Wells Fargo Terjun ke Pasar Bitcoin, Investasi di ETF Grayscale dan ProShares!

Wells Fargo Terjun ke Pasar Bitcoin, Investasi di ETF Grayscale dan ProShares!

Jakarta, Pintu News – Wells Fargo, salah satu bank terbesar di Amerika Serikat, baru-baru ini mengejutkan dunia dengan mengumumkan investasinya di Grayscale dan ProShares, dua perusahaan yang menawarkan exchange-traded fund (ETF) Bitcoin. Langkah ini menandai babak baru dalam keterlibatan institusi keuangan besar dalam dunia aset kripto. Simak berita lengkapnya disini!

Investasi Wells Fargo di ETF Bitcoin

Dalam laporan yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada 10 Mei 2024, Wells Fargo mengungkapkan kepemilikannya atas 37 saham ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) dan 2.245 saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang telah dikonversi menjadi ETF. Selain itu, Wells Fargo juga melaporkan kepemilikan 52 saham Bitcoin Depot, penyedia ATM kripto.

Total nilai investasi Wells Fargo dalam ketiga aset terkait Bitcoin tersebut mencapai $143.111, jumlah yang tergolong kecil dibandingkan dengan total aset Wells Fargo yang mencapai sekitar $1,7 triliun per Juni 2023. Meski demikian, langkah Wells Fargo ini tetap signifikan karena menunjukkan semakin besarnya minat institusi keuangan terhadap aset kripto.

Baca Juga: 3 Alasan Trader Mematok Target Harga $800 untuk BNB

Persetujuan SEC untuk ETF Bitcoin Spot

arus masuk bersih etf bitcoin
The image created by AI

Keputusan Wells Fargo untuk berinvestasi di ETF Bitcoin terjadi setelah SEC menyetujui pencatatan dan perdagangan ETF Bitcoin spot di bursa saham AS pada Januari 2024. ETF Bitcoin spot memungkinkan investor untuk memperdagangkan Bitcoin secara langsung, tanpa harus melalui kontrak berjangka seperti pada ETF Bitcoin berjangka.

Persetujuan SEC ini membuka jalan bagi masuknya lebih banyak institusi keuangan ke pasar Bitcoin. Susquehanna International Group, sebuah perusahaan perdagangan, melaporkan telah membeli lebih dari $1 miliar saham ETF kripto spot pada kuartal pertama 2024, sebagian besar terdiri dari Grayscale Bitcoin Trust, Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund, dan ProShares Bitcoin Strategy ETF.

Baca Juga: Bank-Bank Besar AS Mulai Investasi Bitcoin Lewat ETF, Siapa Sajakah Mereka?

Akses Terbatas untuk Klien Wells Fargo

Meskipun Wells Fargo telah berinvestasi di ETF Bitcoin, akses terhadap aset kripto ini masih terbatas untuk sebagian klien. Pada akhir Februari 2024, divisi investasi Merrill Lynch dan divisi manajemen aset Wells Fargo mulai menawarkan akses ke ETF berbasis BTC untuk beberapa klien.

Namun, klien harus memiliki akun pialang dan mengajukan permintaan terpisah untuk ETF Bitcoin. Seorang perwakilan Wells Fargo mengonfirmasi bahwa ETF Bitcoin spot tersedia untuk dibeli setelah mendapat persetujuan peraturan melalui Wells Fargo Advisors atau platform daring Wellstrade Bank. UBS Group AG juga secara selektif menawarkan ETF Bitcoin spot yang disetujui SEC kepada klien manajemen aset tertentu dengan akun pialang.

Kesimpulan

Langkah Wells Fargo untuk berinvestasi di ETF Bitcoin menandai babak baru dalam keterlibatan institusi keuangan besar dalam dunia aset kripto. Meskipun investasi Wells Fargo masih tergolong kecil, namun langkah ini menunjukkan semakin besarnya minat dan kepercayaan institusi keuangan terhadap aset kripto. Di masa depan, kita dapat berharap melihat lebih banyak institusi keuangan mengikuti jejak Wells Fargo dan berinvestasi di aset kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi