Waspada! Regulator Hong Kong Beri Peringatan Keras untuk Bybit

Waspada! Regulator Hong Kong Beri Peringatan Keras untuk Bybit

Dunia kripto kembali digemparkan dengan kabar mengejutkan. Kali ini, regulator sekuritas Hong Kong, Securities and Futures Commission (SFC), telah mengeluarkan peringatan keras terhadap Bybit, salah satu bursa aset kripto terbesar di dunia. Bursa yang berbasis di Singapura ini diduga beroperasi tanpa lisensi yang sah dan menawarkan produk-produk investasi kripto yang berisiko tinggi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bybit dalam Radar SFC

SFC memasukkan Bybit ke dalam daftar platform perdagangan aset kripto mencurigakan (VATP) dan beberapa produk kripto yang ditawarkannya ke dalam daftar produk investasi mencurigakan. Regulator keuangan Hong Kong ini khawatir bahwa Bybit telah menawarkan produk-produk kripto yang berisiko tinggi kepada investor di Hong Kong tanpa memiliki lisensi yang diperlukan.

Produk-produk kripto yang menjadi sorotan SFC antara lain Bybit Futures, Bybit Options, Bybit Leveraged Tokens, Dual Assets, Bybit Lending, dan Bybit Wealth Management. SFC menegaskan bahwa tidak ada entitas dalam grup Bybit yang berwenang untuk melakukan aktivitas teregulasi apa pun di Hong Kong.

Baca Juga: Bybit Luncurkan Marketplace Terpadu untuk Inskripsi Bitcoin dan EVM!

Risiko Bagi Investor

marketplace bybit
Sumber: FInance Feeds

SFC memperingatkan investor untuk tidak bertransaksi di Bybit atau platform perdagangan aset kripto lainnya yang tidak berlisensi. Sebab, ada risiko besar kehilangan seluruh investasi jika platform tersebut tiba-tiba tutup, bangkrut, atau melakukan penyalahgunaan aset.

Selain itu, investor juga akan kesulitan mencari perlindungan hukum jika terjadi masalah dengan platform perdagangan aset kripto yang tidak berlisensi. Pasalnya, platform-platform tersebut biasanya beroperasi di luar yurisdiksi Hong Kong dan tidak tunduk pada peraturan setempat.

Baca Juga: Robbie Williams dan Revolusi Konser Metaverse: Pengalaman Baru yang Tak Terlupakan!

Langkah Tegas SFC

SFC tidak tinggal diam melihat maraknya aktivitas perdagangan aset kripto ilegal di Hong Kong. Regulator ini telah mengambil langkah tegas dengan memasukkan Bybit ke dalam daftar peringatan dan melarang platform tersebut beroperasi di Hong Kong. SFC juga akan mengambil tindakan hukum terhadap aktivitas perdagangan aset kripto yang tidak berlisensi.

Langkah SFC ini bertujuan untuk melindungi investor dari risiko investasi yang tinggi dan menjaga stabilitas sistem keuangan Hong Kong. SFC menghimbau investor untuk hanya bertransaksi di platform perdagangan aset kripto yang berlisensi dan teregulasi.

Kesimpulan

Peringatan SFC terhadap Bybit menjadi peringatan keras bagi para pelaku industri kripto. Regulator di seluruh dunia semakin ketat mengawasi aktivitas perdagangan aset kripto dan menindak platform-platform yang beroperasi tanpa lisensi. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk memilih platform perdagangan aset kripto yang berlisensi dan teregulasi untuk melindungi investasi mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi