Yuan Digital China: Membuka Pintu Masa Depan Tanpa Dolar?

Yuan Digital China: Membuka Pintu Masa Depan Tanpa Dolar?

Aliansi ekonomi BRICS telah secara konsisten mendukung langkah menuju de-dollarisasi. Dengan suksesnya yuan digital baru-baru ini, pintu telah terbuka untuk masa depan yang potensial tanpa dolar bagi blok ini dan negara-negara anggotanya.

Yuan Digital dan BRICS Pay: Alat De-Dollarisasi Digital

Aliansi ekonomi BRICS mengejutkan dunia ketika mereka mengumumkan ekspansi enam negara di pertemuan tahunan mereka pada tahun 2023. Saudi Arabia, Iran, Mesir, Argentina, Uni Emirat Arab (UEA), dan Ethiopia semuanya diundang untuk bergabung.

Sekarang, dengan upaya pertumbuhan ini sedang berlangsung, blok ini fokus pada penyelesaian kekhawatiran mereka tentang penggunaan dolar AS dalam perdagangan internasional.

Baca Juga: Revolusi Pembayaran Digital, ‘Super SIM’ China Kini Berfungsi sebagai Dompet Yuan Digital!

Penggunaan yuan digital dalam perdagangan minyak yang penting ini seharusnya memiliki implikasi besar, meskipun mungkin tidak langsung terlihat. Transaksi ini membuktikan kemampuan dan kelayakan aset digital ini. Selain itu, BRICS Pay menunjukkan potensi yang ada dalam teknologi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh aliansi ini.

Yuan Digital China: Ancaman Baru bagi Dominasi Dolar?

Pertimbangan Pembayaran Yuan Digital Grosir dan Ritel
Sumber: Tech in Asia

Selama bertahun-tahun, upaya China untuk mengembangkan mata uang digital tampaknya ditujukan hanya untuk penggunaan domestik. Pengenalan “e-yuan”, yang masih dalam tahap pengujian, akan membantu China menjadi negara tanpa uang tunai sambil memberikan kontrol sentral yang ketat atas uang digital.

Namun, perkembangan baru muncul pada 16 Juli: sebuah makalah putih pemerintah mengguncang pasar keuangan dengan mengatakan bahwa China sedang menjajaki pembayaran lintas batas untuk e-yuan.

Paragraf Penutup

Jika kolektif ini terus merangkul aset digital, mereka bisa bergabung untuk melawan dolar dengan cara yang sebelumnya tidak mereka bisa. Dengan demikian, yuan digital dapat membuka pintu untuk masa depan tanpa dolar.

Baca Juga: Transaksi Yuan Digital China Capai $250 Miliar, Tim Penegakan Hukum Diperkuat!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi