Bangun dari Tidur Panjang, Whale Bitcoin Ini Mentransfer Rp450 Miliar Setelah 11 Tahun!

author:

Bangun dari Tidur Panjang, Whale Bitcoin Ini Mentransfer Rp450 Miliar Setelah 11 Tahun!

Sebuah dompet Bitcoin yang tidak aktif selama lebih dari satu dekade baru-baru ini terbangun dan mengirimkan lebih dari $30 juta (Rp450 miliar) dalam BTC ke alamat lain. Dompet ini menerima tumpukan Bitcoin pada pertengahan April 2012 ketika nilai Bitcoin dalam USD masih di bawah $5 (Rp75 ribu).

Dompet Bitcoin yang Bangun dari Tidur Panjang

whale bitcoin
Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan akun Twitter Lookonchain pada 22 Juli 2023, dompet Bitcoin yang telah tidur selama lebih dari 11 tahun ini baru-baru ini mengaktifkan diri dan mentransfer aset senilai sekitar $30 juta (Rp450 miliar) ke dompet lain yang berisi singkatan “bc1qt180” pada 22 Juli 2023.

Baca juga: Pemegang Jangka Panjang Kuasai 75% Pasokan Bitcoin (BTC), Apa Dampaknya dari Hal Ini?

Total kepemilikan sebesar 1,037.42 BTC diterima pada 11 April 2012, ketika aset digital utama ini diperdagangkan seharga $4.92. Karena peningkatan harga Bitcoin selama bertahun-tahun, tumpukan ini saat ini bernilai 606,000% lebih banyak.

Banyak pengguna Twitter yang mengomentari postingan tersebut merasa bingung dengan tindakan whale ini, dengan beberapa orang berasumsi bahwa mereka mungkin telah kehilangan akses ke kunci pribadi mereka atau diretas.

Reaksi Pasar terhadap Aktivitas Whale Bitcoin

Reaksi pasar terhadap aktivitas whale Bitcoin ini cukup beragam. Beberapa pengguna Twitter menyarankan bahwa investor BTC telah melewatkan kesempatan mereka untuk mengaktifkan kepemilikan mereka selama dua tahun, dengan merujuk pada harga tertinggi sepanjang masa Bitcoin saat itu.

Sebagian lainnya berpendapat bahwa aktivitas ini mungkin merupakan tanda bahwa whale tersebut telah mempersiapkan diri untuk menjual sebagian atau seluruh Bitcoin mereka, atau mungkin mereka hanya memindahkan Bitcoin ke dompet yang lebih aman.

Namun, apa pun alasannya, aktivitas ini menunjukkan bahwa meskipun Bitcoin telah mengalami fluktuasi harga yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, masih ada banyak investor yang memegang Bitcoin mereka dalam jangka panjang.

Baca juga: Bitcoin Capai Milestone: 800.000 Blok Telah Ditambang! Harga BTC Bisa Melesat?

Aktivitas Whale Bitcoin Lainnya

Ini bukan pertama kalinya sebuah dompet Bitcoin yang telah tidak aktif selama bertahun-tahun tiba-tiba menjadi aktif. Pada April tahun ini, whale lain yang tidak aktif selama sembilan tahun bangun untuk mentransfer 2,071.5 BTC ke alamat baru.

Tumpukan tersebut bernilai lebih dari $60 juta pada saat transaksi, sedangkan pada tahun 2013 hanya bernilai $1,3 juta. Ini menunjukkan betapa signifikannya peningkatan nilai Bitcoin selama beberapa tahun terakhir.

Pada akhirnya, dengan bangunnya dompet Bitcoin yang telah tidur selama lebih dari satu dekade, ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih menjadi aset yang menarik bagi investor jangka panjang. Meskipun volatilitas harga Bitcoin yang tinggi, masih ada banyak investor yang memegang Bitcoin mereka dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: