Web3 dan Crypto: Masa Depan atau Hambatan Industri Utama?

Web3 dan Crypto: Masa Depan atau Hambatan Industri Utama?

Web3 dan crypto sedang menjadi topik hangat di dunia teknologi. Namun, apakah mereka benar-benar membawa perubahan positif bagi industri utama atau hanya menjadi hambatan baru?

Web3 dan Crypto: Membuka Pintu Baru atau Membuat Hambatan?

Web3 dan crypto telah menarik perhatian banyak perusahaan besar. Menurut studi Coinbase, lebih dari setengah dari 100 perusahaan teratas di Amerika Serikat telah mengejar inisiatif Web3 sejak awal 2020.

Namun, pertanyaannya adalah apakah teknologi ini benar-benar membantu industri utama atau hanya menambah kompleksitas?

Baca Juga: Bharat Web3 Rangkul EUCI untuk Memanfaatkan Teknologi Web3

Sebagai contoh, Porsche, produsen mobil sport berkinerja tinggi, mengalami kegagalan dengan proyek NFT mereka karena harganya yang tinggi dan kurangnya utilitas. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada potensi, implementasi Web3 dan crypto harus dilakukan dengan hati-hati dan strategis.

Web3 dan Crypto: Membangun Jembatan atau Membuat Jurang?

masa depan web3

Salah satu tantangan utama dalam adopsi crypto dan Web3 adalah proses onboarding yang rumit. Namun, dengan kemajuan teknologi blockchain, proses ini semakin disederhanakan. Misalnya, Ramp Network telah membangun platform on-ramp dan off-ramp berbasis API yang dapat diintegrasikan dalam aplikasi desentralisasi (dApp) apa pun.

Namun, meski demikian, masih ada hambatan. Sebagian besar nilai ekonomi dunia masih terperangkap dalam sistem finansial tradisional yang dikendalikan oleh pemerintah. Untuk mencapai adopsi massal, Web3 dan crypto harus dapat membangun jembatan ke dunia fiat yang dapat diakses oleh siapa saja.

Web3 dan Crypto: Masa Depan atau Hambatan?

Meski ada tantangan, banyak yang percaya bahwa Web3 dan crypto memiliki potensi besar untuk mengubah industri utama. Misalnya, dalam industri musik, teknologi Web3 dapat membantu artis menghilangkan perantara dan terhubung langsung dengan audiens mereka. Namun, masih banyak yang harus dilakukan.

Sampai ada konsensus tentang standar pertukaran yang dapat dipercaya antara dunia on-chain dan ekosistem finansial tradisional, adopsi Web3 dan crypto di industri utama mungkin masih akan terhambat.

Paragraf Penutup

Web3 dan crypto adalah teknologi yang menjanjikan, tetapi implementasinya harus dilakukan dengan hati-hati dan strategis. Mereka dapat membuka pintu baru bagi industri utama, tetapi juga dapat menciptakan hambatan baru jika tidak dikelola dengan baik.

Baca Juga: Xangle dan Republic Crypto Bersatu untuk Mendorong Adopsi Web3 di Korea Selatan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi