Sentuh $150 Miliar, Ripple (XRP) Jadi Altcoin Paling Banyak Ditradingkan di 2023, Kok Bisa?

author:

Sentuh $150 Miliar, Ripple (XRP) Jadi Altcoin Paling Banyak Ditradingkan di 2023, Kok Bisa?

XRP, mata uang crypto dari Ripple, telah mencapai puncak popularitasnya di tahun 2023, menjadi altcoin paling banyak diperdagangkan sepanjang tahun. Dengan volume perdagangan mencapai $150 miliar, XRP telah melampaui semua crypto lainnya, termasuk SOL, DOGE, BNB, dan MATIC.

Kemenangan Ripple dalam kasus hukum melawan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) tampaknya telah memicu lonjakan volume perdagangan ini. Simak lebih lanjut, yuk!

XRP: Altcoin Paling Banyak Diperdagangkan di 2023

Altcoin yang paling aktif diperdagangkan pada tahun 2023 – Sumber: Kaiko

Menurut data terbaru, XRP tercatat telah mencapai tonggak sejarah baru di tahun 2023 dengan menjadi altcoin paling banyak diperdagangkan. Menurut data dari penyedia analitik Kaiko, XRP telah mengambil alih posisi teratas dalam daftar altcoin paling banyak diperdagangkan di tahun ini.

Menurut laporan, keputusan pengadilan yang menguntungkan Ripple dalam kasus hukum melawan SEC tampaknya telah memicu lonjakan volume perdagangan ini. Max Sandy, Senior Product Manager di Ramp Network, mengatakan bahwa volume perdagangan XRP di seluruh dunia telah meningkat sebesar 1113% dibandingkan dengan rata-rata 90 hari sebelumnya.

Volume Perdagangan XRP Melonjak ke Level Baru

Menurut laporan CCN (25/7/23), sejak hasil keputusan yang menguntungkan tersebut, volume perdagangan XRP telah meroket ke level yang lebih tinggi, mengumpulkan transaksi senilai $150 miliar dan mengamankan statusnya sebagai altcoin teratas pada tahun 2023.

Saat melakukan transaksi masing-masing senilai antara $50 dan $100 miliar, Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), Binance Coin (BNB), dan Polygon (MATIC) semuanya memiliki kinerja yang luar biasa. Namun, mereka masih dibayangi oleh besarnya nilai transaksi XRP.

Baca juga: Ripple (XRP) Berkomitmen untuk Pasar dengan Aturan yang Jelas di Asia dan Eropa

Lebih lanjut, altcoin tercatat telah melampaui Bitcoin (BTC) dalam hal harga. XRP meningkat 52% dari posisi terendahnya pada pertengahan Juni 2023. Token pengiriman uang saat ini menurun, mencerminkan tren pasar crypto secara umum karena para pedagang menunggu dengan tidak sabar untuk Federal Reserve mengumumkan keputusan suku bunganya.

Per 25 Juli 2023, XRP mengalami penurunan 8%, jatuh ke $0,68, tertinggal dari penurunan 1,8% yang terlihat pada seluruh pasar mata uang crypto. Menurut laporan, meningkatnya antisipasi kenaikan suku bunga 25 basis poin selama pertemuan Federal Reserve pada 25-26 Juli 2023 sebagian besar menjadi penyebab penurunan ini.

Bagaimana Dampak Keputusan Hukum terhadap Altcoin Lainnya?

Keputusan pengadilan yang menguntungkan Ripple tidak hanya berdampak pada XRP, tetapi juga pada altcoin lainnya. Misalnya, Solana (SOL), yang juga dikategorikan sebagai sekuritas oleh SEC, telah melihat volume perdagangan harian meningkat 363,95% menjadi $2,7 miliar. Sementara itu, Dogecoin (DOGE), altcoin dengan performa perdagangan terbaik lainnya di tahun 2023, telah melihat volume perdagangan mencapai titik tertinggi dalam 16 minggu.

Secara keseluruhan, meskipun XRP telah mencapai puncak popularitasnya sebagai altcoin paling banyak diperdagangkan di tahun 2023, masa depannya masih belum pasti. Dengan pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang akan datang, di mana bank sentral AS diharapkan untuk memutuskan langkah suku bunga berikutnya, pasar crypto secara keseluruhan, termasuk XRP, sedang mengalami penurunan.

Meski begitu, dengan keberhasilan Ripple (XRP) dalam kasus hukumnya dan peningkatan minat investor, XRP mungkin masih memiliki banyak potensi untuk pertumbuhan di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: