Aplikasi X Elon Musk Luncurkan Fitur Pembayaran, Siap Jadi Bank Digital Serba Ada?

author:

Aplikasi X Elon Musk Luncurkan Fitur Pembayaran, Siap Jadi Bank Digital Serba Ada?

Jakarta, Pintu News – Raksasa media sosial X, yang dibawahi oleh Elon Musk, baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk memperluas fitur pembayaran dalam aplikasinya.

Melampaui sekadar “memberi tip”, X Payments kini bercita-cita menjadi pusat keuangan lengkap, yang memenuhi beragam kebutuhan pengguna dalam satu ekosistem aplikasi. Simak selengkapnya!

Fitur Dompet Digital Terintegrasi

Christopher Stanley, kepala keamanan informasi X Payments, mengungkapkan strategi untuk fitur dompet terintegrasi.

Sumber: X

Fungsionalitas dompet digital ini akan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima dana dari pengguna X lainnya, seperti aplikasi transfer uang populer seperti Venmo.

Baca juga: Elon Musk Ungkap Masih Holding Crypto Dogecoin dan Bitcoin!

Namun, visi Stanley melampaui sekadar transaksi keuangan peer-to-peer sederhana.

“Tujuan akhirnya adalah jika Anda memiliki insentif untuk menarik uang dari sistem kami, maka kami telah gagal, Anda seharusnya tidak perlu menarik uang karena Anda seharusnya dapat melakukan apa pun yang Anda butuhkan di platform kami,” jelas Stanley.

Lisensi Pengiriman Uang dan Potensi Dukungan Kripto

Rencana ambisius platform X ini muncul setelah memperoleh lisensi pengiriman uang di Tennessee pada tanggal 19 April 2024. Perkembangan ini meningkatkan jumlah total negara bagian tempat X memegang lisensi tersebut menjadi 25, menurut Nationwide Multi-State Licensing System (NMLS).

Sumber: NMLS

Meskipun laporan menunjukkan platform pembayaran X pada awalnya akan menangani mata uang tradisional, ada petunjuk tentang potensi dukungan kripto di kemudian hari.

Pada bulan Desember 2023, ketua eksekutif X, Elon Musk, menyuarakan minatnya pada opsi kripto selama pembicaraan dengan CEO ARK Invest Cathie Wood. Dia ingin meluncurkan layanan keuangan lebih cepat tetapi mengakui tantangan peraturan.

Baca juga: Elon Musk dan Dogecoin: Apakah Twitter ‘X’ akan Mengadopsi DOGE Sebagai Metode Pembayaran?

Dampak pada Perbankan Tradisional dan Tantangan

Masuknya X ke dunia keuangan dapat mengguncang lanskap perbankan tradisional. Dengan menyediakan opsi yang mudah digunakan dan mungkin tanpa biaya, X dapat menarik khalayak yang lebih luas, terutama mereka yang tidak memiliki akses ke bank.

Namun, masih ada kekhawatiran tentang keamanan, aturan, dan apakah sistem uang dalam aplikasi serba ada benar-benar dapat berfungsi.

Secara keseluruhan, langkah X untuk memperluas fitur pembayarannya menjadi langkah berani yang dapat mengubah cara orang mengelola keuangan mereka. Dengan visi untuk menciptakan ekosistem keuangan yang komprehensif dalam platformnya, X berpotensi mengganggu industri perbankan tradisional.

Namun, keberhasilannya akan bergantung pada kemampuannya untuk mengatasi tantangan peraturan, memastikan keamanan, dan memberikan pengalaman pengguna yang positif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CNBC