Won Korea Selatan Melampaui Dolar AS: Mata Uang Pilihan Baru Para Trader Crypto!

author:

Won Korea Selatan Melampaui Dolar AS: Mata Uang Pilihan Baru Para Trader Crypto!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan yang mengejutkan di pasar crypto, Won Korea telah melampaui Dolar AS sebagai mata uang fiat yang paling banyak digunakan dalam perdagangan crypto.

Won menyumbang lebih dari $456 miliar volume perdagangan di bursa kripto terpusat, melampaui volume $455 miliar dalam dolar AS, menurut laporan penelitian tanggal 15 April 2024 oleh Kaiko.

Won Korea Selatan Jadi Fiat Paling Banyak Diperdagangkan

Menurut laporan Kaiko, mata uang won Korea Selatan telah menjadi mata uang fiat yang paling banyak diperdagangkan di dunia terhadap mata uang kripto pada kuartal pertama tahun 2024.

Baca juga: Crypto.com Meluaskan Sayap ke Korea Selatan: Langkah Strategis di Tengah Ketatnya Regulasi

Sumber: Kaiko

Perusahaan riset Kaiko mengaitkan meningkatnya dominasi won dengan “perang biaya” antara bursa kripto Korea. Sebagai perbandingan, pasangan perdagangan yang berdenominasi Euro hanya mengumpulkan volume kumulatif senilai $59 miliar, menempati posisi ketiga untuk kuartal pertama tahun 2024.

Mata uang fiat lainnya seperti lira Turki (TRY), yen Jepang (JPY), dan pound sterling (GBP) masing-masing mencatat $50 miliar, $49 miliar, dan $7 miliar pada kuartal pertama di 2024.

Bursa Upbit Menguasai 82% Pangsa Pasar

Sebagai bursa kripto terkemuka di kawasan Korea, Upbit telah menguasai lebih dari 82% pangsa pasar kripto Korea Selatan sejak tahun 2021.

Namun, kenaikan harga baru-baru ini meningkatkan persaingan di antara bursa-bursa saingan, dengan bursa Bithumb dan Korbit meluncurkan kampanye tanpa biaya pada akhir tahun 2023.

Sumber: Kaiko

Sementara pangsa pasar Korbit tetap di bawah 1%, pangsa pasar Bithumb meningkat tiga kali lipat dalam beberapa bulan setelah pengenalan perdagangan kebijakan tanpa biaya pada Oktober 2023.

Namun, kebijakan tanpa biaya yang agresif menyebabkan penurunan pendapatan yang besar untuk Bithumb, menurut Kaiko:

“Terlepas dari strategi biaya nol yang agresif dan lonjakan volume perdagangan yang dihasilkan, pendapatan tahunan Bithumb turun 60% pada tahun 2023. Penurunan pendapatan yang signifikan mungkin telah mendorong bursa untuk menghentikan kampanye tanpa biaya pada 5 Februari, hanya lima bulan setelah peluncurannya.”

Baca juga: Orang Jerman Meningkatkan Investasi Crypto Mereka Jelang Bitcoin Halving!

Dampak terhadap Pasar Global

Keunggulan Won di pasar crypto membawa implikasi yang luas bagi pasar keuangan global. Ini bisa memicu perubahan dalam strategi perdagangan dan investasi internasional, dengan lebih banyak perusahaan dan investor yang mungkin mempertimbangkan Korea sebagai basis operasi mereka.

Keberhasilan Won juga dapat mendorong mata uang lain untuk meningkatkan likuiditas dan stabilitas mereka untuk menarik perdagangan crypto.

Selain itu, dominasi Won bisa memberikan inspirasi bagi negara-negara lain untuk mengadopsi kebijakan yang lebih terbuka dan mendukung terhadap crypto. Hal ini juga menandai pergeseran potensial dari dolar sebagai mata uang dominan di pasar crypto, memberikan dinamika baru dalam keseimbangan kekuatan ekonomi global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured: Cryptopolitan