Dari Pixel ke Halaman: Yuga Labs dan Zak Group Rilis Buku Pertama tentang Warisan CryptoPunks!

author:

Dari Pixel ke Halaman: Yuga Labs dan Zak Group Rilis Buku Pertama tentang Warisan CryptoPunks!

Yuga Labs, pemimpin Web3 yang dikenal karena meluncurkan dan mengakuisisi beberapa proyek NFT terbesar (CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, Meebits, Otherside, dan 10KTF), telah mengumumkan kolaborasi dengan Zak Group, kantor desain terkenal di balik ICONS karya Virgil Abloh, untuk menciptakan katalog resmi yang akan menjadi dokumentasi definitif dari CryptoPunks.

CryptoPunks: Dari Pixel ke Halaman

nft cryptopunks berkolaborasi dengan zak group
Twitter

Pada 23 Juni 2023, akun Twitter Cryptopunks mengumumkan kolaborasi dengan Zak Group untuk meluncurkan buku pertama yang didedikasikan untuk mengarsipkan CryptoPunks. Berdasarkan pengumuman tersebut, buku ini mengungkap kisah-kisah yang tak terhitung dari koleksi tersebut dengan memanfaatkan komunitas yang bersemangat untuk berkontribusi pada catatan tertulis tentang Punks.

CryptoPunks, yang terdiri dari 10.000 avatar kolektif unik yang dihasilkan secara generatif, memperoleh popularitas sebagai salah satu koleksi NFT pertama di blockchain Ethereum, dan sejak itu mencapai status terkemuka sebagai koleksi PFP (Profile Picture) paling berpengaruh dan ikonik sepanjang masa. Dibuat oleh pengembang perangkat lunak Kanada, Matt Hall dan John Watkinson dari Larva Labs pada tahun 2017, proyek ini berdiri sebagai salah satu pelopor awal koleksi NFT di Ethereum dan telah memainkan peran penting dalam membentuk gerakan CryptoArt.

Baca juga: Terobosan Baru, Badan Intelijen Jerman Gunakan NFT untuk Rekrut Staff Terbaik!

Kolaborasi antara Yuga Labs, yang mengakuisisi koleksi tersebut pada tahun 2022, dan Zak Group bertujuan untuk menyoroti kisah-kisah yang belum diceritakan di balik koleksi CryptoPunks. Namun, buku ini tidak hanya ditujukan untuk komunitas Web3.

“CryptoPunks adalah koleksi ikonik yang telah melampaui crypto ke budaya yang lebih luas. Buku ini adalah katalog dari sejarah kaya tersebut, dalam rendering kualitas tertinggi, yang kami harap akan menjadi sumber inspirasi bagi komunitas Punks dan lebih jauh lagi,” kata Greg Solano, Co-Founder dari Yuga Labs.

Kolaborasi Yuga Labs dan Zak Group

Wrapped CryptoPunks NFTs
Play to Earn

Usaha ambisius ini akan merinci setiap Punk, pixel demi pixel, sambil memasukkan kontribusi dari tokoh-tokoh budaya ikonik di Web3, seni digital, desain, dan teknologi. Tokoh-tokoh terkenal seperti SnowFro, Beeple, 6529, Deafbeef, dan pendiri Larva Labs sendiri akan memberikan keahlian dan wawasan mereka untuk proyek ini. Selain itu, buku ini akan mencakup konten yang bersumber dari komunitas Discord dan Twitter Punks yang dinamis.

“CryptoPunks adalah tabrakan antara seni, desain, dan internet di abad ke-21. Buku ini adalah kesempatan untuk memberikan bentuk kepada budaya secara real-time. Bersama dengan Yuga Labs, kami telah mengundang seniman, teknolog, kurator — dan tentu saja Punks itu sendiri — untuk menciptakan manual pengguna DIY, arsip, dan katalog raisonnè yang lengkap.” kata Zak Kyes, Direktur Kreatif dari Zak Group.

CryptoPunks mengambil pendekatan unik dalam menerbitkan buku ini dengan membuka proses kreatif. Komunitas memiliki peran penting dalam evolusi merek, dan mereka akan memiliki masukan langsung saat proyek berkembang. Pra-penjualan akan dimulai pada musim gugur 2023, dengan buku jadi dijadwalkan dirilis pada musim dingin.

Dampak dan Pentingnya Buku CryptoPunks

CryptoPunks adalah salah satu koleksi NFT pertama di blockchain Ethereum. Didirikan pada tahun 2017 oleh John Watkinson dan Matt Hall dari Larva Labs, koleksi ini meledak dalam popularitas pada tahun 2021. Pada tahun 2022, Yuga Labs, perusahaan terkemuka di Web3, membeli koleksi tersebut bersama dengan proyek NFT lainnya, Meebits.

Hari ini, CryptoPunks berada di sepuluh proyek paling populer (dan mahal) sepanjang masa. Beberapa NFT-nya dijual seharga puluhan juta dolar, dan desain pixelated mereka telah mempengaruhi ribuan pembuat konten digital di seluruh dunia.

Baca juga: Studio Kreatif Atrium Luncurkan Episode Awal Film ‘The Rise of Blus: A Nouns Movie’, Didanai Penuh oleh DAO!

Dengan kata lain, koleksi ini membentuk evolusi pasar NFT. Mempunyai buku yang mendokumentasikan perjalanan ini dengan hati-hati membantu pembuat konten, investor, dan masyarakat umum memahami industri dan mengapa CryptoPunks masih relevan hari ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: