Worldcoin World ID: Verifikasi Identitas Pemain Esports untuk Menjamin Sportivitas

Worldcoin World ID: Verifikasi Identitas Pemain Esports untuk Menjamin Sportivitas

Dunia esports yang semakin kompetitif dan menguntungkan telah melahirkan berbagai tantangan, salah satunya adalah praktik kecurangan yang dapat merusak integritas dan keseruan kompetisi. Untuk mengatasi masalah ini, Community Gaming, sebuah platform turnamen esports berbasis blockchain, telah berkolaborasi dengan Worldcoin, sebuah proyek identitas digital berbasis blockchain, untuk mengintegrasikan World ID ke dalam platformnya.

Dengan integrasi ini, penyelenggara turnamen dapat mewajibkan pemain untuk memverifikasi identitas mereka sebelum mengikuti kompetisi, sehingga menjamin sportivitas dan keadilan dalam setiap pertandingan. Simak berita lengkpanya berikut ini!

World ID: Memastikan Keunikan dan Keamanan Identitas

penggunaan world id dan world coin
Sumber: Medium

World ID merupakan sebuah proyek identitas digital yang memungkinkan setiap orang untuk membuktikan keunikan dan kemanusiaan mereka di dunia maya. Proses verifikasi identitas dilakukan dengan memindai iris mata menggunakan perangkat khusus yang disebut “Orb”.

Setelah terverifikasi, pengguna akan menerima World ID yang dapat digunakan untuk memverifikasi identitas mereka di berbagai gim dan aplikasi. Di beberapa wilayah di dunia, pengguna juga akan menerima token WLD sebagai bentuk insentif.

Integrasi World ID ke dalam platform Community Gaming bersifat opsional bagi penyelenggara turnamen. Namun, fitur ini menyediakan cara untuk memverifikasi identitas pengguna yang mungkin berpartisipasi dari lokasi yang jauh. Pemain yang menggunakan fitur ini akan diminta untuk memverifikasi World ID mereka sebelum mendaftar. Akun mereka juga akan ditandai dengan lencana terverifikasi.

Baca Juga: Worldcoin Buat Gebrakan, 1% Populasi Chile Kini Memiliki World ID!

Menangkal Kecurangan dan Membangun Kepercayaan

Salah satu tantangan terbesar dalam penyelenggaraan turnamen esports online adalah praktik kecurangan, seperti penggunaan banyak akun oleh satu pengguna untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil.

Dengan mengintegrasikan World ID, Community Gaming berupaya untuk mengatasi masalah ini dengan memastikan bahwa setiap peserta adalah individu yang unik dan sah. Verifikasi identitas juga membantu membangun kepercayaan di antara para peserta dan penyelenggara turnamen, sehingga menciptakan lingkungan kompetisi yang lebih adil dan sportif.

CEO Community Gaming, Chris Gonsalves, menyatakan bahwa integrasi World ID merupakan langkah penting dalam meningkatkan integritas turnamen esports. Dengan memverifikasi identitas peserta, penyelenggara dapat memastikan bahwa setiap kemenangan diraih dengan usaha dan keterampilan yang sebenarnya, bukan melalui praktik kecurangan.

Baca Juga: Worldcoin Luncurkan World ID yang Terintegrasi dengan Okta

Ekspansi ke Amerika Latin dan Rencana Acara Tatap Muka

Kolaborasi antara Community Gaming dan Worldcoin akan dimulai di Amerika Latin, dengan fokus pada negara-negara seperti Argentina, Peru, dan Brasil. Platform ini akan menyelenggarakan turnamen terverifikasi untuk berbagai gim populer, seperti PUBG, Marvel Snap, Axie Infinity, dan Free Fire.

Selain itu, Community Gaming juga berencana untuk menyelenggarakan acara tatap muka di Amerika Latin untuk mendemonstrasikan cara kerja Worldcoin dan World ID. Melalui acara-acara ini, pemain dapat mempelajari lebih lanjut tentang verifikasi Orb dan manfaat dari pembuktian identitas.

Kesimpulan

Integrasi World ID ke dalam platform Community Gaming merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya memerangi kecurangan dan membangun integritas dalam dunia esports. Dengan memverifikasi identitas peserta, penyelenggara turnamen dapat memastikan bahwa setiap kompetisi berlangsung secara adil dan sportif. Kolaborasi ini juga membuka jalan bagi pengembangan ekosistem esports yang lebih transparan dan terpercaya, sehingga mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan industri esports di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi