Web3 Kembali Diminati, Investasi Melonjak 55% di Q1 2024!

author:

Web3 Kembali Diminati, Investasi Melonjak 55% di Q1 2024!

Jakarta, Pintu News – Dunia Web3 kembali menunjukkan geliatnya di awal tahun 2024.

Total investasi pada perusahaan-perusahaan Web3 tercatat meningkat sebesar 55% pada kuartal pertama tahun ini, menandakan kembalinya minat para pemodal ventura (VC) terhadap aset kripto.

Peningkatan Investasi dan Jumlah Kesepakatan

Jumlah transaksi investasi Web3 triwulanan. Sumber: QuickNode

Menurut laporan triwulanan QuickNode dan Artemis, selain peningkatan total investasi sebesar 55%, jumlah kesepakatan investasi VC di Web3 juga meningkat sebesar 36% pada kuartal pertama 2024 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Baca juga: Protokol Tokenisasi Pinjaman Rumah Avalanche “Homium” Kantongi Pendanaan $10 Juta

Protokol Web3 yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (AI) dan gaming menjadi sektor yang paling banyak menarik investasi.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa protokol AI mengumpulkan $1,1 miliar dalam bentuk pendanaan, meningkat 105% dibandingkan kuartal sebelumnya. Sementara itu, protokol gaming mengumpulkan $533 juta dalam bentuk pendanaan, meningkat 13% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Minat VC Meningkat Jelang Halving Bitcoin

Menariknya, beberapa kesepakatan investasi besar terjadi menjelang halving Bitcoin tahun 2024. Halving adalah peristiwa di mana hadiah penambangan Bitcoin dipotong setengah, yang diperkirakan akan terjadi pada bulan April 2024.

Pada tanggal 9 April, jaringan layer-2 Bitcoin, Mezo, mengumumkan telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri A senilai $21 juta atau sekitar Rp306 miliar yang dipimpin oleh Pantera Capital.

Mezo memungkinkan investor untuk mendapatkan hasil berdasarkan waktu mereka memegang token. Mereka menggambarkannya sebagai “Bitcoin Economic Layer.”

Sebelumnya, pada tanggal 3 April, muncul laporan tentang Paradigm yang sedang bernegosiasi untuk mengumpulkan hingga $850 juta atau sekitar Rp12,3 triliun untuk dana baru.

Baca juga: Protokol Liquid Staking Ethereum, Puffer Finance, Kumpulkan $18 Juta dalam Putaran Pendanaan!

Jika berhasil, hal tersebut akan menjadi penggalangan dana terbesar di industri kripto sejak Mei 2022, ketika perusahaan VC yang berbasis di Silicon Valley, Andreessen Horowitz, mengumpulkan rekor $4,5 miliar.

Seed Round dan Seri A Mendominasi

Jumlah transaksi investasi Web3 triwulanan berdasarkan putaran. Sumber: QuickNode

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa kesepakatan seed round mengalami pertumbuhan paling besar, naik 53% dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal ini menunjukkan peningkatan minat pada kesepakatan tahap awal.

Putaran pendanaan Seri A dan seed hampir menggandakan aliran modal mereka dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, “mencerminkan kesediaan VC yang diperbarui untuk berinvestasi di Web3,” menurut laporan tersebut.

Secara keseluruhan, kembalinya minat VC di Web3 menjelang halving Bitcoin menandakan optimisme terhadap masa depan teknologi blockchain dan aset kripto.

Dengan semakin banyaknya investasi yang mengalir ke sektor ini, Web3 diperkirakan akan terus berkembang dan memberikan inovasi baru di berbagai bidang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: