Susul Optimism (OP), ZkSync Luncurkan Jaringan Hyperchains Baru!

author:

Susul Optimism (OP), ZkSync Luncurkan Jaringan Hyperchains Baru!

Matter Labs, pengembang sistem penskalaan zero-knowledge proof Ethereum, zkSync Era, telah mengumumkan ZK Stack, kerangka kerja modular untuk serangkaian blockchain khusus yang ditenagai oleh ZK yang disebut Hyperchains.

Hyperchains ini akan beroperasi sebagai lapisan baru di atas protokol layer-2 yang ada, memungkinkan transfer likuiditas dan pinjaman kilat yang hampir instan antar protokol dalam sistem. Menurut laporan, inisiatif ini menjanjikan peluncuran testnet pada akhir tahun 2023.

ZK Stack: Kerangka Kerja untuk Membangun Hyperchains

ZK Stack adalah jawaban zkSync Era untuk konsep Superchain dari Optimism. Ini adalah kerangka kerja modular untuk serangkaian blockchain khusus yang ditenagai oleh ZK yang disebut Hyperchains.

Hyperchains dari zkSync Era akan beroperasi sebagai lapisan baru di atas protokol layer-2 yang ada. Rantai-rantai ini akan dapat disusun dan saling beroperasi, memungkinkan transfer likuiditas dan pinjaman kilat yang hampir instan antara protokol dalam sistem, yang tidak mungkin dilakukan antara blockchain L1.

Baca juga: Jumlah TVL Ethereum zkSync Era Melampaui Rp7,5 Triliun!

Alex Gluchowski, pendiri dan CEO zkSync, mengatakan bahwa sistem ini menghilangkan kebutuhan akan jembatan token yang kikuk dan tidak aman, yang merupakan titik lemah yang dieksploitasi oleh banyak peretasan crypto terbesar.

“Kami sekarang memiliki ZK Stack yang tersedia untuk orang-orang mulai membangun dan kami sudah memiliki produk pertama yang kami kerjakan untuk membangunnya, dan ini akan hidup di testnet pasti pada akhir tahun ini,” kata Gluchowski

Meskipun Gluchowski mengharapkan lebih dari 95% DApps akan beralih langsung ke L2, Hyperchains kemungkinan akan digunakan oleh proyek-proyek dengan persyaratan khusus seputar privasi, kecepatan, dan ketersediaan data. Game, jejaring sosial, bursa latency rendah, dan bank adalah beberapa pengguna potensial.

Penggunaan dan Potensi Hyperchains

Hyperchains dapat dibuat untuk berjalan sebagai jaringan L2 yang berjalan sejajar dengan zkSync Era, atau jaringan L3 yang berjalan di atasnya. Pengembang dapat menyesuaikan rantai, tergantung pada tujuan jaringan yang dimaksud. Hyperchains dapat dihubungkan menggunakan apa yang disebut Matter Labs sebagai Hyperbridges, yang dirancang untuk memungkinkan pertukaran lintas rantai yang hanya membutuhkan beberapa menit dan biaya sebanyak satu transaksi.

Matter Labs mencatat bahwa ZK Stack menawarkan abstraksi akun asli dan mengklaim bahwa beberapa jenis transaksi, seperti pembaruan oracle, akan jauh lebih murah daripada di Ethereum. Selain itu, ZK Stack juga memungkinkan penggunaan smart contract yang lebih kompleks dan efisien. Dengan demikian, ini dapat membuka peluang baru bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang lebih canggih dan responsif di atas blockchain.

Hyperchains juga memiliki potensi untuk meningkatkan privasi dan keamanan transaksi. Dengan menggunakan teknologi zero-knowledge proof, Hyperchains dapat memastikan bahwa transaksi dilakukan dengan cara yang aman dan pribadi, tanpa mengungkapkan informasi yang tidak perlu kepada pihak ketiga. Ini bisa menjadi fitur penting bagi banyak pengguna dan bisnis yang menghargai privasi dan keamanan data mereka.

Kompetisi dalam Penskalaan Ethereum: Optimism dan zkSync

teknologi optimism
Crypto.News

Peluncuran ZK Stack menandai tanda terbaru dari kompetisi yang muncul antara dua visi alternatif untuk penskalaan Ethereum, dengan Optimism dan zkSync mengambil pendekatan yang serupa, meski dengan perbedaan teknologi mereka.

Optimism memiliki OP Stack dan Superchains-nya, yang sudah menemukan adopsi dengan bursa crypto Coinbase. Perbedaan kunci antara keduanya adalah bahwa Optimism dibangun di atas rollup optimis, sementara zkSync dibangun menggunakan zero-knowledge proof untuk semua transaksi.

Baca juga: Optimism Ubah Brand Menjadi OP Mainnet: Superchain yang Mengubah Wajah Ethereum! Harga OP Bisa Naik?

Mirip dengan OP Stack, yang berjalan di bawah lisensi MIT, ZK Stack dirilis di bawah lisensi sumber terbuka MIT/Apache yang sepenuhnya permissif.

“Prioritas kami sekarang adalah membantu lebih banyak tim memahami dan berkontribusi pada ZK Stack. Dengan lebih banyak Hyperchains yang diluncurkan, jumlah kontributor inti akan tumbuh, dan komunitas akan menjadi pemilik sejati dari jaringan zkSync, yang akan memberdayakannya untuk menjadi penjaga etos dan nilai-nilai ZK Credo,” kata Matter Labs dalam postingan blognya.

Meskipun ZK Stack secara teoritis dapat menghubungkan roll-up ZK lainnya, seperti zkEVM Polygon, Linea ConsenSys, atau StarkNet, Gluchowski menunjukkan bahwa ini tidak mungkin. Jadi, tampaknya ZK Stack tidak mungkin segera menyelesaikan masalah interoperabilitas dengan rollup ZK.

Pada akhirnya, dengan peluncuran ZK Stack dan konsep Hyperchains, zkSync menunjukkan ambisinya untuk membawa penskalaan Ethereum ke tingkat berikutnya. Meskipun ada tantangan dan kompetisi, inisiatif ini menunjukkan potensi zero-knowledge proof dalam menciptakan jaringan blockchain yang lebih efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: