dan tidak bertanggung jawab kepada Anda atas segala profit investasi (returns) atas investasi Aset Digital Anda.
  5. Risiko Pajak
    Setiap Transaksi yang dilakukan melalui Web3 Wallet Anda mungkin mempunyai implikasi pajak. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk melaporkan dan membayar pajak apa pun yang berlaku atas Aset Digital dan Transaksi Anda.
  6. Tidak Ada Jaminan atas Kepastian Waktu
    Anda memahami dan menyetujui bahwa ketika Anda menukarkan atau mengakses Aset Digital Anda, waktu yang sebenarnya diperlukan bagi Anda untuk menerima Aset Digital di Web3 Wallet Anda dapat berbeda, dan Aset Digital yang diterima dan ditampilkan di Web3 Wallet bersifat final. Pintu tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat hal-hal tersebut.
  7. Key Share
    Key Share mengatur keamanan Web3 Wallet, dan hilangnya Key Share berarti hilangnya akses ke Web3 Wallet selamanya. Anda bertanggung jawab untuk menyimpan, melindungi, dan menjaga Key Share Anda yang telah diberikan atau yang dihasilkan sehubungan dengan penggunaan Anda atas Fitur Web3. Pintu tidak bertanggung jawab atas Key Share Anda dengan cara apa pun. Jika Anda kehilangan Key Share, Anda tidak akan dapat mengakses Web3 Wallet Anda, dan Anda mungkin kehilangan secara permanen semua akses ke Aset Digital atau dana lain yang mungkin Anda simpan di Web3 Wallet Anda. Anda memahami dan menyetujui bahwa Anda sendiri yang akan menanggung setiap dan seluruh kerugian yang mungkin timbul akibat kehilangan atau ketidakmampuan Anda menggunakan Key Share Anda.

 

F. Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme dan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal

Sebagaimana diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pintu menerapkan program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme serta Proliferasi Senjata Pemusnah Massal. Dalam hal ini, Pintu dapat menangguhkan, menunda dan/atau menolak pendaftaran/aplikasi Web3 Wallet dan/atau Transaksi apa pun yang Anda lakukan jika terdapat indikasi pelanggaran yang Anda lakukan terhadap hal-hal tersebut. Anda dengan ini memahami, mengetahui dan menyetujui bahwa Anda tidak akan mengajukan keberatan apa pun sehubungan dengan tindakan yang dilakukan Pintu terkait dengan pelaksanaan program (termasuk permintaan informasi lebih lanjut sehubungan dengan suatu Transaksi, melalui Uji Tuntas Pelanggan (Customer Due Diligence) dan/atau Proses Uji Tuntas Yang Lebih Mendalam (Enhanced Due Diligence)).

G. Pernyataan, Jaminan, dan Janji

Mohon merujuk pada Bagian H dari Syarat dan Ketentuan di mana Bagian tersebut juga berlaku untuk Anda sehubungan dengan penggunaan Fitur Web 3 oleh Anda.

 

H. Ganti Rugi dan Pembatasan Tanggung Jawab

Mohon merujuk pada Bagian I dari Syarat dan Ketentuan di mana Bagian tersebut juga berlaku untuk Anda sehubungan dengan penggunaan Fitur Web 3 oleh Anda. 


I. Pembaharuan pada S&K Web3 

Pintu memiliki hak untuk mengubah, memodifikasi, menambah dan/atau membuat variasi pada S&K Web3 ini dari waktu ke waktu. Pintu, berdasarkan upaya terbaiknya secara komersial yang dapat dilakukan, dapat memberikan pemberitahuan sepuluh (10) hari kerja mengenai perubahan apa pun, yang menurut kebijaksanaan Pintu dianggap penting, terhadap S&K Web3 ini yang mana penggunaan oleh Anda secara berkelanjutan atas Fitur Web3, dengan atau tanpa pemberitahuan mengenai perubahan tersebut, akan dianggap sebagai konfirmasi atas penerimaan Anda terhadap perubahan tersebut. Anda tetap bertanggung jawab untuk mengetahui perubahan apa pun yang dilakukan pada S&K Web3 ini. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memeriksa dan membaca S&K Web3 ini dari waktu ke waktu.

DENGAN MENGGUNAKAN FITUR WEB3 PADA PLATFORM PINTU SECARA BERKELANJUTAN SETELAH PERUBAHAN TERSEBUT DILAKUKAN, MAKA PENGGUNA DIANGGAP TELAH MENERIMA PERUBAHAN APA PUN TERHADAP S&K WEB3 INI. JIKA PENGGUNA TIDAK MENYETUJUI PERUBAHAN YANG DILAKUKAN, MAKA PENGGUNA HARUS BERHENTI MENGGUNAKAN FITUR WEB3 PADA PLATFORM PINTU. PENGGUNA TIDAK AKAN MENERIMA KOMPENSASI APA PUN DARI PINTU ATAS PERUBAHAN APA PUN PADA S&K WEB3 INI.

  

J. Biaya Layanan

Biaya yang berlaku sehubungan dengan penggunaan Anda atas Fitur Web3 adalah sebagai berikut:

 

  1. Gas Fees
    Selama Anda mengakses dan menggunakan Fitur Web3, Anda mungkin dikenakan berbagai biaya gas fees. Biaya gas fees yang dihasilkan pada platform pihak ketiga mana pun berdasarkan Fitur Web 3 ini akan dibayar oleh Anda.
  2. Biaya Protokol Pihak Ketiga
    Terdapat kemungkinan adanya biaya protokol pihak ketiga lainnya yang timbul selama Anda mengakses dan menggunakan Fitur Web3, termasuk namun tidak terbatas pada transfer Aset Digital, NFT, dan/atau barang koleksi digital lainnya. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk membayar setiap dan seluruh biaya protokol pihak ketiga yang mungkin timbul. 

 

K. Pajak

Anda menyetujui bahwa: 

  1. S&K Web3 ini akan tunduk pada semua pajak, bea, ongkos, beban dan/atau biaya yang berlaku, apa pun denominasinya, sebagaimana mungkin berlaku dan sehubungan dengan pajak di masa mendatang yang mungkin dikenakan setiap saat;
  2. Anda akan melakukan upaya terbaik Anda untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan dan diwajibkan oleh undang-undang terkait untuk memungkinkan, membantu dan/atau membela Pintu untuk mengklaim atau memverifikasi kredit pajak masukan (tax credit), perjumpaan utang (set-off), rabat (rebate) atau pengembalian dana sehubungan dengan pajak yang dibayar atau terutang sehubungan dengan Fitur Web3 berdasarkan S&K Web3 ini; dan
  3. Anda setuju bahwa detil akun Web3 Wallet Anda dan semua transaksi di dalamnya dapat diberikan berdasarkan permintaan kepada otoritas pajak mana pun baik di Seychelles atau di luar negeri di mana tujuan permintaan tersebut adalah pembayaran kewajiban pajak yang sah dan/atau identifikasi aset untuk perpajakan.

 

 

L. Hukum Yang Mengatur dan Penyelesaian Perselisihan

  1. Hukum Yang Mengatur
    S&K Web3 ini, penggunaan Anda atas Fitur Web3, setiap klaim, tuntutan balik, atau perselisihan dalam bentuk atau sifat apa pun yang timbul dari S&K Web3 ini, secara langsung atau tidak langsung, akan diatur oleh, dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Seychelles tanpa memperhatikan prinsip-prinsip pertentangan hukum (conflicts of law) di dalamnya. 
  2. Penyelesaian Perselisihan
    1. Metode Penyelesaian Perselisihan
      Anda mengetahui dan menyetujui bahwa jika terjadi perselisihan, para pihak terlebih dahulu harus menyelesaikan perselisihan tersebut melalui penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat (“Penyelesaian Secara Musyawarah”).
    2. Aturan dan Yurisdiksi Arbitrase
      Jika perselisihan belum terselesaikan dalam waktu sembilan puluh (90) hari setelah tanggal dimulainya Penyelesaian Secara Musyawarah untuk pertama kalinya, perselisihan tersebut akan dirujuk ke dan akhirnya diselesaikan melalui arbitrase yang diselenggarakan oleh Singapore International Arbitration Centre (“SIAC”) berdasarkan aturan SIAC yang berlaku pada saat itu. 
    3. Kedudukan dan Bahasa Arbitrase
      Anda setuju bahwa tempat kedudukan arbitrase adalah Singapura. Jumlah arbiter adalah satu (1). Arbiter akan ditunjuk sesuai dengan aturan SIAC. Setiap proses arbitrase harus dilakukan dalam bahasa Inggris.
    4. Sifat Final dan Mengikat
      Setiap putusan arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak dalam S&K Web3 ini dan dapat dilaksanakan di pengadilan kompeten mana pun yang memiliki yurisdiksi. Tidak ada pihak dalam S&K Web3 ini yang berhak untuk memulai atau mengajukan tuntutan apa pun ke pengadilan sehubungan dengan perselisihan apa pun yang timbul dari atau sehubungan dengan S&K Web3 ini kecuali untuk tujuan pengakuan dan penegakan putusan arbitrase yang diberikan melalui arbitrase sebagaimana ditentukan dalam S&K Web3 ini.
    5. Tidak ada Gugatan atau Litigasi secara Berkelompok (Class Action or Litigation)
      Anda setuju untuk menyelesaikan setiap dan seluruh perselisihan dengan Pintu secara individual melalui arbitrase dan bukan sebagai bagian dari gugatan kelompok atau litigasi perwakilan.

M. Privasi Data

Pintu berkomitmen penuh untuk melindungi dan mengutamakan kerahasiaan dan keamanan data pribadi, dokumen, informasi, dan pernyataan pribadi Anda. Karena itu, Pintu tidak akan mengumpulkan, mengolah, membagikan, menyimpan dan/atau menghapus data pribadi dari Anda dengan cara yang bertentangan dengan hukum.

Sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses Anda pada Fitur Web3, Anda memahami dan menyetujui bahwa Anda terikat pada Kebijakan Privasi Pintu yang tersedia pada tautan ini beserta segala perubahannya yang dapat diadakan sewaktu-waktu, sebagaimana termasuk dalam S&K Web3 ini sebagai referensi.

 

N. Bahasa (Hanya Untuk Pengguna Warga Negara Indonesia) 

S&K Web3 ini disiapkan dan diberikan dalam versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan kedua versi tersebut berlaku dan mengikat secara sah terhadap Anda. Apabila terdapat inkonsistensi antara teks bahasa Inggris dan teks bahasa Indonesia, atau jika terjadi perselisihan mengenai arti atau penafsiran ketentuan tertentu, Anda dengan ini setuju bahwa teks bahasa Inggris yang akan berlaku dan teks bahasa Indonesia yang akan digunakan dianggap secara otomatis diubah untuk menyesuaikan dan membuat teks bahasa Indonesia yang bersangkutan konsisten dengan teks bahasa Inggris yang bersangkutan. 

 

O. Keseluruhan

S&K Web3 ini bersama dengan (i) Syarat dan Ketentuan Platform Pintu, (ii) Kebijakan Privasi Platform Pintu, dan kebijakan lain yang berlaku, serta dokumen lain yang dirujuk di sini atau di dalamnya terkait dengan materi pokok di sini merupakan seluruh perjanjian antara Anda dan Pintu sehubungan dengan pokok bahasan dalam S&K Web3 ini. Anda dengan ini menyetujui bahwa setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan dan kebijakan-kebijakan tersebut dan tidak diatur secara lain dalam S&K Web3 ini akan berlaku juga, sebagaimana relevan dan berlaku, untuk S&K Web3 ini.