Canggih! Resto Cepat Saji Wendy’s Lakukan Uji Coba Operator Drive-thru dengan AI

author:

Canggih! Resto Cepat Saji Wendy’s Lakukan Uji Coba Operator Drive-thru dengan AI

Wendy’s, salah satu jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia, bekerja sama dengan Google Cloud untuk mengembangkan operator drive-thru berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam bentuk chatbot.

Percobaan ini merupakan langkah Wendy’s untuk meningkatkan efisiensi dan kemampuan layanan drive-thru mereka, serta menciptakan pengalaman yang lebih mulus bagi para pelanggan.

Kerja Sama Wendy’s dan Google Cloud

Wendy’s telah memutuskan untuk berkolaborasi dengan Google Cloud dalam rangka mengembangkan chatbot berbasis AI yang akan berfungsi sebagai operator drive-thru. Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Menurut laporan dari Wall Street Journal, chatbot ini akan didukung oleh teknologi Google Cloud dan menggunakan algoritma pembelajaran mesin (machine learning) untuk memahami dan merespon pesanan pelanggan secara akurat dan cepat.

Baca juga: Makan Burger King di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin dan Crypto

Selain itu, teknologi ini juga diharapkan dapat meningkatkan akurasi pesanan serta mengurangi waktu tunggu pelanggan, sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi mereka.

Percobaan AI Chatbot di Beberapa Lokasi Wendy’s

Wendy’s berencana untuk menguji coba chatbot AI ini di beberapa lokasi drive-thru yang dipilih. Percobaan ini akan memberikan gambaran mengenai kinerja chatbot tersebut dalam menghadapi berbagai situasi dan interaksi dengan pelanggan.

Selama periode percobaan, chatbot akan ditempatkan bersama dengan operator manusia yang akan terus memantau dan mengawasi kinerja AI. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa chatbot mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak mengalami kesalahan dalam melayani pelanggan.

Jika percobaan ini berhasil dan chatbot AI terbukti efisien, Wendy’s berencana untuk melanjutkan penggunaan chatbot tersebut di lebih banyak lokasi drive-thru di seluruh jaringan restoran mereka.

Dampak AI Chatbot pada Tenaga Kerja

bebas gas fee worldcoin
Sumber: Freepik Premium License

Penggunaan AI chatbot sebagai operator drive-thru tentunya menimbulkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap tenaga kerja manusia. Namun, Wendy’s menegaskan bahwa tujuan utama penggunaan AI chatbot ini bukan untuk menggantikan pekerja manusia, melainkan untuk membantu mereka dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien.

Baca juga: Gak Kaleng-kaleng, Sektor AI akan Menjadi Pasar Triliunan Dolar dalam 5 Tahun ke Depan!

Selain itu, Wendy’s juga percaya bahwa penggunaan AI chatbot ini akan membuka peluang bagi para pekerja untuk fokus pada tugas-tugas lain yang lebih penting, seperti memastikan kualitas makanan dan kebersihan restoran.

Dengan demikian, penggunaan AI chatbot di Wendy’s diharapkan dapat menciptakan keseimbangan antara teknologi dan tenaga kerja manusia, yang pada akhirnya akan menguntungkan baik perusahaan maupun para pelanggan.


Referensi: