Yuga Labs Membakar NFT Game Senilai Hampir $1 Juta: Langkah Strategis Atau Taktik Pasar?

Yuga Labs Membakar NFT Game Senilai Hampir $1 Juta: Langkah Strategis Atau Taktik Pasar?

Jakarta, Pintu News – Yuga Labs, perusahaan di balik Bored Ape Yacht Club (BAYC), baru-baru ini mengumumkan pembakaran 4.295 NFT Ethereum dari game HV-MTL, yang mencakup 14% dari total pasokan mereka. Pembakaran NFT senilai hampir $1 juta ini adalah bagian dari strategi pasca-penjualan properti game mereka kepada studio game blockchain, Faraway. Artikel ini akan mengeksplorasi alasan di balik pembakaran ini dan dampaknya pada harga dan pasar NFT. Simak selengkapnya disini!

Alasan Pembakaran NFT

Pembakaran NFT oleh Yuga Labs dilakukan atas permintaan Faraway, yang baru saja mengakuisisi dua properti game dari Yuga, termasuk HV-MTL. Pembakaran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai koleksi dengan mengurangi jumlah pasokan yang tersedia di pasar, strategi yang sering digunakan untuk menambah nilai aset melalui kelangkaan buatan.

Kegiatan ini mengakibatkan kenaikan harga lantai NFT HV-MTL sebesar 31% menjadi 0.064 ETH, menunjukkan respons pasar yang positif terhadap pembakaran. Meskipun masih jauh dari harga tertinggi sebelumnya, langkah ini diharapkan dapat memulihkan kepercayaan investor dan meningkatkan aktivitas perdagangan.

Baca Juga: Yuga Labs Lepas 2 Game NFT demi ‘Membebaskan’ Tim BAYC, Ada Apa?

Dampak Pembakaran pada Harga dan Perdagangan

yuga labs gaming
Sumber: Akun X Yuga Labs Gaming

Sebelum pembakaran, harga lantai NFT HV-MTL mengalami penurunan sebesar 16% setelah berita akuisisi oleh Faraway menjadi publik, dengan volume perdagangan yang meningkat secara signifikan. Pembakaran NFT ini merupakan upaya untuk menstabilkan pasar dan mencegah penurunan harga lebih lanjut.

Peningkatan harga pasca-pembakaran menunjukkan bahwa pasar bereaksi positif terhadap langkah-langkah yang diambil Yuga Labs dan Faraway untuk mempertahankan nilai koleksi. Ini menunjukkan potensi pembakaran sebagai alat untuk memanipulasi pasokan dan permintaan di pasar NFT.

Baca Juga: Yuga Labs dan Magic Eden Bergabung untuk Fokus pada Royalti!

Strategi Baru Faraway dalam Pengelolaan Game HV-MTL

Dengan mengambil alih HV-MTL, Faraway telah memperkenalkan sistem poin baru yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah dengan berpartisipasi dalam “aktivasi baru dengan interoperabilitas” melintasi jaringan Faraway. Langkah ini merupakan upaya untuk menambahkan utilitas lebih kepada NFT yang menjadi bagian dari koleksi mereka.

Faraway juga berencana untuk melakukan perubahan pada game HV-MTL dan game lain yang mereka akuisisi. Mereka berkomitmen untuk menggerakkan sebanyak mungkin utilitas ke NFT utama yang membentuk koleksi ini, sambil terus mengembangkan ekosistem game yang lebih luas dan interaktif.

Kesimpulan

Pembakaran NFT oleh Yuga Labs, dengan permintaan dari Faraway, adalah langkah strategis yang memperlihatkan dinamika kompleks antara kelangkaan, nilai, dan utilitas dalam ekonomi NFT. Meskipun ini mungkin memberikan keuntungan jangka pendek dalam hal harga, efektivitas strategi ini dalam jangka panjang akan tergantung pada kemampuan Faraway untuk terus meningkatkan nilai dan utilitas dari game dan NFT yang terlibat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: