Berita

Apa itu Spread? Spread Adalah…4 min read

Juli 29, 2020 3 min read

Apa itu Spread? Spread Adalah…4 min read

Reading Time: 3 minutes

Spread adalah — Pernahkah kamu membeli emas, saham, atau mata uang digital (cryptocurrency) melalui pertukaran (exchange)? Jika demikian, tentunya kamu sudah mengenal istilah spread atau selisih antara harga jual dan beli. Tetapi bagi investor pemula, perbedaan spread dalam selisih antara harga jual dan beli saat melakukan transaksi tidak jarang membuat mereka terkejut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mining Bitcoin?

 

Apa Itu Spread? Spread Adalah.. | Aplikasi Pintu

Mengapa bisa ada perbedaan harga ini? Bagaimana spread mempengaruhi fungsi keseluruhan pasar? Dan bagaimana cara memanfaatkan spread untuk mendapatkan keuntungan maksimum dalam investasi atau perdagangan (trading) cryptocurrency?

Mari kita bahas secara tuntas!

Spread Adalah…

Secara umum, spread adalah perbedaan antara harga order beli tertinggi dan order jual terendah pada pasar pertukaran (exchange). Nilai suatu cryptocurrency merupakan rata-rata dari semua spread di semua bursa cryptocurrency di dunia.

Perdagangan terjadi ketika ada transaksi dari penjual dan pembeli. Ketika bertransaksi, penjual kerap mematok harga yang tinggi untuk meraih profit, sementara pembeli akan menawarnya dengan harga rendah. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya spread. Dengan kata lain, spread adalah selisih antara harga permintaan dengan harga penawaran yang terjadi di pasar.

Bagaimana Pengaruh Spread Terhadap Cryptocurreny di Pasar?

Selisih spread cryptocurrency menentukan likuiditas dan volatilitas harga cryptocurrency di pasar.

MIsalnya, jika spread bitcoin adalah kecil, hal itu menandakan bahwa market tersebut memiliki likuiditas yang baik. Likuiditas suatu pasar mengacu pada tingkat di mana sesuatu dapat dibeli atau dijual di pasar itu dengan cepat tanpa mempengaruhi harga barang tersebut.

Dalam pasar yang likuid, investor dapat menjual aset dengan cepat dan tidak akan banyak mengurangi harganya. Sementara dalam pasar yang relatif tidak likuid, akan terjadi perbedaan harga yang cukup besar. Spread besar adalah tanda bahwa ada ketidakseimbangan di pasar aset seperti kurangnya likuiditas atau beberapa peristiwa yang mempengaruhi dunia. Semakin rapat spread harga, semakin sedikit harga terpengaruh ketika melakukan pembelian dan penjualan.

Bagaimana Spread di Aplikasi Pintu?

Aplikasi Pintu memungkinkan pengguna untuk investasi atau melakukan perdagangan (trading) cryptocurrency secara instan. Pada tampilan beranda (home), pengguna akan disuguhkan dengan informasi harga berbagai aset cryptocurrency (seperti BTC, ETH, dan USDT). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga ini merupakan harga rata-rata dari semua spread di seluruh bursa cryptocurrency di yang ada di dunia.

Misalnya kamu ingin membeli aset cryptocurrency seperti Bitcoin. Kamu bisa melakukannya dengan mengetuk tombol buy/beli pada wallet card atau pada setiap halaman wallet crypto. Masukkan jumlah Rupiah atau crypto yang ingin kamu beli. Kamu dapat dengan mudah mengubah input antara Rupiah dan crypto dengan mengetuk tanda panah.

Pada halaman konfirmasi pembelian, kamu akan melihat harga final dari Bitcoin yang ingin kamu beli. Harga final yang digunakan adalah harga yang keluar saat check-out. Selisih harga check-out dengan harga di rata-rata market crypto (di tampilan homepage) disebut sebagai spread. Sebagai agregator, Pintu memberikan harga terbaik dari pasar yang bekerjasama dengan Pintu, sehingga Pintu tidak set spread harga.

Apa Itu Spread? Spread Adalah.. | Aplikasi Pintu

Spread Kecil, Cuan Maksimal!

Download aplikasi Pintu untuk investasi dan berdagang (trading) aset crypto dengan harga paling kompetitif di pasaran. Aplikasi Pintu memiliki spread kecil dengan likuiditas yang tinggi, sehingga pengguna dapat memperoleh cuan maksimal saat bertransaksi. Aset cryptocurrency yang kamu simpan dan perdagangkan di Pintu dijamin aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu bisa mulai investasi dari jumlah kecil sebesar Rp 55.000 di aplikasi Pintu.

Baca Juga: Apa itu KYC? KYC adalah…

Tentang Aplikasi Pintu

Pintu merupakan aplikasi termudah untuk investasi dan jual beli cryptocurrency. Aplikasi Pintu dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019.

Pintu menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk investasi mata uang digital dengan desain aplikasi dan user interface yang praktis, simpel, dan tanpa ribet. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan berdagang cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan melalui smartphone.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke marketing@pintu.co.id atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow sosial media Pintu di:

Telegram: https://t.me/PintuIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID

Twitter: https://twitter.com/PintuID

Facebook: https://cutt.ly/eyqWXl4

YouTube: https://bit.ly/pintu-youtube