Worldcoin Dihentikan di Spanyol, Bagaimana Nasib WLD?

Worldcoin Dihentikan di Spanyol, Bagaimana Nasib WLD?

Worldcoin, proyek verifikasi identitas biometrik yang didukung oleh Sam Altman, salah satu pendiri OpenAI, tengah menghadapi tantangan regulasi di Spanyol. Agencia Española de Protección de Datos (AEPD), lembaga perlindungan data Spanyol, telah memerintahkan Worldcoin untuk menghentikan pengumpulan dan pemrosesan data di negara tersebut.

Keputusan ini diambil karena adanya kekhawatiran tentang privasi pengguna, termasuk dugaan pengumpulan data dari anak di bawah umur dan kurangnya kontrol pengguna atas data mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Worldcoin Dilarang di Spanyol

AEPD memberikan waktu 72 jam bagi Worldcoin untuk mematuhi perintah penghentian sementara tersebut. Direktur AEPD, Mar España Martí, menyatakan bahwa tindakan ini diambil karena kekhawatiran tentang pengumpulan data anak di bawah umur dan kegagalan Worldcoin dalam mematuhi undang-undang perlindungan data yang memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas data mereka.

Martí berharap negara-negara Uni Eropa lainnya akan mengikuti langkah Spanyol dan mengeluarkan Worldcoin dari wilayah Uni Eropa. Worldcoin sebelumnya telah menghadapi masalah privasi di negara lain, seperti Korea Selatan, Hong Kong, India, Brasil, dan Prancis. Proyek ini telah menangguhkan verifikasi identitas di negara-negara tersebut.

Baca Juga: Worldcoin (WLD): Mata Uang Kripto yang Ingin Memindai Bola Mata Anda!

Dampak pada Harga WLD

dampak harga pada wld
Sumber: Market Pintu

Meskipun menghadapi tantangan regulasi, Worldcoin telah berhasil menarik lebih dari 2 juta pengguna dan mengklaim lebih dari 18,6 juta token WLD. Aplikasi dompet seluler Worldcoin, “World App,” dilaporkan memiliki lebih dari 1 juta pengguna harian. Namun, harga token WLD tidak menunjukkan reaksi yang signifikan terhadap berita penghentian sementara di Spanyol.

WLD sempat mengalami koreksi sebesar 40% dari titik tertinggi sepanjang masa di $9,45 pada tanggal 25 Februari, tetapi kemudian menemukan stabilitas di sekitar $5,76. Harga WLD berpotensi bergerak naik dari level support ini menuju target $14, dengan asumsi sanksi Spanyol tidak mengganggu pasar secara signifikan.

Di sisi lain, jika harga WLD menembus level support $5,76, maka harga dapat turun lebih lanjut ke level support berikutnya di $4,89 atau $3,81. Penurunan seperti itu akan meningkatkan tekanan pada Worldcoin untuk mengatasi tantangan regulasi dan mempertahankan kepercayaan investor terhadap tokenomics-nya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi