Reading Time: 9 minutes

Syarat dan Ketentuan Pintu Locked Earn

Terakhir Diperbaharui : 01/Mar/2024

Syarat dan Ketentuan ini (“S&K”) mengatur penggunaan dan akses Anda atas Pintu Locked Earn (“Pintu Locked Earn”) sebagai salah satu produk layanan perdagangan aset kripto digital yang diselenggarakan oleh PT Pintu Kemana Saja (“Pintu”, “kami”, “milik kami”). Dengan mengakses dan/atau menggunakan Pintu Locked Earn, Anda setuju untuk tunduk dan terikat pada S&K ini dan Anda menyetujui bahwa S&K ini merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum antara Anda dan Pintu. Jika Anda tidak menyetujui S&K ini, maka Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan Pintu Locked Earn.  

KETENTUAN UMUM 

  • Dengan mengakses dan/atau menggunakan Pintu Locked Earn, Anda memahami, mengakui dan setuju bahwa Anda menerima dan memahami risiko kerugian yang terkait dengan hilangnya atau berkurangnya nilai aset kripto digital Anda. Sebagaimana pada umumnya, nilai aset kripto digital dapat berfluktuasi secara substansial sehingga Anda dapat menderita kerugian terkait dengan kepemilikan, penempatan, penyimpanan atau penggunaan Pintu Locked Earn, sejumlah total aset kripto digital yang Anda simpan pada Pintu Locked Earn.
  • Untuk menggunakan Pintu Locked Earn: Anda harus (i) telah terdaftar dan diverifikasi sebagai pengguna aplikasi Pintu; dan (ii) pada setiap saat, mematuhi S&K ini, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia pada aplikasi atau website Pintu (“S&K Umum dan Kebijakan Privasi”).
  • Anda mengakui dan menyetujui bahwa apabila di kemudian hari Anda tidak memenuhi/mematuhi S&K dan S&K Umum dan Kebijakan Privasi ataupun Pintu mencurigai atau menentukan bahwa Anda terindikasi terlibat dalam aktivitas penipuan yang dapat merugikan pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya, maka Pintu, atas diskresi tunggalnya yang tidak dapat diganggu gugat, dapat melakukan hal-hal yang kami anggap perlu, antara lain, menahan segala keuntungan atau penghasilan apapun, meminta ganti kerugian, penangguhan sementara, penghentian akses, pembatasan akses, penghapusan akun dan pelarangan untuk menggunakan layanan Pintu dalam bentuk apapun.
  • Pintu dapat mengubah sebagian atau seluruh ketentuan sebagaimana terdapat dalam S&K ini dengan cara menyampaikan pemberitahuan melalui aplikasi atau website Pintu atau dengan metode lain sebagaimana ditentukan oleh Pintu, yang mana perubahan tersebut akan berlaku pada tanggal yang Kami tentukan. Jika Anda menggunakan Pintu Locked Earn setelah tanggal tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan tersebut. Jika Anda tidak menyetujui perubahan S&K tersebut, maka Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan Pintu Locked Earn. Anda dianjurkan untuk secara berkala memeriksa S&K ini pada aplikasi atau website Pintu.
  • S&K ini merupakan suatu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari S&K Umum dan Kebijakan Privasi, oleh karena itu, mohon pastikan bahwa Anda telah membaca dan selalu mengetahui segala pembaharuan yang ada pada S&K Umum dan Kebijakan Privasi.

PEMBUKAAN

  • Pintu adalah pedagang aset kripto digital yang secara resmi terdaftar di dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Oleh karena itu Anda menyetujui dan memahami bahwa Pintu bukan merupakan dan tidak dapat dianggap sebagai suatu bank dan Pintu Locked Earn tidak dapat dianggap sebagai layanan rekening deposito atau rekening tabungan atau layanan sejenis lainnya untuk mata uang fiat.
  • Pintu Locked Earn beserta aset kripto digital yang Anda tempatkan pada Pintu Locked Earn tidak tunduk pada ketentuan penjaminan sebagaimana ditentukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan. 
  • Pintu tidak bertindak sebagai pemegang kuasa, wali amanat atau penasihat/manajer investasi Anda dalam setiap tindakan Anda dalam menggunakan Pintu Locked Earn. Dengan menggunakan Pintu Locked Earn, Anda menyetujui dan memahami bahwa Anda tidak menjadikan kami sebagai wali amanat atau penasihat/manajer investasi Anda dan tidak ada hubungan fidusia (fiduciary relationship) di antara para pihak. Seluruh tindakan Anda dalam menggunakan Pintu Locked Earn merupakan keputusan Anda sendiri yang dibuat secara sadar. 

PINTU LOCKED EARN 

Pintu Locked Earn adalah produk layanan dari Pintu yang memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan/penghasilan dalam bentuk aset kripto digital (“Keuntungan”) dengan cara penempatan atau menyimpan aset kripto digital yang Anda miliki di wallet Anda yang dikhususkan untuk Pintu Locked Earn (“Wallet Locked Earn”) (aset-aset kripto tersebut akan juga dirujuk sebagai “Aset Terkunci”) untuk suatu jangka waktu tertentu. Anda dapat mengakses Pintu Locked Earn melalui shortcut pada halaman utama aplikasi Pintu atau melalui halaman wallet.

Pintu Locked Earn terdiri dari 3 tipe sub-produk spesifik dimana perbedaan utama dari ketiga sub-produk tersebut adalah pada jangka waktu bagi Anda untuk menarik Aset Terkunci ke dalam wallet kripto umum pada akun Anda di aplikasi Pintu (“Wallet Utama”) (periode tersebut akan dirujuk sebagai (“Periode Penguncian”). Untuk kemudahan Anda, mohon merujuk pada deskripsi di bawah ini mengenai 3 jenis produk Pintu Locked Earn:

No.

Produk Pintu Locked Earn 

Periode Penguncian

Keuntungan

1.

Flexible

Tidak ada, penarikan dapat dilakukan setiap saat. 

Memiliki Keuntungan yang paling rendah dibandingkan produk Pintu Locked Earn lainnya.  

2.

Locked 30

Pada tanggal yang jatuh pada 30 hari setelah tanggal ketika Anda menempatkan Aset Terkunci.

Memiliki Keuntungan yang lebih tinggi dari Flexible, namun lebih rendah dari Locked 90. 

3.

Locked 90

Pada tanggal yang jatuh 90 hari setelah tanggal ketika Anda menempatkan Aset Terkunci.

Memiliki Keuntungan yang paling tinggi dibandingkan produk Pintu Locked Earn lainnya. 

  

ELIGIBILITAS

Seluruh pengguna Pintu yang telah terdaftar dan terverifikasi dapat menggunakan layanan Pintu Locked Earn. Pastikan Anda telah mengunduh versi terbaru aplikasi Pintu dalam telepon genggam Anda.

PENGELOLAAN PINTU LOCKED EARN

  • Anda dapat melakukan deposit/memindahkan aset kripto digital dari Wallet Utama Anda ke Wallet Locked Earn untuk berpartisipasi pada layanan Pintu Locked Earn; mohon ingat bahwa Pintu dapat menolak deposit/transfer tersebut apabila terdapat indikasi pelanggaran S&K ini dan S&K Umum dan Kebijakan Privasi. Pintu tidak akan memberikan Keuntungan apapun apabila Anda tidak melakukan deposit/memindahkan aset kripto digital Anda ke Wallet Locked Earn.
  • Untuk Flexible, anda dapat melakukan deposit/memindahkan aset Anda dari Wallet Locked Earn Anda ke Wallet Utama anda, demikian juga sebaliknya, pada setiap waktu melalui aplikasi Pintu. Untuk Locked 30 dan Locked 90, (i) Anda tidak dapat memindahkan Aset Terkunci dari Wallet Locked Earn Anda ke Wallet Utama Anda sebelum Periode Penguncian yang relevan berakhir; namun (ii) Anda dapat melakukan deposit/memindahkan untuk melakukan ‘top up’ Aset Terkunci Anda dari Wallet Utama ke Wallet Locked Earn Anda pada setiap waktu (sebagai catatan, ketika Anda melakukan ‘top up’, Periode Penguncian akan dihitung dari tanggal ketika Anda melakukan ‘top up’ dan Keuntungan akan dihitung berdasarkan formula yang berlaku pada tanggal tersebut (mohon lihat bagian ‘Keuntungan dan Ketentuan Terkait’ di bawah)).
  • Setiap Wallet Locked Earn yang Anda buat adalah independen dan terpisah dari Wallet Utama Anda dan setiap Wallet(-Wallet) Locked Earn yang lain (dalam hal Anda menempatkan lebih dari 1 (satu) jenis aset kripto digital). Dengan demikian, perhitungan Keuntungan dari setiap aset kripto digital yang Anda simpan dalam Wallet Locked Earn sehubungan dengan Pintu Locked Earn  akan dilakukan secara terpisah dan independen untuk masing-masing jenis aset kripto digital di Wallet Locked Earn tersebut.
  •  Pintu dapat menerapkan batas bawah dan/atau batas atas jumlah aset kripto digital yang dapat disimpan dalam Wallet Locked Earn, yang mana rinciannya akan diberikan dan dari waktu ke waktu diperbaharui dalam aplikasi Pintu.

KEUNTUNGAN DAN KETENTUAN TERKAIT 

  • Keuntungan akan diberikan kepada setiap pengguna yang telah membuka Wallet Locked Earn dan melakukan penempatan atau penyimpanan aset kripto digital di Wallet Locked Earn tersebut.
  • Nilai Keuntungan untuk masing-masing jenis aset kripto digital akan dihitung berdasarkan  tingkat persentase tahunan secara tetap (“APR”) dengan nilai yang dapat berbeda untuk masing-masing aset kripto digital. 
  • Nilai APR sebagaimana dimaksud di atas tersedia dalam halaman depan Pintu Locked Earn dalam aplikasi Pintu dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan tertulis kepada Anda. 
  • Keuntungan akan diberikan kepada masing-masing pengguna (dalam bentuk/jenis aset kripto digital yang sama dengan aset kripto digital yang ditempatkan/disimpan sebagai Aset Terkunci) setelah Periode Penguncian telah diselesaikan berdasarkan formula penghitungan Keuntungan yang berlaku.  
  • Perhitungan Keuntungan akan dilakukan sesuai dengan simulasi berikut:
    APR Efektif (sebagaimana disebutkan dalam aplikasi Pintu): 4% per tahun (365 hari)

Periode Penguncian: 30 hari

Jumlah Pokok (jumlah aset kripto digital yang disimpan dalam Wallet Locked Earn): 10

Keuntungan yang akan diberikan setelah Periode Penguncian selesai:

= Jumlah Pokok x (APR Efektif x Periode Penguncian / 365)

= 10 x (4% x 30 / 365)

= 10 x 0,32876712%

= 0,03287671

  • APR Efektif dapat berubah dari waktu ke waktu tanpa suatu pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda. APR Efektif yang akan diterapkan pada Keuntungan yang relevan adalah APR Efektif yang berlaku ketika Anda melakukan deposit/transfer aset kripto digital dari Wallet Utama anda ke Wallet Locked Earn.
  • Pintu hanya akan memberikan Keuntungan kepada Anda sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam S&K ini dan Pintu tidak akan memberikan keuntungan apa pun lainnya (termasuk Airdrop) kecuali diberitahukan secara tertulis dan terpisah kepada Anda oleh Pintu.

ROLLOVER

  • Rollover berarti opsi untuk memperpanjang Periode Penguncian atas aset kripto digital dalam Wallet Locked Earn.  
  • 3 jenis mekanik Rollover, yaitu:
  • Tidak ada Rollover: seluruh Aset Terkunci (termasuk Keuntungan yang relevan) akan dipindahkan ke Wallet Utama ketika penarikan (untuk Flexible) atau pada saat berakhirnya Periode Penguncian (untuk Locked 30 dan/atau Locked 90). 
  • Rollover tanpa Keuntungan: Aset Terkunci (tidak termasuk Keuntungan yang relevan) akan disimpan dalam Wallet Locked Earn untuk Periode Penguncian lebih lanjut. 
  • Rollover dengan Keuntungan: Aset Terkunci (termasuk Keuntungan yang relevan) akan disimpan lebih lanjut dalam Wallet Locked Earn untuk Periode Penguncian lebih lanjut.
  • Untuk Rollover, APR Efektif yang akan digunakan adalah APR Efektif yang berlaku ketika proses Rollover secara efektif selesai. 
  • Anda dapat mengubah pengaturan Rollover pada setiap saat ketika Periode Penguncian.

PAJAK 

Anda setuju bahwa seluruh kewajiban pajak dan/atau biaya yang timbul atas dan/atau dibebankan sehubungan dengan penggunaan layanan Pintu Locked Earn akan ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai bagiannya masing-masing seluruhnya sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku (terutama hukum dan peraturan yang berkaitan dengan perpajakan).

PERNYATAAN DAN JAMINAN

Anda setuju bahwa Anda: (i) telah memberikan informasi yang benar, akurat, dan lengkap kepada Pintu sebagai bagian dari proses Know Your Customer (KYC); (ii) telah mematuhi seluruh ketentuan yang tercantum dalam S&K ini, S&K Umum, dan Kebijakan Privasi, serta seluruh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; dan (iii) tidak akan mengizinkan atau terlibat dalam perilaku penipuan terhadap pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya termasuk, namun tidak terbatas pada, menggunakan bot atau teknologi dengan cara memanipulasi atau memalsukan data untuk meningkatkan imbalan atau keuntungan yang dapat diperoleh Anda dalam Pintu Locked Earn.

PEMBERITAHUAN RISIKO 

Anda setuju dan memahami bahwa Anda mengakses atau menggunakan Pintu Locked Earn dengan risiko Anda sendiri. Anda mengetahui dan memahami bahwa terdapat risiko dalam penggunaan Pintu Locked Earn termasuk, namun tidak terbatas pada, risiko-risiko dibawah ini. 

  • Legalitas: Berdasarkan peraturan yang berlaku dan pengawasan otoritas yang berwenang, Kami dapat mengubah, menangguhkan atau menghentikan Pintu Locked Earn. Anda bertanggung jawab sendiri untuk menentukan apakah penggunaan Pintu Locked Earn sesuai dengan legalitas di yurisdiksi tempat Anda berada. Anda dilarang untuk menggunakan Pintu Locked Earn apabila penggunaan tersebut dianggap ilegal pada yurisdiksi Anda. Anda dianjurkan untuk mencari pendapat hukum independen apabila Anda merasa tidak yakin.
  • Serangan Dunia Maya: Anda mengerti dan memahami bahwa aset kripto digital dapat dirampas atau dicurangi oleh peretas atau kelompok yang memiliki niat jahat lainnya serta dapat mencoba mengganggu sistem Kami dengan berbagai cara, termasuk malware, serangan penolakan layanan, serangan berbasis consensus, serangan sybil, smurfing, dan spoofing yang dapat mengakibatkan hilangnya data digital Anda.
  • Kelemahan Kode Sumber: Anda mengerti dan memahami bahwa sistem kami dapat secara tidak sengaja menyertakan kelemahan atau bug dalam kode sumber yang dapat berdampak buruk pada sistem Pintu Locked Earn.
  • Kegagalan Pihak Ketiga: Pintu Locked Earn adalah suatu produk/sistem yang dimiliki, dioperasikan, dan dikelola oleh Pintu; akan tetapi, produk/sistem tersebut juga didukung oleh pihak-pihak ketiga independen untuk memastikan kinerja produk/sistem yang baik. Sehubungan dengan hal itu, Anda dengan ini mengakui risiko-risiko yang terkait dengan kegagalan pihak-pihak ketiga untuk secara tepat memberikan kami dengan dukungan mereka yang dapat secara merugikan mempengaruhi sistem Pintu Locked Earn. 

KEADAAN KAHAR

Setiap wanprestasi, kesalahan, gangguan atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajiban atau setiap ketidakakuratan atau ketidaksesuaian di Pintu Locked Earn yang disebabkan, secara keseluruhan atau sebagian, langsung atau tidak langsung, oleh suatu peristiwa atau kegagalan yang disebabkan oleh sebab apa pun di luar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada, bencana alam, tindakan pemerintah (termasuk perubahan hukum atau lainnya yang tidak disangka yang berada diluar kendali yang wajar), kegagalan atau gangguan pada jaringan telekomunikasi publik atau swasta, saluran komunikasi atau sistem informasi, perang, aksi terorisme, kerusuhan, virus, malware, kode komputer berbahaya lainnya, atau peretasan, tidak akan dianggap sebagai kegagalan Pintu dalam memenuhi kewajibannya berdasarkan S&K ini.

BATASAN KEWAJIBAN (TANGGUNGJAWAB) 

  • Terlepas dari ketentuan apa pun dalam S&K ini, dalam keadaan apa pun, pihak manapun tidak akan bertanggung jawab kepada pihak lainnya atas segala jenis kerugian insidental, khusus, tidak langsung atau konsekuensial, termasuk, namun tidak terbatas pada, kehilangan pendapatan, kehilangan keuntungan, barang pengganti, kerusakan teknologi, kehilangan data, atau gangguan serta kehilangan penggunaan layanan atau peralatan, bahkan jika pihak tersebut diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut, dan apakah yang timbul berdasarkan pelaksanaan perjanjian, kesalahan, tanggung jawab atau yang lainnya. 
  • Walaupun demikian, dengan tidak mengurangi substansi ketentuan lain dalam S&K ini dan sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, Anda menyetujui dan memahami bahwa nilai tanggung jawab Pintu atas kerugian atau kerusakan yang timbul sehubungan dengan Pintu Locked Earn adalah terbatas pada jumlah imbalan atau keuntungan yang telah Anda peroleh atas layanan Pintu Locked Earn selama periode 3 (tiga) bulan terakhir sebelum terjadinya kejadian yang merugikan tersebut. 

GANTI RUGI 

Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda akan melindungi, mengganti kerugian, dan membebaskan Pintu beserta setiap direktur, petugas, karyawan dan/atau afiliasinya sepenuhnya dari dan terhadap seluruh klaim, kerugian, kewajiban, biaya dan pengeluaran yang dapat dialami atau diderita oleh Pintu atau yang dapat diajukan terhadap Pintu yang timbul, secara langsung atau tidak langsung, dari atau sehubungan dengan setiap kegagalan Anda dalam mematuhi S&K, S&K Umum dan Kebijakan Privasi dan/atau dalam memenuhi kewajiban Anda berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

PENGAKHIRAN

  • Keberlakuan S&K ini akan berakhir apabila Wallet Locked Earn Anda telah ditutup baik secara sukarela oleh Anda sendiri atau secara paksa oleh Pintu berdasarkan ketentuan S&K ini. Untuk menghindari keraguan, pengakhiran S&K ini tidak akan membatasi pihak mana pun untuk mencari ganti kerugian terhadap pihak lainnya atas pelanggaran S&K ini sesuai syarat dan ketentuan S&K ini dan/atau peraturan yang berlaku. 
  • Jika Anda memiliki sisa aset kripto digital di Wallet Locked Earn Anda yang telah ditangguhkan atau ditutup, Anda berhak mendapatkan kembali sisa aset kripto digital tersebut. Walaupun demikian, Kami memiliki hak untuk menahan sisa aset kripto tersebut apabila Kami dilarang oleh hukum atau perintah pengadilan untuk melepaskan aset kripto digital tersebut atau jika Kami memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai atau mengindikasikan bahwa aset kripto digital tersebut diperoleh melalui penipuan atau dengan cara apa pun yang melanggar S&K ini, peraturan yang berlaku atau terkait dengan kegiatan kriminal apa pun.

HUKUM YANG MENGATUR DAN ARBITRASE 

  • S&K ini diatur oleh hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
  • Setiap sengketa, perselisihan atau gugatan yang timbul dari atau berhubungan dengan S&K ini, atau pelanggaran, penghentian atau cacat daripadanya harus diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan aturan arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”). Sidang arbitrase terdiri dari 1 (satu) arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI. Tempat arbitrase adalah Jakarta. Setiap keputusan oleh pengadilan arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak. 

LAIN-LAIN 

  • Keterpisahan: Ketidakabsahan sebagian atau keseluruhan dari ketentuan apa pun dalam S&K ini tidak akan mempengaruhi keabsahan dari ketentuan lainnya, dan bagian ketentuan lainnya tersebut akan tetap berlaku.
  • Bahasa: S&K ini dibuat bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terdapat ketidaksesuaian di antara teks Bahasa Indonesia dan teks Bahasa Inggris dari S&K ini, maka yang berlaku adalah teks Bahasa Indonesia.