Worldcoin (WLD): Mata Uang Kripto yang Ingin Memindai Bola Mata Anda!

author:

Worldcoin (WLD): Mata Uang Kripto yang Ingin Memindai Bola Mata Anda!

Dunia teknologi terus berkembang pesat dan salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah Worldcoin.

Proyek ini bertujuan untuk memberikan identitas digital yang aman dan terverifikasi kepada setiap orang di dunia, serta memperkenalkan mata uang kripto baru bernama Worldcoin (WLD).

Meski begitu, di balik semua itu, Worldcoin juga menuai kontroversi dan kritik. Simak lebih lanjut, yuk!

Mengenal Worldcoin (WLD) Crypto

Worldcoin (WLD) adalah platform identifikasi digital yang didirikan oleh Sam Altman, CEO OpenAI, dan didukung oleh beberapa tokoh terkemuka di dunia teknologi. Proyek ini bertujuan untuk mengatasi masalah identitas digital yang semakin kompleks di era kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: Harga WLD Melonjak 204% dalam Waktu 1 Minggu, Apa Alasan Dibalik Kenaikan Ini?

Lebih lanjut, Worldcoin bertujuan untuk membangun solusi bukti kepribadian yang terdesentralisasi. Dengan menggunakan perangkat berbentuk bola yang disebut Orb, Worldcoin memindai iris pengguna untuk memberikan ID digital unik, yang disebut World ID.

Dengan menggunakan teknologi pemindaian iris mata, Worldcoin memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka secara aman dan tanpa harus memberikan informasi pribadi yang sensitif.

WLD Crypto dan Fungsinya

Token asli Worldcoin, WLD, diluncurkan pada 24 Juli 2023 setelah tiga tahun pengembangan. Dengan pasokan awal yang dibatasi hingga 10 miliar token selama 15 tahun, WLD bertujuan untuk menjadi mata uang global dalam ekosistem Worldcoin.

Sebagian besar alokasi token awal ditujukan untuk pengguna, dana ekosistem, dan operasi jaringan, sementara sisanya dibagi antara tim pendiri, investor, dan cadangan.

WLD telah terdaftar di berbagai bursa utama, memungkinkan pengguna untuk membeli, berdagang, atau menstake token tersebut.

Baca juga: Terungkap Desain Orb Worldcoin yang Baru, Lebih Ramah dan Canggih!

Keunikan Worldcoin (WLD) Crypto

Keunikan Worldcoin (WLD) terletak pada penggunaan teknologi pemindaian iris untuk menciptakan identitas digital yang aman dan unik.

Berbeda dengan sidik jari, iris setiap individu memiliki karakteristik unik yang digunakan oleh Orb untuk menghasilkan kode khusus sebagai pengenal eksklusif pengguna.

Proyek ini juga menghadapi tantangan regulasi dan kepatuhan, dengan beberapa negara menyelidiki atau bahkan menangguhkan operasinya karena kekhawatiran seputar pengumpulan data biometrik.

Meskipun demikian, Worldcoin terus memperluas praktik “orbing” dengan mendirikan pusat di lebih dari 35 negara.

Dengan ambisi besar dan tantangan yang tidak kalah besar, Worldcoin berdiri di persimpangan inovasi dan privasi. Apakah proyek ini akan menjadi tonggak sejarah dalam evolusi ekonomi digital atau menjadi peringatan tentang risiko pengawasan terpusat, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coingape