Yunani Siap Menjadi Pemimpin dalam Adopsi AI dengan Pembentukan Komite Khusus!

Yunani Siap Menjadi Pemimpin dalam Adopsi AI dengan Pembentukan Komite Khusus!

Yunani, negara anggota Uni Eropa, telah membentuk komite penasihat khusus untuk mengembangkan strategi nasional dalam bidang kecerdasan buatan (AI). Komite ini dipimpin oleh para profesional terkemuka di bidang teknologi, etika, hukum, dan ilmu pengetahuan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembentukan Komite Penasihat AI

Perdana Menteri Yunani, Kryiakos Mitsotakis, pada tanggal 19 Oktober mengumumkan pembentukan komite penasihat untuk merumuskan strategi nasional dalam bidang AI. Komite ini dibentuk sebagai respons terhadap perkembangan AI yang berlangsung dengan cepat.

Mitsotakis menekankan bahwa penerimaan teknologi ini harus diorganisir sebelum menjadi kenyataan sehari-hari. “Ini bukan tentang masa depan, tetapi tentang masa kini,” katanya.

Komite ini dipimpin oleh Constantinos Daskalakis, seorang profesor ilmu komputer dari MIT. Komite ini juga melibatkan para profesional di bidang terkait seperti teknologi, etika, hukum, dan ilmu pengetahuan. Selain itu, komite ini juga melibatkan peneliti dan ilmuwan Yunani yang tinggal di luar negeri.

Baca Juga: OpenAI dan G42 Berkolaborasi, Revolusi AI di Timur Tengah Dimulai!

Fokus Strategi AI Yunani

strategi ai yunani
Sumber: Bitcoinist

Salah satu tugas utama komite penasihat ini adalah merumuskan rekomendasi kebijakan dan membuat pedoman untuk strategi nasional jangka panjang. Strategi AI ini akan mempertimbangkan dampaknya terhadap ekonomi dan masyarakat, meningkatkan produktivitas, mendorong inovasi, dan memperkuat infrastruktur lokal, di antara hal-hal lainnya.

Yunani, sebagai salah satu dari 27 negara anggota Uni Eropa, akan tunduk pada Undang-Undang AI Uni Eropa yang akan datang. Pada awal Oktober, pejabat Uni Eropa mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan regulasi yang lebih ketat untuk model AI besar seperti ChatGPT OpenAI dan Llama 2 Meta.

Baca Juga: Inggris akan Mendiskusikan Potensi Ancaman AI pada KTT November 2023

Dampak Strategi AI bagi Yunani

Dengan pembentukan komite penasihat ini, Yunani berharap dapat memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam adopsi dan penggunaan AI yang bertanggung jawab. Dengan memanfaatkan potensi AI dan menggabungkannya ke dalam berbagai sektor, Yunani berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, mendorong inovasi, dan menciptakan masyarakat yang tangguh dan kompetitif.

Rekomendasi dari komite ini akan memainkan peran penting dalam merumuskan strategi nasional untuk IT di Yunani. Strategi ini akan berfokus pada peningkatan produktivitas, peningkatan inovasi, penguatan infrastruktur, mempromosikan kohesi sosial, dan menciptakan pekerjaan berkualitas, semuanya sambil menjaga kedaulatan digital nasional dan meningkatkan efisiensi negara.

Dengan langkah berani ini, Yunani menunjukkan komitmennya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi era digital yang semakin maju. Melalui pembentukan komite penasihat AI, Yunani berupaya memastikan bahwa mereka dapat memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh AI sekaligus mengatasi tantangan dan risiko potensial.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: