Waspada! Skema Penipuan Crypto Semakin Canggih di 2024

Waspada! Skema Penipuan Crypto Semakin Canggih di 2024

Di tahun 2024, para investor crypto dihadapkan pada ancaman yang semakin canggih dan licik. Dengan kerugian yang mencapai $1,7 miliar pada tahun 2023, penipuan di dunia crypto diprediksi akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan skema yang lebih meyakinkan. Kamu harus tetap waspada terhadap serangan phishing yang semakin maju dan kerentanan smart contract yang baru! Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penipuan Phishing AI

Phishing yang diperkuat dengan AI diperkirakan akan menjadi ancaman besar bagi pengguna individu maupun sistem korporat. Jesse Leclere, analis blockchain dari CertiK, memperingatkan bahwa penipuan semakin canggih dengan taktik rekayasa sosial yang disesuaikan dengan konteks crypto. Kamu harus tetap waspada terhadap serangan yang semakin terencana dan eksekusi yang sempurna.

AI memungkinkan penjahat untuk mengotomatiskan operasi dan menciptakan panggilan palsu, video, dan pesan yang meyakinkan. Ini meningkatkan risiko kamu terjebak dalam penipuan yang lebih licik. Penggunaan AI dalam menciptakan “deep fakes” yang realistis juga menjadi perhatian, menurut Jenny Peng, analis riset dari 0xScope.

Baca Juga: Skandal Keuangan dan Perang Kode di Dunia Crypto: Pengungkapan Terbaru!

Kerentanan BRC-20 dan Smart Contract

kerentanan brc 20 dan smart contract
Sumber: Akun X Charles Hoskinson

Fokus peretas pada ekosistem BRC-20 di tahun 2024 diperkirakan akan meningkat karena kurangnya pengembangan keamanan. Dompet BRC-20 UniSat yang diluncurkan awal tahun 2023 telah mengalami eksploitasi double-spend, menunjukkan bahwa ekosistem BRC-20 perlu segera mengembangkan infrastrukturnya.

Kerentanan baru dalam kontrak pintar juga menjadi perhatian utama. Dengan semakin banyaknya proyek crypto yang menggunakan solusi lintas-rantai, protokol ini menjadi target menarik bagi penyerang. Mereka memanfaatkan kerentanan yang muncul dari interaksi kompleks antara protokol dan rantai yang berbeda, menurut Leclere.

Baca Juga: Skandal Pencurian Digital: Thunder Terminal Kehilangan $240K, Hacker Mengancam!

Upaya Pencegahan dan Penanganan

Phil Larratt, direktur investigasi di Chainalysis, menekankan bahwa pelaku kejahatan akan semakin mahir dalam menghilangkan jejak keuntungan ilegal mereka. Kamu bisa mengharapkan penggunaan koin privasi, jembatan, mixer, dan alat pengaburan lainnya oleh para penjahat untuk menghindari pelacakan.

Untuk menghadapi tren ini, diperlukan penyelidikan penegak hukum yang lebih intensif, peningkatan pelatihan dan berbagi pengetahuan oleh organisasi penegak hukum, program perlindungan penipuan yang lebih canggih, dan kemitraan yang terus menerus antara sektor publik dan swasta. Ini penting untuk menjaga keamanan aset crypto kamu di masa depan.

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang menantang bagi dunia crypto dengan meningkatnya ancaman penipuan yang menggunakan AI. Kamu harus meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti perkembangan keamanan untuk melindungi investasi crypto kamu dari tangan-tangan jahil yang semakin pintar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: