XRP: Mengubah Lanskap Keuangan Dunia, Apakah PayPal dan Mastercard Akan Terpengaruh?

XRP: Mengubah Lanskap Keuangan Dunia, Apakah PayPal dan Mastercard Akan Terpengaruh?

Kyren, seorang mantan profesional perbankan yang kini menjadi ahli dalam bidang keuangan, berpendapat bahwa token XRP yang terkait dengan Ripple memiliki potensi untuk merubah cara kerja sistem pembayaran global.

Berdasarkan pengalaman 4 tahunnya di industri perbankan, Kyren berbagi pandangan tentang tantangan yang mungkin dihadapi oleh sistem pembayaran saat ini jika XRP menjadi populer.

Menggugat Sistem Pembayaran Konvensional

ripple di singapura
Sumber: The Motley Fool

Kyren berpendapat bahwa XRP memiliki kemampuan untuk melampaui sistem pembayaran lintas negara konvensional dalam hal kecepatan dan biaya.

Saat ini, transaksi internasional memerlukan waktu hingga 2 hari untuk diselesaikan, dengan biaya transaksi yang bisa mencapai $50.

Baca Juga: Merogoh Kocek Rp2,9 Triliun, Begini Perjalanan Kemenangan CEO Ripple (XRP) di Bawah Tuduhan SEC

Dalam konteks ini, Kyren menegaskan bahwa sistem perbankan konvensional sangat lambat dan tidak efisien dibandingkan dengan XRP yang menawarkan penyelesaian transaksi lintas negara yang cepat dan hemat biaya.

Dengan fitur ini, ada kemungkinan bahwa Penyedia Layanan Pembayaran (PSPs) dan akun Nostro akan menjadi usang jika XRP menjadi populer.

XRP: Solusi yang Lebih Baik

Akun Nostro, yang dikelola oleh bank, mengunci dana untuk memastikan likuiditas selama transfer mata uang.

Kyren yakin bahwa keberadaan XRP dapat menggantikan akun Nostro tersebut untuk melakukan transfer besar.

Dengan kemampuannya, XRP dianggap sebagai solusi yang lebih baik yang berfungsi sebagai aset perantara antara berbagai mata uang.

Selain itu, Kyren juga menyoroti mata uang crypto lain seperti Stellar Lumens (XLM) dan WadzPay (WTK) yang sedang diterapkan di sektor perbankan.

Perubahan Besar dengan Teknologi Ledger Terdistribusi

Kyren mengakui potensi besar dari Teknologi Ledger Terdistribusi (DLT) dan kemampuannya untuk memperbaiki operasi perbankan.

Ia mengingat masa-masanya sebagai bankir, di mana sebagian besar tanggung jawabnya melibatkan pembaruan manual sistem buku besar pembayaran.

Sekarang, tampaknya DLT memiliki alat yang cukup untuk melakukan operasi tersebut tanpa hambatan.

Kesimpulan

Kyren menantikan bagaimana blockchain akan mulai mengubah lanskap pembayaran crypto. “Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana teknologi blockchain mulai mengubah lanskap pembayaran. Suatu hari nanti di masa depan, kita akan beroperasi dalam sistem keuangan yang aman, instan, dan efisien,” kata Kyren.

Baca Juga: Pasar AS Penting Bagi Ripple? Ini Kata Pengacara John Deaton!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: