Alami Volatilitas Harga, Bitcoin Tetap Diincar Para Whale Crypto!

author:

Alami Volatilitas Harga, Bitcoin Tetap Diincar Para Whale Crypto!

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin (BTC), mata uang kripto terbesar di dunia, terus menunjukkan volatilitas yang kuat menjelang peristiwa halving Bitcoin yang sangat dinanti-nantikan dan dampak makro global.

Setelah bergerak ke $67.000 pada jam perdagangan Asia pada hari Senin 15 April 2024, harga BTC kembali turun ke $62.500.

Meskipun terjadi volatilitas harga beberapa hari belakangan ini, whale Bitcoin terus menunjukkan kepercayaan diri mereka dengan mengakumulasi setiap penurunan.

Akumulasi Whale Bitcoin

Dilansir dari Coingape, data on-chain Santimen baru-baru ini menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan utama Bitcoin telah menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi turbulensi pasar.

Baca juga: 5 Altcoin Teratas yang Melampaui Pertumbuhan Harga Bitcoin Tahun Ini!

Sumber: Santiment

Pasalnya, banyak yang mempertahankan posisi mereka meskipun terjadi fluktuasi yang tidak menentu yang membuat nilai pasar mata uang kripto terkemuka ini turun hingga serendah $61,5 ribu selama akhir pekan lalu.

Karena ketidakpastian membayangi dengan halving 19 April yang akan datang, analisis Santiment menyoroti perilaku kelompok whale yang signifikan sejak 1 Maret 2024. Pertama, dompet yang menyimpan antara 100 hingga 1.000 BTC telah mengumpulkan total 43.489 koin, yang berjumlah sekitar $ 2,75 miliar USD.

Kedua, dompet dengan kepemilikan mulai dari 1.000 hingga 10.000 BTC telah mengumpulkan 80.544 koin, senilai sekitar $ 5,10 miliar USD. Sementara itu, dompet yang berisi 10.000 hingga 100.000 BTC telah mengumpulkan 91.732 koin, dengan nilai total sekitar $ 5,80 miliar USD.

Permintaan ETF Bitcoin Stagnan Selama 4 Minggu

Sumber: X

Di sisi lain, menurut laporan Founder dan CEO CryptoQuant, ETF Bitcoin terus mengalami penurunan permintaan investor mulai minggu ketiga bulan April dengan arus keluar negatif bersih.

Selama empat minggu berturut-turut, permintaan ETF Bitcoin tetap stagnan. Namun, aktivitas akumulasi on-chain tetap aktif, bahkan ketika tidak termasuk transaksi yang terkait dengan penyelesaian ETF.

Baca juga: Kepemilikan Bitcoin Grayscale GBTC Turun 50% Sejak Peluncuran ETF Spot!

Dominasi Pasar BTC di Level Tertinggi Tiga Tahun

Dominasi Bitcoin di pasar mata uang kripto telah mencapai level tertinggi dalam tiga tahun, didorong oleh permintaan yang kuat terhadap reksa dana yang diperdagangkan di bursa AS (ETF) yang memegang aset digital terkemuka ini.

Pada akhir pekan lalu, Bitcoin mewakili hampir 55% dari total $ 2,4 triliun pasar mata uang virtual, level yang belum pernah terlihat sejak April 2021, menurut data dari CoinMarketCap.

Spekulan di pasar kripto sangat mengantisipasi halving Bitcoin yang akan datang, yang diperkirakan akan terjadi sekitar 20 April, yang akan memangkas pasokan token baru menjadi setengahnya.

Secara historis, peristiwa halving sebelumnya telah mendongkrak harga, tetapi ada keraguan yang meningkat tentang kemungkinan hasil yang sama kali ini, terutama karena Bitcoin baru-baru ini mencapai puncak bersejarah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinMarketCap