Baru! zkSync Luncurkan Boojum, Solusi untuk Skalabilitas dan Keamanan Blockchain

author:

Baru! zkSync Luncurkan Boojum, Solusi untuk Skalabilitas dan Keamanan Blockchain

zkSync, jaringan blockchain yang bertujuan untuk membuat kepemilikan digital secara universal dapat diakses, telah mengumumkan peningkatan kriptografi besar-besaran pada sistem proof mereka. Peningkatan ini melibatkan transisi ke sistem proof berbasis STARK baru yang disebut “Boojum”, yang menurut pengumuman tersebut, menawarkan kinerja pembuktian kelas dunia dan mengurangi persyaratan perangkat keras untuk desentralisasi.

Era Baru zkSync: Boojum

Twitter

Melalui cuitan akun Twitternya pada 17 Juli 2023, zkSync mengumumkan peluncuran Boojum. Secara singkat, Boojum adalah perpustakaan aritmetisasi dan kendala berbasis Rust yang mengimplementasikan versi upgrade dari sirkuit ZK untuk zkSync Era dan ZK Stack. Perpustakaan ini menawarkan beberapa properti menarik, termasuk aritmetisasi gaya PLONK.

Sementara itu, PLONK adalah sistem proof baru yang memberikan beberapa keuntungan dibandingkan sistem sebelumnya, seperti Sonic dan Halo. Secara khusus, PLONK dirancang untuk menjadi lebih transparan, universal, dan dapat ditingkatkan, menjadikannya pilihan yang baik untuk sistem bukti upgrade zkSync.

Baca juga: Susul Optimism (OP), ZkSync Luncurkan Jaringan Hyperchains Baru!

Menurut pengumuman tersebut, transisi ke sistem proof berbasis STARK mewakili peningkatan kinerja yang dramatis dan akan membantu memastikan latensi rendah untuk finalitas dan dukungan untuk tingkat aktivitas yang meningkat pada zkSync Era dan sistem berbasis ZK Stack lainnya.

Peningkatan Kinerja dan Aksesibilitas

zksync luncurkan boojum
Twitter

Prover GPU yang digunakan untuk Boojum hanya memerlukan 16 GB RAM, penurunan signifikan dari ratusan GB RAM yang dibutuhkan oleh sistem bukti yang berlaku saat ini. Dengan mengurangi jumlah RAM yang diperlukan untuk menjalankan prover GPU dari ratusan GB menjadi hanya 16 GB, zkSync akan dapat menggunakan mesin yang lebih murah untuk skalabilitas horizontal yang meningkat.

Hal tersebut berarti lebih banyak orang akan dapat berpartisipasi dalam jaringan dan berkontribusi pada desentralisasinya, yang pada akhirnya akan mengarah pada jaringan yang lebih sehat dan kuat. Selain itu, untuk memastikan transisi yang lancar, zkSync menjalankan sistem proof baru bersamaan dengan yang ada dalam fase pengujian yang disebut mode bayangan mainnet.

Jaringan menghasilkan dan memverifikasi “bukti bayangan” untuk blok Mainnet untuk lebih lanjut menguji dan mengoptimalkan sistem dengan data produksi nyata dari aktivitas pengguna zkSync Era. Pengujian ini dilakukan off-chain untuk menemukan kasus pinggir dan bug, dan untuk terus meninjau implementasi.

Baca juga: Era Baru Identitas Digital, Unstoppable Domains Menambahkan Dukungan untuk Domain .eth

Masa Depan Skalabilitas dan Keamanan Blockchain

Menurut laporan, langkah menuju Boojum adalah langkah penting menuju masa depan generasi bukti yang didukung pengguna, desentralisasi. Peningkatan kinerja dan pengurangan persyaratan perangkat keras akan membantu zkSync dan sistem berbasis ZK Stack lainnya mencapai skalabilitas dan aksesibilitas yang lebih besar.

CEO zkSync, Alex Gluchowski, mengatakan bahwa dengan mengurangi persyaratan perangkat keras, Boojum akan membuat lebih banyak orang dapat berpartisipasi dalam jaringan dan berkontribusi pada desentralisasinya, yang pada akhirnya akan mengarah pada jaringan yang lebih sehat dan kuat.

Dengan langkah ini dalam langkah desentralisasi yang dieksekusi, Gluchowski mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah untuk mendesentralisasi sequencer zkSync. Bagian ini dari blockchain bertanggung jawab untuk mengurutkan transaksi dalam setiap blok.

Pada akhirnya, melalui peluncuran Boojum, zkSync telah membuka era baru dalam skalabilitas dan keamanan blockchain. Ini menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dapat digunakan untuk memudahkan dan memperkuat penggunaan internet, dan bagaimana Web3 dapat menjadi lebih mudah diakses dan digunakan oleh semua orang, baik mereka yang sudah familiar dengan crypto maupun yang baru mengenalnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: