Waspadai Aplikasi Palsu Yuan Digital yang Mengancam Keamanan Transaksi Crypto Kamu!

Waspadai Aplikasi Palsu Yuan Digital yang Mengancam Keamanan Transaksi Crypto Kamu!

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China baru-baru ini mengeluarkan peringatan mengenai aplikasi Yuan Digital (e-CNY) palsu yang beredar di masyarakat. Aplikasi tiruan ini meniru tampilan asli aplikasi Yuan Digital resmi, namun dengan perbedaan pada nomor versi perangkat lunak dan paketnya, menimbulkan kekhawatiran akan penipuan dan pencurian data pribadi pengguna. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penipuan Melalui Aplikasi Palsu

ujicoba yuan digital oleh bank china
Sumber: Bitcoin News

Aplikasi palsu ini, yang diberi nama “Versi Uji Yuan Digital,” menawarkan berbagai “promosi” untuk menarik pengguna mengunduh dan berinteraksi dengannya. Namun, aplikasi ini dapat mengumpulkan informasi sensitif pengguna dan menyediakan layanan pelanggan palsu yang mengarahkan pengguna ke “alat sosial yang tidak umum” untuk memfasilitasi pencurian dana pengguna.

Para penipu menggunakan promosi e-CNY dan meniru “distribusi kesejahteraan nasional” untuk menipu pengguna. Setelah pengguna tergoda untuk mengunduh aplikasi tiruan, mereka diminta untuk mengisi informasi pribadi rinci untuk “verifikasi kelayakan,” menciptakan ilusi kepatuhan hukum.

Baca Juga: Yuan Digital Kini Digunakan untuk Menyelesaikan Pembayaran Pra-pembelian Mobil!

Kejahatan Terkait Yuan Digital Meningkat

china cbdc digital yuan
Sumber: Blockchain News

Meskipun pengguna dapat menghindari penipuan semacam ini dengan hanya mengunduh aplikasi dari platform yang diverifikasi, aktivitas kriminal masih meningkat seiring dengan popularitas mata uang digital bank sentral China (CBDC) yang bertumbuh.

Pada bulan Januari, Pengadilan Rakyat Distrik Yangpu Shanghai mengeluarkan putusan untuk kasus pencucian uang pertama yang menggunakan yuan digital dan cryptocurrency.

Baca Juga: Standard Chartered China Membuka Layanan Pertukaran Mata Uang Digital!

Langkah Pencegahan dan Kesadaran

Pengguna disarankan untuk selalu waspada dan memeriksa keaslian aplikasi sebelum mengunduhnya. Periksa nama paket, versi, atau algoritma pesan MD5 untuk membedakan aplikasi asli dari yang palsu. Hindari mengisi informasi pribadi di aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya dan selalu gunakan platform resmi untuk transaksi crypto.

Dengan meningkatnya penipuan terkait yuan digital, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan mengikuti praktik terbaik keamanan cyber untuk melindungi diri dari penipuan dan kehilangan dana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: