XRPL Labs dan Xahau Ledger Luncurkan Sidechain Smart Contract

author:

XRPL Labs dan Xahau Ledger Luncurkan Sidechain Smart Contract

XRPL Labs, pengembang dari dompet self-custody XRP Ledger bernama Xumm, baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Xahau Ledger. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkenalkan sidechain smart contract yang akan memperluas kapabilitas dan fungsi dari XRP Ledger. Pengumuman ini datang pada tanggal 28 Agustus 2023 dan telah menarik perhatian besar dari komunitas crypto.

Apa Itu Xahau Ledger?

xrpl labs dan xahau ledger
Sumber: Twitter

Xahau Ledger adalah sebuah sidechain smart contract yang dirancang untuk berintegrasi dengan ekosistem XRP Ledger. Dengan berintegrasi penuh ke dalam jaringan utama, Xahau Ledger akan memperkaya fungsionalitas dan kapabilitas dari XRP Ledger itu sendiri.

Baca juga: Perubahan Besar di Cakrawala XRPL, Evernode Umumkan Proposal Standar Pertama!

Menurut Wietse Wind, pendiri XRPL Labs, sidechain ini akan “membuka pintu untuk banyak aplikasi yang dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.” Ini mencakup manajemen rantai pasokan, keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan bahkan aplikasi konsumen biasa.

Selain itu, XRPL Labs berencana untuk memperbarui dompet Xumm agar mendukung beberapa jaringan XRPL Protocol. Ini termasuk XRPL Mainnet yang sudah ada dan Xahau yang akan datang. Dengan demikian, pengguna akan memiliki pengalaman yang mulus saat beralih antara berbagai jaringan, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan fitur dan fungsionalitas dari masing-masing jaringan.

Tidak hanya itu, Xahau Ledger juga diharapkan akan menjadi katalis yang akan mendorong adopsi XRP di sektor ritel. Dengan kata lain, sidechain ini tidak hanya akan memperluas kapabilitas teknis dari XRP Ledger, tetapi juga akan membuka peluang baru untuk penggunaan XRP dalam transaksi sehari-hari.

Visi untuk Sidechain Smart Contract Untuk Buku Besar XRP

Menurut Wind,

“Kami percaya ekosistem multi-chain XRP Ledger Protocol dapat membawa baik ketahanan terbukti dari XRPL Mainnet dan kemungkinan-kemungkinan baru yang tak terbatas dari Hooks.”

Dampak Terhadap Harga dan Volume Perdagangan XRP

Dilansir dari Coingape (28/8/23), para trader langsung bereaksi terhadap pengumuman XRPL dari jaringan Xahau, dengan harga XRP melonjak lebih dari 0,50%. Volume perdagangan juga meningkat dan harga mendapatkan momentum kenaikan.

Harga XRP saat ini diperdagangkan di $0,51, turun 2% dalam 24 jam terakhir. Titik terendah dan tertinggi 24 jam masing-masing adalah $0,515 dan $0,529. Namun, pergerakan harga secara keseluruhan sideways dan volume perdagangan telah turun secara signifikan dalam seminggu terakhir.

Baca juga: XRP Ledger Siap Luncurkan Amandemen NFT Baru: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Apa yang Dapat Diharapkan di Masa Depan?

Xahau diharapkan akan beroperasi pada akhir tahun ini, menambah antisipasi dalam komunitas crypto. Tidak hanya itu, Wietse Wind, pendiri XRPL Lab, mengungkapkan kolaborasi dengan nama-nama terkemuka, termasuk GateHub, Alloy Networks, dan EvernodeXRPL.

“Kami akan terus membangun untuk seluruh ekosistem XRP Ledger, dan segala sesuatu yang kami bangun akan terbuka untuk seluruh ekosistem untuk diambil manfaatnya,” kata Wind.

Dengan kata lain, kolaborasi ini tidak hanya akan memperluas kapabilitas XRP Ledger tetapi juga akan membawa “kemungkinan-kemungkinan baru yang tak terbatas dari Hooks.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: