Mengenal Worldcoin (WLD): Revolusi Crypto dengan Teknologi Biometrik?

Mengenal Worldcoin (WLD): Revolusi Crypto dengan Teknologi Biometrik?

Worldcoin (WLD), sebuah proyek crypto yang sangat ambisius, telah menarik perhatian dunia keuangan dengan pendekatan uniknya untuk mencapai skala global. Dipimpin oleh Sam Altman, mantan kepala Y Combinator dan CEO OpenAI saat ini, proyek ini bertujuan untuk mendistribusikan mata uang digital baru secara global kepada setiap orang yang memiliki akses internet. Kira-kira apa itu Worldcoin dan bagaimana cara kerjanya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Worldcoin?

Worldcoin adalah token yang dirancang sebagai cryptocurrency inklusif, menawarkan setiap orang di planet ini kesempatan untuk berpartisipasi dalam ekonomi global, terlepas dari lokasi geografis mereka. Proyek ini berjanji untuk mendorong batas teknologi blockchain untuk memastikan lanskap keuangan yang lebih adil.

Worldcoin beroperasi berbeda dari mata uang digital lainnya seperti Bitcoin atau Ethereum karena memberikan akses pengguna ke token yang mewakili mata uang masa depan tanpa memaksa mereka untuk berinvestasi.

Menurut situs web Worldcoin, individu dan kelompok yang mendukung Worldcoin menciptakan instrumen yang bekerja sama untuk membantunya mencapai tujuannya. Instrumen-instrumen ini terdiri dari:

  • World ID adalah identifikasi digital yang menjaga privasi yang dibuat untuk membantu mengatasi berbagai masalah berbasis identitas yang signifikan, seperti membangun kepribadian seseorang yang berbeda.
  • Token Worldcoin adalah token pertama yang didistribusikan secara global dan tanpa batasan kepada individu untuk kegunaan dan potensi tata kelola di masa depan.
  • Program kustodian mandiri yang disebut program World memungkinkan pembayaran, pembelian, dan transfer internasional dengan menggunakan token Worldcoin, aset digital, stablecoin, dan mata uang konvensional.

Baca Juga: WLD Token Diluncurkan, Sam Altman Ungkap Visi dan Misi Proyek Worldcoin!

Bagaimana Cara Kerja Worldcoin?

cara kerja worldcoin
Sumber: Worldcoin Blog

Sekitar 80% dari total pasokan Worldcoin ditujukan untuk didistribusikan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Perusahaan ini bermaksud untuk mencapai hal ini dengan menawarkan cryptocurrency gratis kepada sebanyak mungkin “pengguna unik” baru sebagai daya tarik untuk mendaftar, dengan penekanan pada negara-negara berkembang pada khususnya.

Untuk mulai mendistribusikan Worldcoin, perusahaan ini telah mengirimkan sekitar 25 operator di seluruh dunia.

Menurut Worldcoin, prosedur ini diperlukan untuk mengonfirmasi keunikan akun. Ini menjamin bahwa setiap pengguna dapat mendaftar sekali dan mendapatkan hadiah mereka, memastikan bahwa pasokan Worldcoin didistribusikan secara merata.

Dilansir dari BSC News, untuk berhasil meluncurkan proyeknya, Worldcoin telah memperkenalkan perangkat keras unik yang dikenal sebagai “Orb”. Orb adalah perangkat berukuran bola basket futuristik yang mampu memindai mata pengguna untuk menghasilkan pengidentifikasi biometrik unik.

Pengidentifikasi ini kemudian digunakan untuk memastikan setiap orang menerima bagian yang adil dari token Worldcoin (WLD). Ini adalah pendekatan inovatif untuk verifikasi pengguna, bertujuan untuk mencegah penipuan dan memastikan distribusi cryptocurrency baru yang adil.

Baca Juga: Tinggalkan Polygon, Worldcoin Pilih Mainnet Optimism. Ini Alasannya!

Opini Mengenai Token Worldcoin (WLD)

Opini tentang pendekatan unik Worldcoin telah bervariasi. Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, berbagi pemikirannya tentang pendekatan biometrik Worldcoin dalam postingan blog baru-baru ini.

Buterin menguraikan beberapa risiko potensial yang disajikan oleh biometrik ketika digunakan dalam skala besar, termasuk masalah privasi dan kemungkinan kerusakan yang tidak dapat dibalikkan jika data biometrik dikompromikan.

Dia menekankan kesulitan mengganti data biometrik, tidak seperti kata sandi atau kunci pribadi, setelah terpapar. Baca berita lengkapnya di Vitalik Buterin dari Ethereum Bahas Risiko dan Masalah Proyek Crypto Worldcoin (WLD).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: