Whale Bitcoin Meningkatkan Kepemilikan BTC Mereka Sebesar $3 Miliar pada Tahun 2024!

author:

Whale Bitcoin Meningkatkan Kepemilikan BTC Mereka Sebesar $3 Miliar pada Tahun 2024!

Pemain besar di dunia crypto baru-baru ini membuat langkah yang mengejutkan. Berdasarkan analisis dari IntoTheBlock, para “whale” Bitcoin, atau investor yang memiliki jumlah Bitcoin dalam skala besar, telah meningkatkan kepemilikan mereka dengan nilai sekitar $3 miliar, atau sekitar 76.000 BTC sejak awal tahun.

Fenomena ini menandakan kepercayaan dan strategi investasi dari pemegang terbesar di ruang crypto.

Dinamika Kepemilikan Bitcoin

Whale crypto adalah individu atau entitas yang memiliki jumlah mata uang digital yang sangat besar. Data historis menunjukkan perubahan dinamis dalam distribusi kepemilikan Bitcoin.

Baca juga: Anthony Scaramucci Prediksi Harga Bitcoin Bisa Sentuh $170.000!

whale bitcoin
Sumber: IntoTheBlock

Dalam periode 30 hari, terjadi perubahan campuran pada kepemilikan kecil: akun dengan 0-0,001 BTC meningkat sebesar 1,02%, sementara akun dengan 0,001-0,01 BTC dan 0,01-0,1 BTC mengalami penurunan sebesar 1,90% dan 1,36%.

Di sisi lain, akun yang memegang antara 10K-100K BTC mengalami peningkatan sebesar 2,88%, menunjukkan adanya konsentrasi kekayaan di ujung spektrum yang lebih tinggi. Ketika menganalisis alamat berdasarkan kepemilikan dalam USD, tren serupa terlihat.

Alamat dengan kepemilikan kurang dari $1 meningkat sebesar 4,61%, sementara yang memiliki lebih dari $10 juta menurun sebesar 2,15%.

Pergerakan Harga Bitcoin yang Tidak Menentu

Menurut laporan U Today, Bitcoin memulai bulan dengan nilai $42.208 dan mengalami lonjakan signifikan, mencapai puncak $49.000 setelah persetujuan beberapa ETF Bitcoin. Namun, mata uang crypto ini tidak dapat mempertahankan tren positif tersebut.

Pertengahan bulan, harga Bitcoin mengalami fluktuasi, dengan harga yang berfluktuasi antara $41.801 dan $43.148, menandakan periode ketidakpastian dan penyesuaian di kalangan investor. Tren ini berlanjut dengan penurunan harga Bitcoin di bawah $40.000.

Pada akhir Januari 2024, terjadi pemulihan sebagian, dengan mata uang crypto ini ditutup pada $42.120 pada 27 Januari setelah dibuka pada $41.863.

Baca juga: ETF Bitcoin BlackRock Capai Rekor Baru dengan Kapitalisasi $2 Miliar!

Strategi Investasi Whale Bitcoin

Meskipun terjadi penurunan kepemilikan whale sebesar 1,31% selama 30 hari, terdapat peningkatan sebesar 2,15% di kalangan investor dan penurunan marginal sebesar 0,02% di kalangan pemegang ritel.

Perubahan yang menarik adalah peningkatan inflow pemegang besar sebesar 119,83% dalam tujuh hari, sementara perubahan 30 hari dan 90 hari menunjukkan penurunan sebesar 83,23% dan 91,25%.

Outflow besar dalam jangka pendek, dengan peningkatan sebesar 8.274,96% selama tujuh hari, menunjukkan permainan yang fluktuatif namun strategis oleh pemegang besar ini, mempengaruhi sentimen pasar dan harga secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, kenaikan kepemilikan oleh para paus Bitcoin ini memberikan sinyal yang kuat tentang kepercayaan mereka terhadap masa depan crypto. Bagi kamu yang mengikuti perkembangan pasar crypto, pergerakan ini bisa menjadi indikator penting untuk memahami tren dan membuat keputusan investasi yang lebih tepat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: