Zimbabwe Luncurkan Mata Uang Baru Berbasis Emas untuk Hentikan Inflasi!

author:

Zimbabwe Luncurkan Mata Uang Baru Berbasis Emas untuk Hentikan Inflasi!

Jakarta, Pintu News – Dalam upaya dramatis untuk mengatasi inflasi yang melonjak, Zimbabwe mengumumkan penggantian mata uang lokalnya yang terpuruk dengan Zimbabwe Gold (ZiG), sebuah mata uang baru yang didukung oleh emas.

Langkah ini diambil setelah mata uang Zimbabwean dollar kehilangan lebih dari 70% nilainya dalam satu tahun, dengan inflasi yang menyebabkan kenaikan harga lebih dari 55%.

Zimbabwe Gold (ZiG): Harapan Baru

Menurut manajer bank sentral, John Mushayavahu, ZiG akan beredar bersama dengan mata uang asing.

Baca juga: Heboh! Zimbabwe Luncurkan Mata Uang Digital Berbasis Emas “ZiG”

Bank sentral telah menurunkan suku bunga dari 130% menjadi 20% dan memulai pencatatan ZiG menggunakan tarif emas serta tarif sebelumnya.

Meskipun pengungkapan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, total nilai aset tunai dan cadangan emas yang dicatat oleh bank sentral adalah $185 juta dan $100 juta, masing-masing. Ini menandai langkah signifikan dalam upaya stabilisasi ekonomi Zimbabwe.

Transisi ke ZiG

Bank-bank diinstruksikan untuk mengonversi saldo dolar Zimbabwean mereka menjadi ZiG dengan segera, sementara masyarakat diberi waktu 21 hari untuk menukar catatan dan koin lama mereka dengan yang baru.

Kebijakan moneter ini diharapkan dapat memperlancar transisi ke mata uang baru dan mengurangi dampak negatif terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat.

Keputusan bank sentral untuk menaikkan suku bunga didahului oleh bulan-bulan negosiasi antara otoritas resmi dan pemerintah untuk menghindari tren depresiasi mata uang saat ini. Ini menunjukkan upaya kolaboratif untuk memperkuat ekonomi Zimbabwe.

Baca juga: Zimbabwe Sediakan Token Digital Berbasis Emas dengan Harga Rp146 Ribu

Dampak dan Harapan

token digital berbasis emas
Sumber: Current Affairs

Dengan pengenalan ZiG, Zimbabwe berharap untuk memulihkan stabilitas ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada mata uang asing.

Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor dan masyarakat terhadap sistem keuangan Zimbabwe.

Meskipun tantangan tetap ada, inisiatif ini menandai era baru dalam manajemen ekonomi Zimbabwe. Dengan dukungan yang tepat dan kebijakan yang efektif, ZiG berpotensi menjadi alat penting dalam memerangi inflasi dan membangun kembali ekonomi Zimbabwe.

Dalam menghadapi inflasi yang tak terkendali, Zimbabwe mengambil langkah berani dengan meluncurkan ZiG, mata uang baru yang didukung emas.

Langkah ini tidak hanya menunjukkan komitmen Zimbabwe terhadap stabilitas ekonomi tetapi juga menawarkan pelajaran berharga tentang pentingnya inovasi dan adaptasi dalam kebijakan moneter.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Crypto Times