Beberapa Hari Setelah Peluncuran, Worldcoin (WLD) Terancam Diselidiki Regulator Data Inggris

author:

Beberapa Hari Setelah Peluncuran, Worldcoin (WLD) Terancam Diselidiki Regulator Data Inggris

Worldcoin (WLD), proyek crypto dan ID kontroversial yang baru saja diluncurkan, mungkin akan menghadapi pertanyaan dari regulator data di Inggris karena menimbulkan kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data biometrik kritis.

Kantor Komisaris Informasi (ICO) – badan regulator data Inggris – mengakui peluncuran proyek crypto di negara tersebut dan mengatakan akan memeriksa proyek tersebut dan membuat pertanyaan lebih lanjut mengenai hukum data.

Worldcoin: Proyek Ambisius dengan Potensi Risiko Data

Worldcoin (WLD) adalah proyek ambisius yang berfokus pada identifikasi digital dan didirikan oleh CEO OpenAI, Sam Altman. Proyek ini menawarkan paspor digital kepada jutaan orang dengan memindai iris mereka. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk membedakan manusia dari kecerdasan buatan secara online, dan memberikan akses ke crypto bagi mereka yang mendaftar. Meskipun ambisius, pendekatan ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana data biometrik ini akan digunakan dan apakah itu aman.

Baca juga: Vitalik Buterin dari Ethereum Bahas Risiko dan Masalah Poryek Crypto Worldcoin (WLD)

Kantor Komisaris Informasi (ICO), badan regulator data Inggris, telah memberi tahu bahwa organisasi perlu melakukan Penilaian Dampak Perlindungan Data sebelum mulai memproses data “berisiko tinggi”. Data biometrik, seperti yang dikumpulkan oleh Worldcoin, jelas masuk dalam kategori ini. ICO telah menegaskan bahwa mereka telah memperhatikan peluncuran Worldcoin di Inggris dan akan membuat pertanyaan lebih lanjut mengenai hukum data.

Meskipun Worldcoin telah meluncurkan proyeknya, mereka harus memastikan bahwa mereka mematuhi semua hukum dan regulasi yang berlaku. Ini termasuk memastikan bahwa semua data yang mereka kumpulkan diberikan secara sukarela dan konsensual, dan bahwa individu memiliki hak untuk menarik diri dari proyek tersebut tanpa kerugian.

Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa data yang mereka kumpulkan aman dan tidak rentan terhadap pelanggaran data.

Tanggapan Regulator dan Komunitas terhadap Worldcoin

penggunaan world id dan world coin
Sumber: Medium

ICO telah memperingatkan bahwa aktivitas Worldcoin perlu bersifat konsensual dan diberikan secara bebas – dengan mereka yang menjalani pemindaian juga dapat menarik diri dari proyek tanpa kerugian.

Selain itu, ICO memiliki kekuatan untuk mengeluarkan denda hingga £17,5 juta ($22,5 juta) atau 4% dari omzet global perusahaan – mana yang lebih tinggi – dalam kasus pelanggaran data serius. Meski demikian, Worldcoin terus melanjutkan peluncurannya di Inggris.

Baca juga: Token dari Proyek Crypto Worldcoin (WLD) Telah Diluncurkan di Bursa Utama

Masa Depan Worldcoin dan Implikasi Regulator

Meski menghadapi potensi penyelidikan dari regulator data, Worldcoin tetap optimis tentang masa depannya. Proyek ini menegaskan bahwa mereka sepenuhnya mematuhi semua hukum dan regulasi yang mengatur pengumpulan dan transfer data biometrik, termasuk Regulasi Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR). Namun, dengan GDPR teknis tidak lagi berlaku untuk Inggris setelah Brexit, situasi ini bisa menjadi lebih rumit.

Pada akhirnya, peluncuran Worldcoin dan potensi penyelidikan oleh regulator data Inggris menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh proyek-proyek blockchain yang inovatif dalam menavigasi hukum dan regulasi yang ada. Meski demikian, Worldcoin tetap berkomitmen untuk menciptakan jaringan identitas dan keuangan baru yang dapat membedakan manusia dari kecerdasan buatan secara online.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: