Sam Altman Dipecat dari OpenAI, Harga WLD Melonjak 27%!

author:

Sam Altman Dipecat dari OpenAI, Harga WLD Melonjak 27%!

Berita terkini mengenai pemecatan Sam Altman dari OpenAI telah memicu pergerakan nilai token Worldcoin (WLD). Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana pengaruhnya terhadap dunia crypto?

Sam Altman Diberhentikan, Worldcoin Bergejolak

Sam Altman, salah satu pendiri Worldcoin, baru-baru ini diberhentikan dari posisinya sebagai CEO OpenAI. Alasan pemecatannya adalah kurangnya komunikasi yang transparan yang berdampak pada tanggung jawab dewan direksi.

Baca juga: Indonesia Berikan ‘Golden Visa’ Pertama kepada CEO OpenAI, Sam Altman: Apa Artinya?

“Dewan tidak lagi memiliki kepercayaan pada kemampuannya untuk memimpin OpenAI,” demikian pernyataan resmi dari dewan direksi.

Beberapa jam setelah pengumuman tersebut, nilai token Worldcoin (WLD) sempat turun lebih dari 10% dalam sehari. Per 18 November 2023, WLD diperdagangkan dengan harga $1,86, turun 42% dari harga tertingginya yaitu $3,30. Sedangkan dalam 24 jam kemarin, volume perdagangan WLD mencapai $141 juta, dengan sekitar 40% berasal dari pasangan perdagangan WLD dan Tether (USDT) di Binance.

Harga WLD Naik 27,17% dalam Waktu 24 Jam

Sementara itu, per 19 November 2023, sekitar satu hari setelah berita pemecatan Sam Altcoin, harga WLD tercatat mengalami kenaikan 27,17% dalam waktu 24 jam terakhir. WLD sempat menyentuh harga terendahnya Rp28.405 sebelum akhirnya melonjak ke harga tertingginya Rp36.687.

CoinMarketCap mencatat bahwa kapitalisasi pasar Worldcoin hari ini juga tengah mengalami kenaikan sebesar 26,68% menyentuh $269 juta, dengan volume perdagangan yang mengalami koreksi menjadi $147 juta dalam waktu 24 jam.

Worldcoin: Proyek Ambisius yang Dipenuhi Kontroversi

Worldcoin adalah proyek crypto berbasis biometrik yang dikembangkan oleh Tools for Humanity. Proyek ini bertujuan untuk mengautentikasi identitas manusia secara online melalui mekanisme yang disebut World ID.

Pengguna bergabung dengan jaringan dengan memindai iris mata mereka menggunakan scanner berbentuk bola dan menerima token Worldcoin sebagai imbalannya. Namun, sejak awal peluncurannya, Worldcoin telah mendapatkan kritik dan kontroversi.

Beberapa pemerintah, termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan terutama Kenya, telah menyuarakan kekhawatiran mereka tentang privasi, keamanan, dan implikasi finansial dari proyek ini. Bahkan, Kenya telah menangguhkan pendaftaran Worldcoin.

Baca juga: Worldcoin Buat Gebrakan, 1% Populasi Chile Kini Memiliki World ID!

Masa Depan Worldcoin: Apakah WLD akan Bertahan?

Meski menghadapi berbagai tantangan, Worldcoin tetap optimis dengan proyeknya. Namun, dengan pemecatan Sam Altman, pertanyaan besar yang muncul adalah apakah WLD akan mampu bertahan? Worldcoin telah mendapatkan banyak perhatian dan pengguna sejak peluncurannya, tetapi juga menghadapi banyak kritik dan penolakan.

Dengan pemecatan Sam Altman, masa depan Worldcoin dan token WLD-nya menjadi pertanyaan besar yang perlu dijawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: