Web3: Kekuatan Baru Para Kreator dan Pertempuran Memiliki Metaverse!

Web3: Kekuatan Baru Para Kreator dan Pertempuran Memiliki Metaverse!

Ecosystem Web3 yang sedang muncul bertujuan untuk mengubah cara para creator berinteraksi dengan penonton mereka dan membangun model bisnis.

Sementara Web1 hanya bisa dibaca, Web2 membuka pintu untuk konten yang dihasilkan pengguna dan menciptakan kerangka kerja untuk interaksi digital yang kuat.

Web3, jika berfungsi sesuai yang diharapkan, akan memperluas fondasi ini dengan memungkinkan pengguna internet untuk membaca, menulis, dan memiliki data mereka, mengalihkan kekuatan dari entitas terpusat menuju pengguna individu.

Visi Internet Baru: Privasi, Desentralisasi, dan Kepemilikan

Visi internet baru ini menempatkan privasi, desentralisasi, dan kepemilikan di garis depan.

Namun, banyak idealisme ini terhambat oleh eksekusi yang berantakan dan struktur kekuatan yang keras kepala yang terus mengatur perilaku digital kita.

Baca Juga: Brand Perhiasan Mewah, Swarovski, Siap Gabung ke Dunia Metaverse dan NFT

Ketika para pengembang dan pengguna berjuang untuk Metaverse terbuka – ranah digital yang bersama, desentralisasi, dan imersif – pertanyaan tentang kepemilikan dan interoperabilitas tetap ada.

Kepemilikan Metaverse: Siapa Pemilik Sebenarnya?

Membela Royalti Kreator dengan Standar Token Baru- ERC721-C dan Dampaknya pada Industri NFT
NFT Plazas

Hasil survei menunjukkan kebimbangan tentang siapa yang sebenarnya akan memiliki Metaverse: 40% berpendapat bahwa perusahaan besar seperti Meta akan mengendalikan pasar ini, sementara 40% lainnya berpendapat bahwa semua orang atau tidak ada yang akan mengklaim dunia digital yang terpadu ini.

Baca Juga: SEC Memperketat Pengawasan pada Web3 Gaming: Apa Dampaknya?

Hanya 19% peserta yang percaya bahwa para pengguna awal dengan investasi di dalamnya akan memiliki Metaverse.

Bisnis Ideal Berbasis Web3 dan Konten Kreator

Jadi, apa artinya ini bagi visi idealistik tentang ekonomi digital yang berorientasi pada creator dan ekosistem Web3 yang dibangun pada teknologi desentralisasi?

Model bisnis apa yang dioptimalkan oleh teknologi Web3? Lalu jenis konten creator apa yang akan menarik konsumen ke metaverse?

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: