Reading Time: 7 minutes

Pertanyaan populer

Proses verifikasi KYC cepat dan hanya butuh sekitar 10 menit saat jam kerja (setiap hari, 08.00 – 23:59).

Pengiriman crypto tidak ada jumlah minimal.

Semua pengiriman ke sesama pengguna Pintu gratis!

Biaya transfer keluar wallet Pintu menyesuaikan kebutuhan gas yang diperlukan

Proses withdraw/penarikan Rupiah di Pintu hanya butuh 5-10 menit! * Fee untuk withdraw/penarikan rupiah sebesar Rp4.500 ke seluruh bank.

(*pengecualian: penarikan diatas Rp 50.000.000/transaksi ke bank yang BUKAN BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB, dan Danamon membutuhkan 1 hari kerja melalui sistem LLG/RTGS.)

Kamu bisa transfer uang dari e-wallet atau PPOB ke nomor VA BNI kamu yang ada di halaman top up (seperti transfer ke rekening bank biasa).

Setelah uang masuk, saldo Rupiah kamu akan otomatis bertambah.

  • Bila kamu mengirim ke alamat address-mu di Pintu dengan benar tetapi lupa tidak memasukkan MEMO sama sekali, hubungi team support kita dan sertakan transaction ID yang bisa di track di blockchain explorer
  • Bila kamu mengirim ke alamat yang benar namun salah memasukkan MEMO, kami tidak dapat mengembalikan aset tersebut.

Pertanyaan berdasarkan topik

Pendaftaran Akun & KYC

Untuk melakukan KYC, Pintu memerlukan nomor HP, kartu identitas (KTP, Passport, atau SIM), serta alamat tinggal kamu. Menu KYC dapat diakses jika kamu mencoba membuka feature yang memerlukan KYC (seperti Deposit rupiah).

Proses verifikasi KYC cepat dan hanya butuh sekitar 10 menit saat jam kerja (setiap hari, 08.00 – 23:59).

Nomor HP, foto identitas, foto selfie dengan identitas, dan alamat.

Jika anda mengalami kendala ini, coba restart aplikasi kamu atau re-install aplikasi kamu.
Jika masih mengalami kendala, hubungi tim kami melalui channel yang tertera di Help Center.

Boleh. Namun, untuk proses Withdraw / penarikan rupiah, Bank yang didaftarkan sebagai tujuan haruslah bank yang terdaftar di negara Indonesia

Akun Saya

Ya, kamu dapat mengakses akun Pintu-mu di banyak devices.

Kamu juga dapat mengatur device mana yang sedang ter-login melalui fitur pengaturan.

Akun kamu dapat dihapus dengan cara menghubungi Customer Service kami.

Pastikan kamu tidak memiliki saldo sebelum menghapus akun mu.

Email yang sudah digunakan untuk akun yang dihapus tidak dapat digunakan kembali.

Bisa. Gunakan email yang sama seperti akun Pintu untuk mengirim request penggantian nomor HP ke [email protected].

Dalam email tersebut, kamu harus menyertakan dokumen berikut:

  1. Foto identitas yang kamu gunakan saat KYC
  2. Foto selfie dengan identitas yang kamu gunakan saat KYC
  3. Foto Selfi dengan selembar kertas bertuliskan “Tolong ganti nomor HP akun Pintu ke [xxxxxxxx] – [tanggal foto diambil]”.

Keamanan

Pintu diproteksi oleh Curv wallet yang menggunakan metode Multi-party computation (MPC). Dengan menggunakan Curv, kami dapat mencegah “Private Key single point of failure” sehingga crypto di Pintu terjaga dengan sangat aman

Sebagai cryptocurrency exchange, Pintu tidak memberikan private key kepada pengguna.

Feature 2 FA sedang dalam pengembangan. Tunggu kabarnya ya!

Transaksi Jual Beli

Pintu tidak menggunakan orderbook. Transaksi di Pintu instant, baik jual maupun beli

Minimal transaksi senilai Rp.55.000.

Tidak ada fee untuk setiap transaksi. Pintu menerapkan harga final.

Saat ini Crypto yang diperjualbelikan di Pintu meliputi

  • Bitcoin (BTC),
  • Ethereum (ETH),
  • Binance Coin (BNB), dan
  • Tether ERC20 (USDT)

Pintu mengumpulkan referensi harga terbaik yang ada dari berbagai pasar menjadi harga final. Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.

Harga yang ditunjukan di halaman beranda, di halaman crypto detail, serta yang menjadi patokan nilai crypto yang dimiliki di halaman wallet adalah harga tengah (antara harga jual dan beli market crypto). Harga final yang digunakan untuk transaksi ada di halaman checkout pembelian/penjualan

Deposit Rupiah

Top-up di Pintu tidak ada batas minimal.

Untuk sementara, metode top up yang digunakan hanya melalui transfer ke VA BNI.

Gratis, Pintu tidak memungut fee untuk transaksi deposit

Top up di Pintu menggunakan sistem otomatis. Saldo kamu akan bertambah dalam 5 menit setelah uang yang kamu transfer masuk ke sistem kami.

Saldo kamu akan otomatis bertambah saat uang yang kamu transfer sudah masuk ke rekening VA.

Bila kamu merasa waktu menunggu sudah melebihi waktu normal yang dibutuhkan metode transfer yang digunakan (seperti menggunakan SKN atau RTGS untuk top up yang dapat memakan waktu selama 2 – 3 jam kerja), hubungi CS dengan menyertakan

  • nama pemilik rekening bank yang digunakan untuk melakukan transfer,
  • nomor rekening bank yang digunakan untuk transfer
  • bukti transfer.

Kamu bisa transfer uang dari e-wallet atau PPOB ke nomor VA BNI kamu yang ada di halaman top up dan setelah uang masuk, saldomu akan otomatis bertambah (seperti transfer ke rekening bank biasa).

Maaf, untuk saat ini belum dapat deposit menggunakan kartu kredit.

Pastikan KYC kamu sudah terverifikasi. Bila sudah terverifikasi, hubungi team support kami disertai dengan screenshot halaman deposit yang tidak menunjukkan nomor akun VA milikmu

Withdraw Saldo Rupiah

Tidak ada limit transaksi withdrawal saldo Rupiah.

Penarikan hanya dapat dilakukan ke akun bank atas nama pribadi.

Proses withdraw/penarikan Rupiah di Pintu sangatlah cepat – hanya butuh 5-10 menit!

(*pengecualian: penarikan diatas Rp 50.000.000/transaksi ke bank yang BUKAN BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB, dan Danamon dapat membutuhkan 1-2 hari kerja melalui sistem LLG/RTGS.

Jika butuh melakukan penarikan semacam ini, kami anjurkan memecah transaksi ke pecahan di bawah 50 juta agar proses instant.)

Fee withdraw sebesar  Rp4.500 (berlaku ke seluruh bank di Indonesia).

Ya! Permintaan withdraw saldo rupiah akan tetap kami terima dan proses 24 jam / 7 hari, termasuk hari libur.

Tidak bisa. Bank yang diterima hanya bank yang terdaftar di Indonesia.

Bank yang dapat didaftarkan adalah rekening bank terdaftar di Indonesia. Nama akun bank harus atas nama pribadi (sesuai ID).

Menerima Crypto

Pilih menu wallet → klik Crypto yang akan kamu terima → klik terima, nanti akan ada address wallet Crypto milikmu (beserta Memo untuk setiap aset BEP2)

Pastikan KYC sudah terverifikasi sebelum membuka address wallet.

TIDAK BISA. Hanya kirimkan aset ke address yang sesuai dengan namanya. Sebagai contoh, jangan kirimkan Tether (USDT) ke alamat Ethereum (ETH) untuk menghindari kegagalan menerima aset.

Untuk saat ini sama, namun kita tidak menjamin addressnya akan tetap sama. Pastikan selalu memberikan alamat terbaru sesuai dengan crypto yang akan diterima.

Ya, BNB atau IDRTB membutuhkan memo selain wallet address sebagai identifier untuk menerima token.

  • Bila kamu mengirim ke alamat address-mu di Pintu dengan benar tetapi lupa tidak memasukkan MEMO sama sekali, hubungi team support kita dan sertakan transaction ID yang bisa di track di blockchain explorer
  • Bila kamu mengirim ke alamat yang benar namun salah memasukkan MEMO, kami tidak dapat mengembalikan aset tersebut.
  • Transaksi blockchain memerlukan waktu untuk settlement, pastikan sudah menunggu selama waktu wajar yang dibutuhkan (30 menit untuk BTC, 5-10 menit untuk aset lainnya)
  • Bila sudah melebihi waktu wajar, hubungi team support kita dan sertakan transaction ID yang bisa di-track di blockchain explorer

Mengirim Crypto

Tidak perlu, gas fee akan dibebankan dalam bentuk token yang akan dikirim senilai gas fee yang digunakan

Tidak ada minimal pengiriman

Semua pengiriman ke sesama Pintu gratis.

Biaya transfer keluar wallet Pintu menyesuaikan kebutuhan gas yang diperlukan

Pintu tidak dapat membantu mengembalikan aset crypto yang kamu kirimkan. Transaksi pengiriman crypto bersifat final.

Screenshot pesan error yang keluar lalu hubungi team support kami dan sertakan screenshot pesan error tersebut

  • Transaksi blockchain memerlukan waktu untuk settlement, pastikan sudah menunggu selama waktu wajar yang dibutuhkan (30 menit untuk BTC, 5-10 menit untuk aset lainnya)
  • Bila sudah melewati waktu wajar, cek di blockchain explorer, apakah transaksi tersebut sudah berhasil atau belum dengan cara klik Tampilkan di Blockchain Explorer yang ada di halaman detail transaksi.
  • Bila di blockchain explorer transaksi tersebut tidak valid, hubungi team support kami disertai oleh transaction ID Pintu, transaction ID blockchain, serta screenshot dari halaman detail transaksi tersebut
  • Bila transaksi tersebut valid, hubungi wallet provider address tujuan

Tentang Pintu

Pintu terdaftar sebagai Pedagang Fisik Aset Kripto (exchange) di Bappebti dengan No. 003/BAPPEBTI/CP-AK/02/2020 dan terdaftar di KOMINFO dengan No. 02093/DJAI.PSE/12/2019

Sama seperti seluruh exchange crypto di Indonesia, Pintu berada di bawah naungan BAPPEBTI.

Versi web belum ada dalam roadmap untuk saat ini.