Reading Time: 6 minutes

 Syarat dan Ketentuan Pintu Staking

Terakhir diperbarui: 27/01/2022

KETENTUAN UMUM

  • Dengan mengakses dan/atau menggunakan fitur PTU Staking, Anda memahami, mengakui dan setuju bahwa Anda menerima dan memahami risiko kerugian yang terkait dengan hilangnya atau berkurangnya nilai aset kripto digital Anda. Sebagaimana dengan aset kripto digital pada umumnya, nilai aset kripto digital dapat berfluktuasi secara substantsial sehingga Anda dapat menderita kerugian terkait dengan kepemilikan, penempatan, penyimpanan atau penggunaan PTU Staking, hingga dan termasuk jumlah total aset kripto digital yang mana Anda simpan pada PTU Staking.
  • Anda diharuskan memenuhi S&K ini, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia pada aplikasi Pintu dan telah disetujui sebagai pengguna untuk kemudian mengakses dan/atau menggunakan PTU Staking.
  • Anda mengakui dan menyetujui bahwa apabila dikemudian hari Anda tidak memenuhi S&K, syarat dan ketentuan dan/atau kebijakan privasi dalam aplikasi Pintu ataupun Pintu mencurigai atau menentukan bahwa Anda terindikasi terlibat dalam aktivitas penipuan atau penyalahgunaan yang dapat merugikan pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya, maka Pintu, atas diskresi tunggalnya yang tidak dapat diganggu gugat, dapat melakukan hal-hal yang kami anggap perlu termasuk, namun tidak terbatas pada, menahan segala keuntungan atau penghasilan apapun, meminta ganti kerugian, penangguhan sementara, penghentian akses, pembatasan akses, penghapusan akun dan pelarangan untuk menggunakan layanan Pintu dalam bentuk apapun.
  • Pintu dapat merubah sebagian atau seluruh ketentuan sebagaimana terdapat dalam S&K ini dengan cara menyampaikan pemberitahuan melalui aplikasi atau website Pintu atau dengan metode lain sebagaimana ditentukan oleh Pintu, yang mana perubahan tersebut akan berlaku pada tanggal yang Kami tentukan. Jika Anda menggunakan PTU Staking setelah tanggal tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan tersebut. Jika Anda tidak menyetujui perubahan S&K tersebut, maka Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan PTU Staking. Anda dianjurkan untuk secara berkala memeriksa S&K ini pada aplikasi atau website Pintu.

INTERPRETASI

  • Pintu adalah pedagang aset kripto digital yang secara resmi terdaftar di dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdangangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Oleh karena itu Pintu bukan merupakan dan tidak dapat dianggap sebagai suatu bank dan PTU Staking tidak dapat dianggap sebagai layanan rekening deposito atau rekening tabungan atau layanan sejenis lainnya untuk mata uang fiat.
  • PTU Staking beserta aset kripto digital yang Anda tempatkan pada PTU Staking tidak tunduk pada ketentuan penjaminan sebagaimana ditentukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
  • Pintu tidak bertindak sebagai pemegang kuasa, wali amanat atau penasihat investasi Anda dalam setiap tindakan Anda dalam menggunakan PTU Staking. Dengan menggunakan PTU Staking, Anda menyetujui dan memahami bahwa Anda tidak menjadikan kami sebagai wali amanat atau penasihat investasi Anda dan tidak ada hubungan fidusia di antara para pihak. Seluruh tindakan Anda dalam menggunakan PTU Staking merupakan keputusan Anda sendiri yang dibuat secara sadar.

PINTU STAKING

Pintu Staking adalah produk layanan dari Pintu yang memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan keuntungan atau imbalan dengan cara penempatan atau menyimpan aset PTU token yang Anda miliki di staking wallet Anda. Anda dapat mengakses PTU Staking melalui shortcut pada halaman PTU Token, atau melalui halaman wallet.

ELIGIBILITAS

Seluruh pengguna Pintu yang telah terdaftar dan terverifikasi dapat menggunakan layanan PTU Staking. Pastikan Anda telah mengunduh versi terbaru aplikasi Pintu dalam telepon genggam Anda.

PENGELOLAAN ASET KRIPTO DIGITAL

  • Anda dapat memindahkan PTU Token dari spot wallet Anda ke staking wallet untuk berpartisipasi pada layanan PTU Staking. Pintu tidak akan memberikan imbalan atau keuntungan apapun apabila Anda tidak memindahkan aset kripto digital Anda ke staking wallet.
  • Anda dapat memindahkan PTU Token yang tersimpan di staking wallet ke spot wallet anda dengan waktu tunggu selama 7 (tujuh) hari sampai PTU Token Anda berpindah (durasi dapat berubah sewaktu-waktu).
  • Staking wallet milik Anda adalah independen dan terpisah dari spot wallet Anda.
  • Tidak ada jumlah minimal atau maksimal PTU Token yang dapat anda pindahkan dari spot wallet ke staking wallet, begitu juga sebaliknya.

IMBALAN DAN KETENTUAN TERKAIT

  • Imbalan atau keuntungan akan diberikan kepada setiap pengguna yang telah melakukan penempatan atau penyimpanan PTU Token di staking wallet tersebut sesuai dengan jumlah PTU Token yang disimpan.
  • Detail imbalan atau keuntungan untuk penyimpanan PTU Token dapat dilihat pada halaman PTU Staking dengan nilai yang berbeda untuk masing masing level staking.
  • Nilai imbalan sebagaimana dimaksud diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan tertulis kepada Anda.

PAJAK

Anda setuju bahwa seluruh kewajiban pajak dan/atau biaya yang timbul atas dan/atau dibebankan sehubungan dengan penggunaan layanan PTU Staking akan ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai bagiannya masing-masing.

PERYATAAN DAN JAMINAN

Anda setuju bahwa Anda: (i) telah memberikan informasi yang benar, akurat, dan lengkap kepada Pintu sebagai bagian dari proses Know Your Customer (KYC); (ii) telah mematuhi seluruh ketentuan yang tercantum dalam S&K ini, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia dalam aplikasi Pintu, serta hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; dan (iii) tidak akan mengizinkan atau terlibat dalam perilaku penipuan terhadap pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya termasuk, namun tidak terbatas pada, menggunakan bot atau teknologi dengan cara memanipulasi atau memalsukan data untuk meningkatkan imbalan atau keuntungan yang dapat diperoleh Anda dalam Pintu Staking.

PEMBERITAHUAN RISIKO

  • Anda setuju dan memahami bahwa Anda mengakses atau menggunakan PTU Staking dengan resiko Anda sendiri. Anda mengetahui dan memahami bahwa terdapat resiko dalam penggunaan Pintu Staking termasuk, namun tidak terbatas pada, resiko-resiko dibawah ini.
  • Legalitas: Berdasarkan peraturan yang berlaku dan pengawasan otoritas yang berwenang, Kami dapat merubah, menangguhkan atau menghentikan PTU Staking. Anda bertanggung jawab sendiri untuk menentukan apakah penggunaan PTU Staking sesuai dengan legalitas di yurisdiksi tempat Anda berada. Anda dilarang untuk menggunakan PTU Staking apabila penggunaan tersebut dianggap illegal pada yurisdiksi Anda. Anda dianjurkan untuk mencari pendapat hukum independen apabila Anda merasa tidak yakin.
  • Serangan Dunia Maya: Anda mengerti dan memahami bahwa aset kripto digital dapat dirampas atau dicurangi oleh peretas atau kelompok yang memiliki niat jahat lainnya serta dapat mencoba mengganggu sistem Kami dengan berbagai cara, termasuk malware, serangan penolakan layanan, serangan berbasis consensus, serangan sybil, smurfing, dan spoofing yang dapat mengakibatkan hilangnya data digital Anda.
  • Kelemahan Kode Sumber: Anda mengerti dan memahami bahwa sistem kami dapat secara tidak sengaja menyertakan kelemahan atau bug dalam kode sumber yang dapat berdampak buruk pada sistem PTU Staking.

KEADAAN KAHAR

Setiap wanprestasi, kesalahan, gangguan atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajiban atau setiap ketidakakuratan atau ketidaksesuaian di PTU Staking yang disebabkan, secara keseluruhan atau sebagian, langsung atau tidak langsung, oleh suatu peristiwa atau kegagalan yang disebabkan oleh sebab apa pun di luar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada, bencana alam, tindakan pemerintah (termasuk perubahan hukum atau lainnya yang tidak disangka yang berada diluar kendali yang wajar), kegagalan atau gangguan pada jaringan telekomunikasi publik atau swasta, saluran komunikasi atau sistem informasi, perang, aksi terorisme, kerusuhan, virus, malware, kode komputer berbahaya lainnya, atau peretasan.

BATASAN KEWAJIBAN (TANGGUNGJAWAB)

  • Terlepas dari ketentuan apa pun dalam S&K ini, dalam keadaan apa pun, pihak manapun tidak akan bertanggung jawab kepada pihak lainnya atas segala jenis kerugian insidental, khusus, tidak langsung atau konsekuensial, termasuk, namun tidak terbatas pada, kehilangan pendapatan, kehilangan keuntungan, barang pengganti, kerusakan teknologi, kehilangan data, atau gangguan serta kehilangan penggunaan layanan atau peralatan, bahkan jika pihak tersebut diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut, dan apakah yang timbul berdasarkan pelaksanaan perjanjian, kesalahan, tanggung jawab atau yang lainnya.
  • Walaupun demikian, dengan tidak mengurangi substansi ketentuan lain dalam S&K ini dan sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, Anda menyetujui dan memahami bahwa nilai tanggung jawab Pintu atas kerugian atau kerusakan yang timbul sehubungan dengan PTU Staking adalah terbatas pada jumlah biaya yang telah Anda bayarkan kepada Kami atas layanan PTU Staking selama periode 12 (dua belas) bulan terakhir sebelum terjadinya kejadian yang merugikan tersebut.

GANTI RUGI

Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda akan melindungi, mengganti kerugian, dan membebaskan Pintu beserta setiap direktur, petugas, karyawan dan/atau afiliasinya sepenuhnya dari dan terhadap seluruh klaim, kerugian, kewajiban, biaya dan pengeluaran yang dapat dialami atau diderita oleh Pintu atau yang dapat diajukan terhadap Pintu yang timbul, secara langsung atau tidak langsung, dari atau sehubungan dengan setiap kegagalan Anda dalam mematuhi S&K, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia di aplikasi Pintu dan/atau dalam memenuhi kewajibannya peraturan perundang-undangan yang berlaku.

PENGAKHIRAN

  • Keberlakuan S&K ini akan berakhir apabila staking wallet Anda telah ditutup baik oleh Pintu atau oleh Anda sendiri. Untuk menghindari keraguan, pengakhiran S&K ini tidak akan membatasi pihak mana pun untuk mencari ganti kerugian terhadap pihak lainnya atas pelanggaran S&K ini sesuai syarat dan ketentuan S&K ini atau peraturan yang berlaku.
  • Jika Anda memiliki sisa aset kripto digital di staking wallet Anda yang telah ditangguhkan atau ditutup, Anda berhak mendapatkan kembali sisa aset kripto digital tersebut. Walaupun demikian, Kami memiliki hak untuk menahan sisa aset kripto tersebut apabila Kami dilarang oleh hukum atau perintah pengadilan untuk melepaskan aset kripto digital tersebut atau jika Kami memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai atau mengindikasikan bahwa aset kripto digital tersebut diperoleh melalui penipuan atau dengan cara apa pun yang melanggar S&K ini, peraturan yang berlaku atau terkait dengan kegiatan kriminal apa pun.

HUKUM YANG MENGATUR DAN ARBITRASE

  • Anda setuju bahwa S&K ini dan setiap klaim atau perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan pokok bahasan S&K ini diatur oleh hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
  • Setiap sengketa, perselisihan atau gugatan yang timbul dari atau behubungan dengan S&K ini, atau pelanggaran, penghentian atau cacat daripadanya harus diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan aturan arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Sidang arbitrase terdiri dari 1 arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI. Tempat arbitrase adalah Jakarta. Setiap keputusan oleh pengadilan arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak.

LAIN-LAIN

  • Keterpisahan: Ketidakabsahan sebagian dari ketentuan apa pun dalam S&K ini tidak akan memengaruhi keabsahan dari ketentuan lainnya, bagian ketentuan lainnya tersebut akan tetap berlaku.
  • Bahasa: S&K ini dibuat bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terjadi perbedaan penafsiran di antara teks Bahasa Indonesia dan teks Bahasa Inggris dari S&K ini, maka yang berlaku adalah teks Bahasa Indonesia.