Worldcoin (WLD) Hadapi Penyelidikan di Korea Selatan atas Kekhawatiran Privasi!

author:

Worldcoin (WLD) Hadapi Penyelidikan di Korea Selatan atas Kekhawatiran Privasi!

Komisi Perlindungan Informasi Pribadi Korea Selatan (PIPC) telah meluncurkan penyelidikan terhadap Worldcoin setelah menerima keluhan tentang pengumpulan informasi pribadi proyek tersebut, terutama dalam memindai iris mata orang sebagai imbalan mata uang kripto.

Otoritas tersebut menyatakan dalam siaran pers bahwa mereka akan memeriksa pengumpulan, pemrosesan, dan potensi transfer informasi pribadi sensitif ke luar negeri oleh Worldcoin.

Mereka akan mengambil tindakan terhadap proyek tersebut jika ditemukan pelanggaran terhadap aturan privasi setempat.

Penyelidikan PIPC terhadap Worldcoin (WLD)

worldcoin korea selatan
Sumber: Incrypted

PIPC Korea Selatan telah memulai penyelidikan terhadap Worldcoin menyusul keluhan mengenai pengumpulan dan pemrosesan informasi pribadi, khususnya yang terkait dengan pemindaian wajah dan iris.

Baca juga: Worldcoin (WLD): Mata Uang Kripto yang Ingin Memindai Bola Mata Anda!

Komisi tersebut memulai penyelidikannya pada tanggal 29 Februari, menyatakan keprihatinan atas potensi pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi. PIPC mengumumkan perkembangan tersebut dalam siaran pers hari ini, memicu diskusi di pasar kripto.

Menurut siaran pers PIPC, afiliasi Worldcoin saat ini mengumpulkan informasi “pengenalan wajah dan iris” di sekitar sepuluh lokasi di Korea Selatan. Komisi tersebut berencana untuk memeriksa secara menyeluruh pengumpulan, pemrosesan, dan potensi transfer data pribadi sensitif ke luar negeri.

Jika pelanggaran dikonfirmasi oleh otoritas perlindungan data, mereka akan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Dampak Potensial terhadap Harga WLD

Berita penyelidikan tersebut berdampak langsung pada harga Worldcoin, dengan sedikit penurunan setelah lonjakan awal 9% dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, pengawasan hukum ini terjadi pada saat Worldcoin telah mendapatkan daya tarik yang signifikan di pasar mata uang kripto, menggarisbawahi potensi risiko yang terkait dengan kepatuhan terhadap peraturan dan masalah privasi.

Worldcoin, yang didirikan bersama oleh CEO OpenAI Sam Altman, dikenal dengan pendekatannya yang berfokus pada identitas, memanfaatkan teknologi pemindaian iris melalui perangkat Orb untuk tujuan verifikasi. Peserta diberi hadiah token WLD sebagai imbalan untuk mendaftar ke protokol.

Namun, proses pendaftaran yang unik ini telah menimbulkan kecurigaan di berbagai yurisdiksi, dengan Korea Selatan menjadi yang terbaru untuk mengatasi masalah privasi dan perlindungan data.

Baca juga: Korea Selatan Perketat Aturan Transaksi Crypto untuk Cegah Kejahatan

Selain itu, penyelidikan oleh pengawas privasi Korea Selatan menambah tantangan peraturan yang dihadapi oleh Worldcoin, menyoroti pentingnya mematuhi standar privasi yang ketat dalam ruang mata uang kripto.

Tantangan Regulasi dan Masa Depan Worldcoin

Saat regulator global terus meneliti aset digital, proyek seperti Worldcoin harus menavigasi lanskap peraturan yang kompleks untuk memastikan kepatuhan dan menjaga kepercayaan di antara investor dan pengguna.

Sementara itu, pada saat penulisan, harga Worldcoin naik 4,17% dalam 24 jam terakhir menjadi $8,03, dengan volume perdagangannya tetap mendekati garis datar di $723,33 juta. Token tersebut menyentuh level tertinggi $8,34 pagi ini sebelum berbalik arah setelah berita tersebut.

Secara keseluruhan, penyelidikan terhadap Worldcoin di Korea Selatan menyoroti pentingnya privasi data dan kepatuhan terhadap peraturan dalam ruang mata uang kripto. Proyek yang berfokus pada identitas seperti Worldcoin harus mengatasi tantangan peraturan yang kompleks untuk memastikan kepatuhan dan menjaga kepercayaan di antara investor dan pengguna.

Saat regulator global terus meneliti aset digital, proyek-proyek seperti Worldcoin harus beradaptasi dengan lanskap peraturan yang berubah untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: