Kepala Keuangan Hong Kong: “Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Web3”

author:

Kepala Keuangan Hong Kong: “Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Web3”

Hingga saat ini, Hong Kong telah mengambil beberapa langkah serius untuk mengembangkan industri Web3. Pasalnya, pada akhir Februari 2023 lalu, Hong Kong diketahui menyuntikkan dana sebesar Rp97 miliar khusus untuk memperluas inovasi Web3.

Dan yang paling terbaru, kepala keuangan Hong Kong baru-baru ini mengatakan bahwa “sekarang adalah waktu yang tepat untuk terus maju”.

Ingin tau berita lengkapnya? Simak artikel ini hingga akhir.

Hong Kong Optimis terhadap Web3

Paul Chan keuangan Hong Kong
Kepala keuangan Hong Kong, Paul Chan – Sumber: Bloomberg

Per 9 April 2023, South China Morning Post melaporkan bahwa kepala keuangan Hong Kong, Paul Chan, optimis dengan Web3, dan membandingkan kejatuhan pasar baru-baru ini dengan gelembung dot-com di awal tahun 2000-an.

Menurut Paul Chan, sekarang adalah “waktu yang tepat” bagi Hong Kong untuk mendorong maju bersama teknologi Web3, terlepas dari fluktuasi pasar crypto.

Dalam sebuah posting blog 9 April 2023, Paul Chan menjelaskan bahwa salah satu dari tiga arah utama yang dia usulkan dalam anggaran kota adalah untuk pengembangan dan penerapan Web3 lebih lanjut.

Mengutip laporan Cointelegraph, Chan menulis bahwa agar “Web3 dapat terus menempuh jalan pengembangan inovatif”, Hong Kong akan mengadopsi strategi yang menekankan pada regulasi yang tepat dan mendorong pengembangan.

Lebih lanjut, Chan mengatakan bahwa wilayah ini juga berencana untuk fokus pada keamanan keuangan, mencegah risiko sistemik dan fokus pada pendidikan investor, perlindungan, dan langkah-langkah seputar anti pencucian uang.

Baca juga: Setelah Amerika, Rusia Jadi Penambang Crypto Terbesar Kedua di Dunia

Cryptocurrency di Hong Kong

Exchange Crypto Hong Kong Berlisensi
Sumber: Cryptoslate

Bersamaan dengan ambisinya, pada bulan Oktober tahun lalu, pemerintah Hong Kong telah melontarkan ide untuk memperkenalkan RUU untuk mengatur crypto di negara tersebut. Dan pada 20 Februari tahun 2023, Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC), regulator sekuritas lokal, telah merilis proposal untuk pertukaran mata uang crypto yang akan mulai berlaku pada bulan Juni 2023.

Terkait industri crypto yang mengalami fluktuasi dan pengawasan yang terus menerus dari para regulator. Menurut Chan, industri ini hanya mengalami proses yang sama dengan internet di awal tahun 2000-an, dan setelah “meledaknya gelembung”, para pelaku pasar akan menjadi lebih tenang.

Dalam sebuah postingan, Chan menuliskan

“Setelah gelombang spekulasi mereda, para pemain kuat yang tersisa akan lebih fokus untuk bersaing dalam inovasi teknologi, aplikasi praktis dan penciptaan nilai, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas ekonomi riil,”

Lebih lanjut, ia berkomentar bahwa pada tahap selanjutnya, pelaku pasar perlu mengembangkan teknologi blockchain lebih dalam, sehingga karakteristik dan keunggulan transparansi, efisiensi, keamanan, disintermediasi, de-platformisasi, dan biaya rendah dapat menemukan skenario aplikasi yang lebih luas dan menyelesaikan lebih banyak masalah yang ada.

Hong Kong Siap Jadi Pusat Crypto?

Kontras dengan Amerika Serikat, pendekatan Hong Kong terhadap regulasi crypto terlihat lebih optimis, yang memunculkan spekulasi bahwa “pusat gravitasi” industri crypto akan bergeser ke Hong Kong, mengutip dari Cointelegraph.

Bersamaan dengan hal tersebut, pertukaran mata uang crypto Gate.io telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan kehadirannya di Hong Kong. Tidak hanya itu, pada akhir Maret 2023 lalu, dana investasi yang berbasis di Hong Kong, ProDigital Futures, mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan $100 juta atau Rp1,4 triliun dalam usaha cryto.

Kemudian, dalam pidato 20 Maret 2023 di Hong Kong, sekretaris untuk layanan keuangan dan perbendaharaan, Christian Hui, menyatakan bahwa Hong Kong telah menarik “minat” dari berbagai perusahaan crypto di seluruh dunia sejak Oktober lalu.

Bersamaan dengan ambisi Hong Kong menjadi crypto hub, diam-diam pejabat China juga mendukung ambisi Hong Kong tersebut. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, pejabat-pejabat dari China diketahui sering melakukan kunjungan ke Hong Kong untuk mengetahui pengembangan crypto.

Penasaran? Simak selengkapnya di Perhatian Sama Crypto, Pemerintah China Dukung Hong Kong Jadi Pusat Crypto Asia.


Referensi: