Whale Bitcoin Terkaya Pindahkan $6 Miliar BTC: Gelombang Baru di Pasar Crypto?

author:

Whale Bitcoin Terkaya Pindahkan $6 Miliar BTC: Gelombang Baru di Pasar Crypto?

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah gerakan yang mengejutkan pasar crypto, whale Bitcoin kelima terkaya, yang dikenal dengan sebutan “37X,” telah memindahkan lebih dari $6 miliar BTC ke tiga alamat baru.

Pergerakan ini merupakan pertama kalinya sejak 2019 alamat ini melakukan transfer besar-besaran. Apakah ini pertanda perubahan besar dalam dinamika pasar crypto?

Transfer Besar-Besaran oleh Whale Bitcoin

Menurut laporan, alamat “37X” memindahkan hampir seluruh saldo Bitcoinnya, sekitar 94.500 BTC senilai $6,05 miliar, pada 23 Maret, meninggalkan hanya 1,4 BTC di alamat awal.

Baca juga: Robert Kiyosaki Ramalkan Bitcoin Capai $300K: Strategi atau Spekulasi?

Dalam sebuah postingan X pada 25 Maret 2024, Arkham Intelligence menuliskan,

“BTC senilai $5,03 miliar dikirim ke bc1q8yj, dengan alamat bc1q6m5 dan bc1q592 masing-masing menerima $561,46 juta dan $488,40 juta dalam bentuk BTC. bc1q592 sejak saat itu mengirimkan dana tersebut dan seterusnya.”

Transfer ini terjadi di tengah meningkatnya minat institusional terhadap Bitcoin, menjelang halving Bitcoin yang akan memotong setengah hadiah blok pada akhir April.

Lebih lanjut, yransfer lebih dari $6 miliar BTC ini terjadi dua hari sebelum Bitcoin kembali mencapai level psikologis $70.000 pada 25 Maret untuk pertama kalinya dalam 10 hari.

Investor telah melanjutkan akumulasi BTC di luar bursa, menyebabkan pasokan BTC di Coinbase mencapai titik terendah sembilan tahun sebesar 344.856 BTC pada 18 Maret.

Spekulasi di Balik Gerakan Whale

Sebagian besar alamat Bitcoin besar dikaitkan dengan bursa, namun dompet ini memiliki sangat sedikit interaksi dan tidak ada tanda-tanda yang menghubungkannya dengan bursa. Ini menimbulkan spekulasi tentang pemilik dan niat di balik transfer besar-besaran ini.

Gerakan signifikan ini adalah pergerakan dompet Bitcoin yang terkenal pertama dalam beberapa waktu.

Sebelumnya, pada Januari, seseorang mengirim 26,9 Bitcoin (senilai $1,2 juta saat itu) dari Binance ke dompet Genesis Bitcoin — yang tidak akan bisa mereka dapatkan kembali.

Baca juga: ETF Bitcoin Kembali Bergairah: Fidelity Ungguli BlackRock dalam Pertarungan Inflow!

Dampak pada Pasar Crypto

Rally Bitcoin saat ini terutama didorong oleh antisipasi halving dan peningkatan aliran institusional dari sepuluh ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Keterlibatan institusi keuangan tradisional seperti BlackRock dan Fidelity dalam meluncurkan produk BTC lebih lanjut melegitimasi crypto sebagai kelas aset alternatif.

ETF Bitcoin telah mencapai total $58,3 miliar dalam kepemilikan on-chain, yang mewakili 4,17% dari pasokan BTC saat ini. Apakah transfer besar-besaran ini akan memicu gelombang baru dalam dinamika pasar crypto?

Secara keseluruhan, dengan transfer besar-besaran oleh whale Bitcoin kelima terkaya, pasar crypto mungkin berada di ambang perubahan signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: