Kini, Winamp Bisa Putar NFT Musik Dengan Dukungan Ethereum dan Polygon!

Kini, Winamp Bisa Putar NFT Musik Dengan Dukungan Ethereum dan Polygon!

Siapa yang tidak tahu dengan Windows media player, Winamp? MP3 player klasik yang diluncurkan pada tahun 1997 dan sangat dikenal di era 90-an itu baru saja mengumumkan bahwa mereka mulai masuk ke dunia crypto dengan membuat musik blockchain.

Dilansir dari Cointelegraph, Winamp telah memperbarui platformnya dengan menambahkan dukungan untuk Ethereum dan Polygon NFT.

Seperti apa musik blockchain yang dibuat oleh Winamp? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Winamp Mengintegrasikan NFT Musik ke Platformnya

Winamp Mengintegrasikan NFT Musik ke Platformnya
Sumber: Decrypt

Dikutip dari Decrypt, Winamp, Windows media player klasik, memperbarui platformnya menjadi lebih canggih dengan mengintegrasikan NFT musik ke dalam platformnya. Winamp secara resmi juga mengumumkan update terbaru platformnya melalui cuitan di akun Twitternya yang bernama @winamp.

Sumber: Akun Twitter Winamp @winamp

Dalam cuitan yang telah diunggah pada 7 Desember 2022 tersebut, Winamp menyampaikan bahwa, “Kami dengan bangga mengumumkan versi baru (5.9.1) untuk Desktop player kami. Versi baru ini mengurangi memory footprint Winamp dan meningkatkan keamanan di antara banyak perbaikan lainnya, yang mana juga memungkinkan Anda untuk memainkan musik NFT Anda. Versi baru tersedia sekarang.”

Baca Juga: Makin Aktif di Dunia NFT, Dolce & Gabbana Luncurkan NFT Seharga iPhone!

Apa Manfaat Pembaruan Platform Winamp Untuk Para Pengguna?

Apa Manfaat Pembaruan Platform Winamp Untuk Para Pengguna?
Sumber: Decrypt

Lalu, apa manfaat bagi para pengguna untuk pembaruan platform Winamp? Dikutip dari Decrypt, versi terbaru Winamp memungkinkan penggemar musik untuk menautkan dompet Metamask mereka melalui browser Brave, Chrome, atau Firefox ke Winamp.

Tak hanya itu, Winamp juga mendukung file audio dan video ERC-721 dan ERC-1155 yang mana kompatibel dengan Ethereum dan Polygon.

“Fokus utama Winamp selalu tentang aksesibilitas dan inovasi, dan hari ini kami dengan bangga meluncurkan media player pertama yang bisa membaca audio NFT, serta format lain yang ada,” kata CEO Winamp Alexandre Saboundjian dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Decrypt, Rabu (7/11/2022). Saboundjian juga menyampaikan bahwa versi baru tersebut memungkinkan para pengguna untuk mendengarkan file apapun yang mereka inginkan.

Baca Juga: Terinspirasi dari NFT CryptoPunks, Steve Aoki dan ‘3LAU’ Buat Grup Musik PUNX

Winamp Akan Terus Berinovasi di Industri Web3 dan NFT

Winamp Akan Terus Berinovasi di Industri Web3 dan NFT
Sumber: Winamp

Dilansir dari Decrypt, Winamp mengatakan bahwa dukungan NFT-nya akan digabungkan dengan pembaruan lain untuk menjadikan Winamp platform yang universal dan canggih yang akan mencakup layanan pembuat lintas platform yang akan diluncurkan pada awal 2023.

“Winamp adalah bagian penting dari inovasi musik digital pertama, ketika mp3 mengubah cara kita mendengarkan dan menikmati musik,” kata Saboundjian, dikutip dari Decrypt, Rabu (7/11/2022). “Sekarang kami mendukung ujung tombak dari inovasi berikutnya, karena semakin banyak artis yang mengeksplorasi web3 dan potensinya,” tambahnya.

Sebelumnya, baru-baru ini salah satu perusahaan musik Warner Music Group juga mengumumkan bahwa mereka akan merilis musik NFT melalui LGND, market berbasis Polygon. Platform, yang disebut sebagai LGND Music, akan diluncurkan pada Januari 2023 dan memungkinkan para pengguna untuk membeli memperdagangkan musik NFT.

Referensi: