Meski Kontroversial, Ekspansi Pemindaian Iris Worldcoin di Mexico Berlanjut

author:

Meski Kontroversial, Ekspansi Pemindaian Iris Worldcoin di Mexico Berlanjut

Jakarta, Pintu News – Worldcoin, sebuah proyek yang digagas oleh Tools for Humanity, tengah memperluas operasi pemindaian irisnya di Mexico.

Meskipun menghadapi berbagai kendala regulasi dan privasi data, Worldcoin tetap bertekad untuk memperluas jangkauannya di Amerika Latin.

Ekspansi Worldcoin di Mexico

Sumber: X

Dalam sebuah postingan X pada 29 Aprl 2024, Worldcoin mengumumkan telah membuka pusat pemindaian iris baru di Mexico City, Monterrey, dan Guadalajara.

Baca juga: Worldcoin (WLD) Melawan Kontroversi: Audit Keamanan Ungkap Perlindungan Privasi Maksimal

Dengan demikian, Mexico menjadi basis ketiga terbesar Worldcoin di Amerika Latin, setelah Argentina dan Chile.

Ekspansi ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat Mexico terhadap World ID, sebuah bukti verifikasi keaslian manusia yang dikembangkan oleh Worldcoin.

Kontroversi Privasi Data

Worldcoin telah menjadi sorotan karena praktik pengumpulan data biometriknya yang dianggap kontroversial.

Beberapa legislator Meksiko, seperti María Eugenia Hernández dari partai Morena, telah menyuarakan keprihatinan mereka dan menuntut penyelidikan oleh National Institute of Transparency, Access to Information and Protection of Personal Data (INAI).

Hernández mempertanyakan keamanan data pribadi yang dikumpulkan Worldcoin dan apakah token yang dikeluarkan sesuai dengan regulasi Bitcoin.

Tidak hanya itu, Worldcoin juga menghadapi tantangan regulasi di negara-negara lain. Di Spanyol dan Portugal, operasi Worldcoin telah dihentikan sementara karena masalah privasi data dan perlindungan data pribadi anak di bawah umur.

Baca juga: Kemitraan Telefónica dan Nova Labs Membawa Hotspot Helium ke Meksiko!

Di Argentina dan Chile, otoritas setempat juga tengah melakukan evaluasi terhadap implikasi pengumpulan data Worldcoin dan beberapa pihak bahkan mengajukan denda.

Worldcoin Mencari Kolaborasi

proyek iris scan worldcoin
Sumber: News Wav

Di tengah kontroversi yang dihadapinya, Worldcoin berupaya mencari kolaborasi dengan para pemain kunci di industri teknologi.

Kabarnya, Worldcoin tengah menjalin diskusi dengan OpenAI, perusahaan di balik chatbot AI populer ChatGPT. Kolaborasi potensial ini bertujuan untuk memanfaatkan solusi AI OpenAI dalam meningkatkan operasi Worldcoin.

Sementara itu, token asli Worldcoin, WLD, telah mengalami penurunan harga yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, beberapa analis melihat ini sebagai peluang pembelian yang potensial, dengan menunjukkan metrik on-chain yang mengindikasikan kemungkinan rebound.

Namun, keputusan Worldcoin untuk meningkatkan pasokan yang beredar untuk memenuhi permintaan World ID menimbulkan kekhawatiran tentang potensi dilusi harga.

Meskipun demikian, Worldcoin tetap berkomitmen untuk menyediakan akses identitas digital yang aman dan inklusif bagi masyarakat di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoPotato