zkSync Siap Hadirkan Biaya Lebih Rendah Pasca Pembaruan Duncan Ethereum!

zkSync Siap Hadirkan Biaya Lebih Rendah Pasca Pembaruan Duncan Ethereum!

zkSync, solusi Layer 2 terkemuka di Ethereum, bersiap untuk menghadirkan biaya transaksi yang lebih rendah dan batch yang lebih besar setelah pembaruan Duncan yang akan datang. Pembaruan ini memperkenalkan “proto-danksharding,” sebuah fitur yang berpotensi meningkatkan kinerja solusi Layer 2 seperti zkSync. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proto-Danksharding: Meningkatkan Kapasitas Data Ethereum

proto danksharding
Sumber: Medium

Proto-danksharding (atau EIP-4844) bertujuan untuk menggabungkan ‘data blob’ off-chain untuk meningkatkan kapasitas data dalam transaksi Ethereum tanpa memengaruhi waktu pemrosesan blok. Hal ini akan menyebabkan penurunan biaya transaksi yang signifikan pada solusi Layer 2 seperti zkSync.

Matter Labs, perusahaan di balik zkSync, telah menerapkan peningkatan kode pada zkSync, termasuk peluncuran Boojum, sistem pembuktian berbasis STARK yang dirancang untuk mengompresi dan menerbitkan lebih banyak data ke mainnet dalam batch. Peningkatan ini, dikombinasikan dengan perubahan khusus untuk EIP-4844, akan meningkatkan kinerja dan efisiensi biaya zkSync.

Baca Juga: Ethereum Capai Tonggak Baru, 25% dari Total Pasokan ETH Kini Telah Di-staking!

Dencun Upgrade: Meningkatkan Efisiensi Jaringan dan Dukungan Layer-2

Jaringan Ethereum akan menjalani pembaruan Dencun pada tanggal 13 Maret, memperkenalkan peningkatan skalabilitas utama. Fitur ini menghadirkan transaksi blob dan penyimpanan sementara untuk meningkatkan dukungan Ethereum untuk jaringan Layer 2 seperti zkSync, Optimism, dan Arbitrum.

Ini memungkinkan lebih banyak data transaksi tanpa memperpanjang waktu pemrosesan blok. Penggabungan “data blob” melalui EIP-4844 merupakan langkah signifikan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data, memfasilitasi penyertaan data tambahan dalam transaksi Ethereum. Pembaruan Dencun telah menjalani serangkaian penyebaran pengujian pada berbagai testnet, memastikan kesiapannya untuk jaringan utama.

Kesimpulan

Pembaruan Duncan Ethereum dan peningkatan zkSync yang menyertainya menjanjikan peningkatan signifikan dalam efisiensi biaya dan kinerja untuk solusi Layer 2. Dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan batch yang lebih besar, zkSync siap untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan membuka jalan bagi adopsi yang lebih luas dari aplikasi terdesentralisasi (dApps) di Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi