Makin Canggih, WeChat Integrasikan Yuan Digital ke Dalam Platform Pembayarannya!

Makin Canggih, WeChat Integrasikan Yuan Digital ke Dalam Platform Pembayarannya!

Aplikasi jejaring sosial dan pembayaran terkemuka di Tiongkok, WeChat, telah menambahkan mata uang digital bank sentral negara tersebut (CBDC), ke dalam layanan pembayarannya. Apa tujuannya? Langkah ini bertujuan untuk membantu memperluas daya tarik yuan digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Masih Dalam Tahap Uji Coba, WeChat Integrasikan Yuan Digital

WeChat Integrasikan Yuan Digital
Sumber: Tech in Asia

Dilansir dari Cointelegraph, WeChat sekarang mendukung fungsi pembayaran cepat dari dompet yuan digital, menjadikannya platform pembayaran kedua setelah Alipay. Apa saja fitur-fiturnya?

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan yuan digital untuk pembayaran pada program mini WeChat tertentu dan platform lainnya. Versi uji coba dari halaman “Wallet Quick Payment Management” aplikasi yuan digital saat ini mencantumkan 94 platform pedagang yang dapat diakses, termasuk WeChat.

WeChat Pay sekarang memungkinkan pembayaran yuan digital pada aplikasi tertentu, seperti memesan makanan dari McDonald’s dan membayar tagihan.

Pengguna harus memberi izin operator dompet yuan digital untuk menyinkronkan nomor ponsel mereka yang terhubung dengan WeChat agar fungsi pembayaran cepat dompet pembayaran WeChat berhasil diaktifkan.

Setelah diaktifkan, pembayaran ke pedagang yang mendukung yuan digital dapat dilakukan melalui aplikasi WeChat.

Baca Juga: Sah, Tiongkok Akui NFT Sebagai Properti Terlindung Hukum. Indonesia Apa Kabar?

Konsumen Tiongkok Terikat dengan WeChat Pay dan Alipay

Konsumen Tiongkok Terikat dengan WeChat Pay dan Alipay
Sumber: Mobile Transactions

“Konsumen Tiongkok sangat terikat dengan WeChat Pay dan Alipay, sehingga tidak mungkin untuk memperkenalkan mereka ke aplikasi pembayaran seluler lainnya selain dua itu,” kata Linghao Bao, seorang analis di Trivium China, sebuah perusahaan penasihat strategis.

“Jadi masuk akal bagi bank sentral untuk bekerja sama dengan WeChat Pay dan Alipay daripada melakukannya sendiri,” tambahnya, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (8/3/2023).

Yuan digital, yang juga dikenal sebagai e-CNY, sedang diujicobakan di setidaknya 26 provinsi dan kota di Tiongkok. Token ini mengalami lonjakan volume transaksi di platform e-commerce China ketika Tahun Baru Imlek 2023.

Dilansir dari Bitcoinist, satu hal yang mengesankan tentang Yuan digital adalah mata uang ini telah menerima dukungan besar dari pemerintah Tiongkok. Selain menyetujui penggunaannya, banyak pemimpin di beberapa daerah telah melakukan upaya untuk meningkatkan adopsi mata uang ini.

Pada bulan Desember 2022, Alipay mengumumkan aksesnya ke jaringan penerimaan yuan digital, yang memungkinkan pengguna untuk membelanjakan konsumsi yuan digital di platform yang dilayani oleh Alipay, termasuk Taobao, Shanghai Bus, Ele.me, Youbao, Tmall Supermarket, dan Hema.

Referensi: