Worldcoin Buat Software Orb Menjadi Open-Source, Mengimplementasikan ‘Hak Asuh Pribadi’

author:

Worldcoin Buat Software Orb Menjadi Open-Source, Mengimplementasikan ‘Hak Asuh Pribadi’

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Worldcoin Foundation telah mengumumkan pembukaan kode sumber perangkat lunak Orb mereka, sebuah langkah yang dianggap sebagai tonggak penting dalam upaya meningkatkan transparansi dan privasi data pengguna.

Inisiatif ini tidak hanya menandai era baru dalam keamanan digital tetapi juga menawarkan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi pengenalan iris dapat digunakan untuk memastikan keamanan data pribadi pengguna.

Software Orb Open-Source: Transparansi atau Risiko?

pembukaan kode sumber worldcoin
Sumber: Blog Worldcoin

Worldcoin Foundation baru-baru ini mengumumkan pembukaan kode sumber komponen perangkat lunak Orb, yang menjalankan teknologi pemindaian iris. Langkah ini memungkinkan pengembang dan publik untuk mengakses dan meninjau kode tersebut di GitHub, di bawah lisensi MIT/Apache 2.0 ganda.

Baca juga: Worldcoin (WLD) Melawan Kontroversi: Audit Keamanan Ungkap Perlindungan Privasi Maksimal

Pembukaan kode sumber ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam pemrosesan gambar Orb dan memverifikasi klaim privasi.

Namun, pembukaan kode sumber ini juga menimbulkan pertanyaan tentang potensi risiko keamanan. Dengan membuat kode tersebut tersedia untuk umum, ada kemungkinan bahwa pihak berkepentingan negatif dapat menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam sistem.

Fitur “Personal Custody”: Revolusi Keamanan Data

Selain pembukaan kode sumber, Worldcoin juga memperkenalkan fitur “Personal Custody”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali penuh atas data mereka yang diberikan kepada Worldcoin.

Data tersebut dikemas dalam paket data yang ditandatangani dengan kunci pribadi Orb dan kemudian dienkripsi dengan kunci publik yang disediakan pengguna sebelum ditransfer ke ponsel pengguna.

Ini berarti bahwa pengguna selalu memiliki kendali atas data mereka, dan hanya individu tersebut yang dapat mendekripsi data biometrik ini.

Baca juga: Kenya Teguh Menolak Desakan AS, Worldcoin Tetap Dilarang!

Menurut Worldcoin, setelah data terenkripsi dikirim dari Orb ke aplikasi World pengguna, tidak ada salinan data yang tidak terenkripsi yang ada di mana pun.

Dampak pada Privasi dan Keamanan Pengguna

pembukaan kode sumber worldcoin
Sumber: Blog Worldcoin

Pembukaan kode sumber Orb dan pengenalan fitur “Personal Custody” memiliki implikasi signifikan terhadap privasi dan keamanan data pengguna.

Dengan memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali penuh atas data mereka, Worldcoin mengambil langkah besar dalam melindungi privasi pengguna.

Namun, pembukaan kode sumber juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Worldcoin akan memastikan bahwa kode tersebut tidak disalahgunakan.

Meskipun audit keamanan sedang dilakukan, komunitas akan memantau dengan cermat bagaimana Worldcoin menangani potensi risiko keamanan yang mungkin timbul dari pembukaan kode sumber ini.

Secara keseluruhan, inisiatif Worldcoin dalam membuka kode sumber Orb dan memperkenalkan fitur “Personal Custody” menandai langkah penting dalam upaya meningkatkan transparansi dan keamanan data pengguna.

Dengan memberikan pengguna kendali penuh atas data mereka, Worldcoin menunjukkan komitmennya terhadap privasi dan keamanan digital.

Namun, komunitas akan terus memantau bagaimana pembukaan kode sumber ini akan mempengaruhi keamanan sistem dan bagaimana Worldcoin akan menangani potensi risiko yang mungkin timbul.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: