India Luncurkan Browser Web Nasional dengan Fitur Tanda Tangan Digital Berbasis Token Crypto!

India Luncurkan Browser Web Nasional dengan Fitur Tanda Tangan Digital Berbasis Token Crypto!

India sedang mempertimbangkan untuk memberikan opsi kepada warganya untuk menandatangani dokumen secara digital melalui token crypto. Fitur ini direncanakan sebagai bagian dari proyek pengembangan browser web nasional yang dipimpin oleh Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tantangan Pengembangan Browser Web India

web browser berbasis crypto india
Sumber: Analytics Inisght

Dilansir dari Coindesk, pada 9 Agustus 2023, kementerian mengumumkan peluncuran “Indian Web Browser Development Challenge”.

Tantangan ini bertujuan untuk “menginspirasi dan memberdayakan” pengembang dari seluruh penjuru negara untuk menciptakan browser web asli dengan sertifikat root Controller of Certifying Authorities (CCA) India yang terintegrasi.

Browser yang diusulkan akan berfokus pada aksesibilitas dan kemudahan penggunaan, dengan dukungan bawaan untuk individu dengan berbagai kemampuan. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk menandatangani dokumen secara digital menggunakan token crypto yang akan ditanamkan ke dalam browser.

Baca Juga: Survei: Tingkat Adopsi Crypto di India Bisa Kalahkan Amerika dan Inggris di Tahun 2023

Upaya Regulasi Pemerintah India

regulasi pemerintah india
Sumber: News18

Pemerintah India telah aktif dalam upaya regulasinya dalam beberapa bulan terakhir, terutama terkait teknologi dan crypto.

Saat memimpin forum antarpemerintah dari 20 ekonomi terbesar dunia (G20), India mendukung rekomendasi Financial Stability Board untuk kerangka kerja crypto global dan menyerukan perhatian khusus diberikan kepada ekonomi berkembang dalam pedoman potensial untuk crypto.

Pada bulan Agustus, majelis rendah parlemen India menyetujui RUU untuk mempermudah regulasi kepatuhan data bagi perusahaan teknologi besar. RUU Perlindungan Data Pribadi Digital 2023 akan menyederhanakan standar penyimpanan, pemrosesan, dan transfer untuk raksasa teknologi global seperti Google, Meta, dan Microsoft serta perusahaan lokal.

Dengan peluncuran browser web nasional ini, India menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi blockchain dan crypto dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan layanan digital bagi warganya. Fitur tanda tangan digital berbasis token crypto ini diharapkan dapat memberikan lapisan keamanan tambahan dan kemudahan dalam transaksi digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: