Waspada, Proyek OrdiZK Lakukan Penipuan Rug Pull Senilai $1,4 Juta!

Waspada, Proyek OrdiZK Lakukan Penipuan Rug Pull Senilai $1,4 Juta!

Dunia kripto kembali digemparkan dengan adanya kasus penipuan rug pull yang dilakukan oleh proyek OrdiZK. Proyek yang bertujuan untuk menjadi jembatan antara blockchain Bitcoin, Ethereum, dan Solana ini diduga telah menggelapkan dana investor senilai lebih dari $1,4 juta. Apa yang terjadi? Simak berita lengkapnya disini!

Kronologi Penipuan OrdiZK

Penipuan ini terungkap ketika pengembang OrdiZK menjual 489 juta token OZK senilai $132.000. Penjualan ini menyebabkan penurunan harga awal sebesar 98%. Penjualan tambahan sekitar $214.000 token pada kontrak OZK lainnya mengakibatkan penurunan harga hingga 99%, menghancurkan nilai pasar token dan kepercayaan investor.

Perusahaan keamanan blockchain, Certik, mengonfirmasi penipuan exit scam ini dan menyoroti aktivitas penipuan yang dilakukan. Saat ini, keuntungan yang dicuri oleh pengembang mencapai 277 ETH, senilai sekitar $1.033.882,98, dan tambahan 70 ETH, senilai $262.796,28, bersama dengan dana di wallet proyek dan pemasaran.

OrdiZK telah menghapus kehadiran online-nya, membuat investor dan stakeholder terkejut. Insiden ini menimbulkan kekhawatiran tentang integritas proyek token BRC-20 dan menekankan perlunya investor untuk berhati-hati.

Baca Juga: Waspada, Skema Penipuan Crypto Ini Rugikan Ribuan Orang!

Dampak Penipuan OrdiZK

ordizk rugpull
Sumber: Akun X Certik Alert

Penipuan rug pull OrdiZK memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar kripto. Token OZK kehilangan lebih dari 99% nilainya, menyebabkan kerugian besar bagi investor. Kepercayaan investor terhadap proyek kripto baru juga terguncang, membuat mereka lebih berhati-hati dalam berinvestasi.

Selain itu, penipuan ini juga merusak reputasi proyek kripto yang sah. Investor menjadi lebih skeptis terhadap proyek-proyek baru dan lebih cenderung melakukan penelitian menyeluruh sebelum berinvestasi. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan ekosistem kripto secara keseluruhan.

Baca Juga: Skema Penipuan Berkedok Giveaway Tesla Menguras Dompet Digital

Upaya Hukum dan Pencegahan

Otoritas terkait sedang melakukan penyelidikan untuk mengatasi dampak penipuan OrdiZK. Investor yang dirugikan dapat mengajukan tuntutan hukum terhadap pengembang proyek. Namun, proses hukum ini bisa memakan waktu lama dan belum tentu berhasil.

Untuk mencegah terjadinya penipuan serupa di masa mendatang, investor harus melakukan penelitian menyeluruh sebelum berinvestasi pada proyek kripto. Mereka harus memeriksa latar belakang tim pengembang, whitepaper proyek, dan riwayat transaksi token. Selain itu, investor juga harus berhati-hati terhadap proyek yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Kesimpulan

Penipuan rug pull OrdiZK menjadi peringatan bagi investor kripto untuk lebih berhati-hati dalam berinvestasi. Investor harus melakukan penelitian menyeluruh dan memahami risiko yang terlibat sebelum menginvestasikan uang mereka. Otoritas terkait juga harus mengambil tindakan tegas untuk mencegah terjadinya penipuan serupa di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi